Diposkan pada Guest Post, panduan pengurusan dokumen dan legalisir

tata cara legalisir SKBM di Kementerian Agama

yang ini adalah apdetan dari NH tentang tata cara legalisir Surat Keterangan Belum Menikah di Kementerian Agama. untuk pembaca yang baru nyampe di blog dunia kayka, NH adalah salah satu pembaca yang nyasar di blog dunia kayka sekitar Oktober 2014. NH memerlukan informasi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk menikah di Jerman. setelah bertegur sapa di blog, komunikasinya dilanjutkan per imel. nah gak cuma nanya, NH rajin ngapdet perkembangan pengurusan dokumennya udah sampai dimana. begitu juga kalau udah selesai semuanya direkap dengan permintaan khusus kalau tidak keberatan minta di-share di blog. permintaan yang tentu saja saya tanggapi dengan senang hati. kerena selain ada sedikit perberbedaan dengan apa yang pernah saya tulis di tahun 2011, juga lebih kepada niat NH mengurus sendiri sampai selesai semua dokumen yang diperlukannya #benarbenarangkattopi

dalam kurun waktu sembilan bulan tersebut NH berhasil lulus ujian B1 Bahasa Jerman, yang memang diwajibkan untuk apply Visa D atau Visa Nasional Jerman, membuat pembaharuan Akte Kelahiran di Catatan Sipil (apdetannya bisa diunduh disini https://kaykakayka.wordpress.com/2015/06/05/cara-mengurus-pembaruan-akte-kelahiran-di-catatan-sipil/), pembuatan SKBM serta legalisirnya di Kemenag, Kemenkumham dan Kemenlu. berikut saya kopikan imel NH tentang proses legalisir SKBM di Departemen Agama tersebut:

 

Hi Mba,

Berikut tata cara legalisir dokumen di Departemen Agama. Lokasi di Jl. MH. Thamrin No.6 Jakarta Pusat. Persis di sebelah gedung Menara Thamrin dan disebrang gedung Bank Mandiri Thamrin, kira-kira 50 meter dari perempatan lampu merah Sarinah.

Dokumen yang harus dipersiapkan :

  1. Surat Keterangan Belum Menikah (atau Surat Keterangan Status Perkawinan) ASLI, yang dikeluarkan oleh KUA setempat sesuai formulasi yang ditentukan oleh Kementrian Agama RI
  2. 3 (tiga) lembar fotokopi Surat Keterangan Belum Menikah (sesuai butir 1) → fotokopi ini harus diberi pengesahan (legalisasi) oleh KUA (Kantor Urusan Agama) yang menerbitkan Surat Keterangan Belum Menikah tersebut, yang mana cap ini menyatakan bahwa fotokopi tersebut sesuai dengan aslinya, dan HARUS mencantumkan tanggal dan nomor surat. Pengesahan hanya boleh ditandatangani oleh Kepala KUA
  3. 1 (satu) lembar fotokopi KTP dan paspor (dari calon suami/istri yang warga negara Indonesia)
  4. 1 (satu) lembar fotokopi paspor (dari calon suami/istri yang warga negara asing)
  5. Fotokopi formulir N1, N2, dan N4 (dikeluarkan oleh Kantor Kelurahan/Desa)
  6. Fotokopi Surat Pengantar Nikah dari Kelurahan/Desa, ATAU fotokopi Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan/Desa
  7. Apabila calon suami/istri merupakan mualaf: Surat Keterangan Mualaf / Surat Keterangan Memeluk Agama Islam –ASLI (yang asli akan dikembalikan lagi) dan fotocopy (1) lembar. Jika proses mualaf dilakukan di negara Calon maka surat Mualaf tersebut harus diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia
  8. Untuk Perempuan (Jika akan menikah di Jerman): Surat Keterangan Ikrar Taukil Wali bil Kitabah yang ditandatangani di atas meterai Rp 6.000,- dan diketahui oleh Kepala KUA setempat. Untuk kasus saya, tidak perlu menyertakan surat Ikrar Taukil Wali Bil Kitabah karena orang tua akan ikut ke Jerman. Hal ini juga diketahui oleh Kepala KUA dimana SKBM saya diterbitkan. Petugas akan mengecek kebenaran informasi tersebut dengan menelpon kepala KUA dimana SKBM kita diterbitkan
  9. Bagi mereka yang sudah pernah menikah sebelum perkawinan ini: Fotokopi akta cerai atau akta kematian.
  10. Surat kuasa (sesuai contoh) yang ditandatangani di atas meterai Rp 6.000,-. JIKA DIWAKILKAN di sertai copy KTP kedua belah pihak.
Kementerian Agama
Kementerian Agama – Formulir Permohonan Legalisir

