Diposkan pada Season & Weather

musim semi

Musim Semi
Musim Semi

gak berasa tau-tau udah musim semi lagi. resminya sih sejak tanggal 20 maret yal. namanya awal-awal musim semi banyakan ujan dan anginnya. bahkan tgl 15 yal di beberapa tempat sempat turun salju lagi. nah begitu matahari keluar harus segera dinikmati untuk membantu memulihkan kembali otot-otot dan tulang yang rasanya menciut selama musim dingin. tapi ya gitu karena saya alergi serbuk bunga harus udah persiapan perang obat tetes mata dan spray untuk hidung. bersin gak tamat-tamat. ini aja udah dua kali lho kena serangan pilek dan batuk berat…

Musim Semi
Musim Semi

salah satu pohon, tapi lupa namanya, yang jadi pemicu bersin-bersin dan bikin mata gatelnya luar biasa.

Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi

di musim semi gak hanya bunga-bunga yang bersemian tapi mahluk-mahluk tuhan lainnya jadi kliatan bermunculan dan ngampar dimana-mana. begitu juga hal-hal yang sifatnya fisik seperti kegiatan yang bisa dilakukan di luar ruang seperti olahraga dayung, camping dan sepedaan. intinya harus bergerak dan sering-sering di luar rumah.

Musim Semi
Musim Semi

sampah kerap berserakan juga terutama kalau tanggal merah atau tanggal-tanggal kejepit dimana abang sampah juga libur.

Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi

tanda-tanda musim semi lainnya adalah beroperasinya kembali toko-toko dan cafe es krim #slurrrp. walau saya penderita diabetes tipe 2 namun tidak berarti sama sekali stop abis makan yang uh enak-enak seperti ini. bikin dosa sesekali boleh-boleh aja dengan catatan dalam jumlah terbatas dan makannya di antara jam tertentu saja yaitu antara jam 11 s.d. 14 siang. oh ya informasi seputar makanan apa aja yang bisa naikin gula darah akan saya tulis terpisah.

Musim Semi
Musim Semi

diatas walau kurang jelas adalah sepeda mirip becak. becaknya cukup untuk ngebawa anak dan sepeda anaknya. dari beberapa kali menyusuri sungai Main yang melewati daerah kami, saya perhatikan anak-anak yang kecapekan sepedaan dan tantrum ngamuk-ngamuk gitu, sama bapak atau ibunya langsung di tarok di becak. oh ya model becak ini belum lama ini juga pernah saya lihat melintas di perbelanjaan Zeil Frankfurt. wah seyakin-yakinnya nih idenya boleh ngembat waktu mereka liburan di asia :p

Musim Semi
Musim Semi

buat yang belum tau, disini gak boleh sembarang motoin orang. boleh sih boleh asal gak jelas-jelas amat seperti diambil dari jauh atau dari belakang misalnya. jadilah sambil