Datang langsung ke Gedung Departemen Agama, untuk bagian Legalisasi dokumen ada dilantai 7. Mereka tidak menyediakan loket, hanya ada meja reception saja. Tinggal bilang ke petugas/ receptionist mau proses legalisir. Nanti petugas akan cek kelengkapan dokumen dan akan diberikan formulir permohonan legalisir. Tempatnya lumayan sepi dan tidak antri.

Jika kebetulan Kepala Dinas sedang berada ditempat proses legalisirnya bisa ditunggu dan kebetulan untuk proses saya termasuk cepat, hanya menunggu 30 menit kemudian petugas langsung menyerahkan dokumen yang sudah di legalisir dan GRATIS 🙂

 

Kind Regards

N

***

Format Surat Kuasa

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

Tempat/ Tanggal Lahir:

No. KTP:

Alamat:

 

memberi kuasa penuh kepada:

Nama:

Alamat:

 

untuk mengurus legalisasi dokumen kami pada Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta.

Atas kerjasama serta bantuan yang diberikan kami sampaikan banyak terima kasih.

Demikianlah surat kuasa ini dibuat dengan sebenarnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Jakarta, ……………………………..

Yang menerima kuasa,                                                                                                   Pemberi kuasa,

 

materai Rp, 6.000,-

 

(                                     )                                                                                                   (                                           )

 

54 tanggapan untuk “tata cara legalisir SKBM di Kementerian Agama

    1. Uda, leider hab’ ich das nicht richtig verstanden.

      Meintest du, dass du jetzt singel bist oder wie?

      salam
      /kayka

                1. sori uda, jadi ikutan 😦
                  du brauchst nicht darüber reden.

                  ok, langsung meluncur baca imel.

                  salam
                  /kayka

  1. legalisasi buku nikah juga gratis loh di kementrian Agama, bagus ya lebih baik urus sendiri kalo punya waktu sih gratis ini, kalo pake agen harganya berlipat2 🙂

    1. wah gratis ya, bagus dong. gapapa deh depag kan banyak duitnya dari yang mau naik haji 🙂

      betul dhy, sebaiknya memang kalo memungkinkan sebaiknya diurus sendiri jadi punya pengalaman birokrasi di negara sendiri gimana.

      1. iya gratis mbak Kayka, ngurusnya juga gak pake nunggu lama, biasanya juga bisa di tunggu loh :-D. kalo ngurus sendiri jadi melek birokrasi, hehe

        1. wah enak ya dhy. dulu saya sempet nunggu kalo gak salah besokannya baru bisa diambil karena si bapak yang ttd lagi meeting di bogor #apeees

          salam
          /kayka

      2. Bertriliun-triliun duit dari ngutip ongkos naik haji, tapi kantor buat ngurus haji masih aja ndompleng di kementrian agama (kayaknya sengaja ngurus haji gak dilepas ama kementrian itu, sumber uang yang berlimpah, haha…)
        Sementara di negara jiran, Malaysia, kantor urusan hajinya lebih gede dari kantor kementrian agama kita, dan punya asset yang wah… kalo disini urusan duit mbulet, wkwk….
        #OOT

        1. memang gak jelas ya da belum lagi soal ketidaktransparanan dikemanakan bunga uang pengumpulan dana haji yang gak kira-kira banyaknya itu.

          salam
          /kayka

  2. Aku dulu termasuk yang pakai jasa untuk ngurus segala dokumen2 di Jakarta. 2 bulan intensif belajar bahasa Belanda, kemudian lulus ujian, lalu guru privatku menawarkan untuk menguruskan segala urusan legalisir dokumen. Aku menyambut dengan senang hati karena saat itu memang harus fokus ngerjakan thesis di Surabaya. Ga sanggup aku mbak kalo musti ngurus sendiri. Bisa2 aku ga lulus kuliah saat itu. Suami tidak keberatan meskipun harganya ga murah ya. Daripada aku molor kuliah dan molor lagi pindah Belandanya, hehe ribet ah kalo diinget2 dulu itu. Ribet tapi bikin ada cerita.
    Thanks Mbak buat sharing pengurusan dokumen ini 🙂

    1. heheheh kalo yang mbantuin ngurusin guru les privat sih gapapa ya den. tapi udah bener kog pp jakarta-jatim wassalam aja mana harus konsentrasi dengan hal yang tidak kurang pentingnya. iya kalo urusannya langsung beres sekaligus.

      hahahah ribet tapi jadi ada ceritanya ya.
      sama-sama den.

      salam
      /kayka

  3. panjang ya daftarnya. jadi sangat bersyukur, saya dulu ga seribet itu.

    1. lucky you em. ya gitu em apa boleh baut lain negara lain aturan kudu diikuti aja kalo mau masuk secara legal ke negara tsb.

  4. Dulu juga ngurus sendiri nih urusan ganti akte, surat nikah dan legalisir, jadi betapa tau ribetnya urus dokumen ke LN. Hikmahnya, pas pindah kesini dan urus macem macem juga, ga terlalu kaget, malah merasa mudah karena ada komunikasi 2 arah melalui surat. Kalo di tanah air, bener bener harus ekstra waktu >_<

    Btw, Visa D atau Visa Nasional Jerman itu apa ya?

    1. iya mel jadi gak kaget lagi pas nyampe disini ya 🙂 bedanya disini informasinya cukup udah gitu kalau nanya-nanya bisa lewat imel atau tel. langsung.

      visa d atau visa nasional jerman itu visa untuk yang mau tinggal di jerman lebih dari 90 hari mel.

      salam
      /kayka

  5. Kalau calon yg di jerman bukan muslim apakah depag mau melegalisir?

    Terimakasih

    1. utk bisa legalisir di depag harus ada surat pernyataan masuk islam. jadi saya kira tidak bisa.

      salam
      /kayka

      1. Terima kasih atas jawabannya mbak. Apakah mbak ada saran, karena calon saya tidak mau masuk islam walaupun hanya sekedar formalitas.
        Pertanyaan selanjutnya mengenai akta lahir, apakah kita harus bikin akta lahir yg baru?
        Terimakasih
        Salam Hormat

          1. Yang tulisan anda ttg nikah di Denmark sudah saya baca.
            Iya akta saya.

            Ok terima kasih banyak mbak.
            Saya sangat terbantu dengan info dan tulisan anda.
            Terimakasih
            Selamat menikmati hari – hari anda.
            Salama hormat
            Zaim

            1. halo zaim,

              barusan saya dapat info kalo skbm gak perlu dilegalisir di depag lagi. artinya dari menhukam bisa langsung ke kedutaan.

              salam
              /kayka

              1. Wahhh… Ini berita bagus mbak. Terimakasih banyak infonya. Kemaren kami coba putar otak untuk menemukan solusi.
                Kalau boleh tau info yg di dapat dari mana ya?
                Sekali lagi terimakasih.

                1. infonya dari salah satu kontak saya disini. temennya mau mengurus skbm ke kemenag. nah menurut petugas disana proses yang baru gak perlu pake legalisir lagi. jadi kebetulan banget karena calonnya masih dalam proses untuk menjadi mualaf, jadi belum punya sertifikat.

                  salam
                  /kayka

                  1. Forum ini benar- benar bagus dan sangat bermanfaat.
                    Terimakasih telah membuatnya.
                    Nanti saya juga akan sharing proses pengurusan legalisir saya.
                    Sekali lagi terimakasih.

                    1. hallo zaim,

                      you’re welcome.
                      siiip tak tunggu ya sharing-nya. kalo bisa dilengkapi beberapa foto juga. trims sebelumnya.

                      salam
                      /kayka

                  2. Maaf, Mbak tiba-tiba saya nimbrung. Terima kasih sekali, buat saya blog ini sangat membantu, karena saya juga bingung mikirin proses-proses penerbitan akta baru dan legalisasi dokumen-dokumen .
                    Lebih pusing lagi karena saya tinggal di Jepang, sedang semua proses harus dilakukan di Jakarta.
                    Komen ini sangat membantu sekali. Kebetulan saya juga bingung soal legalisasi DepAg, soalnya saya dan calon suami sudah sepakat agama masing-masing. Jadi dari KUA SKBM bisa langsung di legalisir di kemenkumHAM dan Deplu ya?

                    1. hallo ayu,

                      maaf agak telat balasnya ya.

                      jangan pake pusing yu. harus detil surat apa aja yang diperlukan di jepang.

                      iya ini info dari salah satu kontak saya disini. gak gak perlu pake ke depag lagi bisa langsung legalisir ke kemekumham dan deplu.

                      salam
                      /kayka

    1. setelah mendapat surat dari kelurahan ,trus urusan selanjutnya bagaimana , sebab saya rencana menikah cipil di belanda , dan surat apa saja yg harus di legalisir di kementrian hokum dan ham ,kemenlu ,kedutaan .status saya bercerai jadi saya punya akte cerai

      1. hallo santi,

        klo dibaca dengan teliti info surat-surat dan langkah2 yang harus dilakukan semua sudah lengkap ditulis disini. silahkan dibaca lagi.

        salam
        /kayka

        1. Halo mbak santi,
          Hari saya baru saja urus legalisasi SKBM, akta dan surat domisili di Kemenkumham. Tapi saya pulang dengan tidak membawa hasil karena SKBM saya ternyata belum ada. Saya hanya punya surat N1 sampe N4 dari kelurahan. Yg diperlukan adalah SKBM dari KUA kecamatan anda tinggal. Juga surat domisili harus dilegalisir oleh catatan sipil kecamatan. Jangan lupa minta “spesement” ( gak tau nulisnya bener apa gak) dari kedua surat tersebut. Spesement ini adalah surat keterangan ttg petugas yg menandatangani SKBM dan Surat Domisili.
          Untuk surat cerai saya kurang tau prosedurnya.
          Semoga info ini bermanfaat.

          1. hallo zaim,

            SKBM tidak otomatis jadi begitu saja. dan N1-N4 adalah persyaratan mutlak untuk mendapatkan SKBM di KUA.

            salam
            /kayka

            1. Halo mbak,
              Iya benar sekali N1 dll ternyata bukan SKBM. Saya salah mengerti. Tapi surat domisili saya juga perlu dilegalisir catatan sipil kecamatan.
              Info yg mbak kasih memang benar, mereka tidak menanyakan legalisir dari kemendepag.

              1. tahapannya memang begitu zaim. klo ke kantor yang tingkatannya lebih tinggi selalu ditanya kelengkapan surat2 sebelumnya.

                salam
                /kayka

  6. Mohon maaf kak, butuh info. Kebetulan skrg saya sedang mengurus dokumen SKBM di kelurahan. Saya ingin tny proses setelah SKBM yg dikeluarkan kelurahan keluar di KUA.

    Saya rencana menikah secara sipil di Prancis pada bulan September 2017.
    Calon suami sy ssh mualaf di Prancis.

    Saya berposisi di jakarta barat di kecamatan kembangan. Saya sempat baca informasi dari teman sy bahwa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi menikah untuk yg muslim hanya perlu membawa dokumen SKBM yg dikeluarkan oleh kelurahan, Formulir NA-N4, dan form spesimen tanda tangan kepala KUA yg dikeluarkan oleh Kemenhumkam.

    Pertanyaan saya adalah:
    1) apakah kita tetap harus melegalisir dokumen dari KUA ke kementerian Agama ?
    2) Untuk surat keterangan Ikrar TAukil Wali bil Kitabah. Apakah harus di proses jikalau Bapak kandung dan adik sy akan dtg ke pernikahan pd bulan september 2017di Prancis ?

    Mohon saran dan nasehatnya 🙂
    Kalau ada e-mail yg dpt di hubungi atau telepon. Sy sangat apresiasi.

    Terima kasih
    Wika

    1. hallo wika,

      salah satu pembaca saya baru-baru ini ngabarin kalau skbm dari kua bisa langsung dilegalisasi di kemenhumkan.

      ikrar taukil wali bil kitabah tidak perlu diurus kalau bapak dan adik kandung hadir di pernikahan tersebut.

      salam
      /kayka

  7. Hallo, kak Kayka,
    nama saya Sari, sekarang saya berdomisili diJerman tepatnya di Darmstadt dekat Franklfurt karena sedang kuliah disini. Tunangan saya dan saya berencana akan menikah: Tapi kendalanya adalah agama. Maaf, karena ini agak personal, saya mencoba mengatakannya dalam bahasa jerman.

    Es ist halt so, wegen meinen Eltern muss ich dieselbe Religion haben wie sie. Sie sind muslim aber leider bin ich nicht. Ich bin Atheist. Mein Freund und ich machen uns auch Sorgen, was wäre, wenn wir nicht wegen Religion heiraten können/dürfen? Ich will einfach nicht, dass er zum Islam wegen mir konventiert sein muss. Haben Sie vielleicht Ahnung oder Information oder einfach kennen Sie jemanden, der mit einem Deutscher mit anderer Religion geheiratet hat? Wenn das okay ist, können wir uns vielleicht per Email darüber reden? Es wäre nett von Ihnen. Ich danke Ihnen im Voraus. Noch eine schöne Woche wünsche ich Ihnen.

    Liebe Grüße,
    Sari

    1. hallo sari,

      maaf balesnya terlambat krn komen sari masuk ke spam.

      deket dong darmstad dari sini ya.
      ok soal agama kalau menyangkut keluarga memang sangat sensitif.
      makanya untuk yang ingin menikah tanpa dikaitkan dengan agamanya apa menikahnya cukup di catatan sipil saja. gak ada pertanyaan agamanya apa. yang penting itu bahwa keduanya boleh menikah, artinya bukan saudara sedarah atau masih terikat perkawinan.

      ada kog pembaca dunia kayka yang meniah beda agama. dia yang menginfokan kalau untuk mendapatkan surat keterangan belum menikah sekarang katanya ngurusnya udah lebih gampang. dari kua bisa langsung ke departemen luar negeri. artinya tidak dipusingkan lagi oleh persyaratan yang diminta oleh depag yaitu surat masuk islam.

      mudah-mudahan info ini bisa membantu.
      soal alamat imelnya harus saya tanyakan dulu ya.

      salam
      /kayka

  8. halo kak. lagi ngurus dokumen menikah dgn WNA ceko d luar negri. kak aku baca post ny yg soal syarat kemenag itu seabrek. aku takut format skbm ku g ssuai sama kemenag. pdahal sudah d trjmahkan. aku ada baca kok bsa langsung k kemenkumham ya? asal ada spesimen tanda tangan. boleh mnta pndpat ny kak. bsa g klo kemenag ini d lewati atau kemenag wilayah saja ckup gk prlu yang pusat.

    makasih kak

  9. kak kayka,

    ini masih fifi kak. kak ada baca d atas kta ny SKBM dr KUA bsa langsung ke kemenkumham asal ada spesimen tanda tngan kpla KUA yg mgluarkam SKBM itu.
    pertanyaannya terus kalau surat ikrar taukil kitabahnya harus dikasih kemana kak. bingung antara takut ngeri mau kemenag pusat takut d tolak. sama takut nanti klo gak pas klo kemenagnya dilewatin 😣

    help kak kalo ada tau2.

    makasi y k kayka

    1. hallo vivi,

      ada dua pesan dari fifi, saya jawab disini semuanya ya.
      fifi tinggalnya gak di jakarta ya?

      ok dari beberapa pembaca saya memang katanya gak perlu ke kemenag lagi fi, bisa langsung ke deplu. ikrar taukil kitabah itu nanti diperlukan klo kita di luar negerinya menikah secara islam. klo di catatan sipil ga perlu.

      gak ada yang perlu ditakutin fi, coba dijalani dulu. kalau bisa apdet juga disini ada kendala dimana dst. jadi yang punya problem sama dengan fifi jadi punya gambaran juga keadaan di lapangan.

      ok itu aja sih, semoga membantu ya.

      salam
      /kayka

Komentar ditutup.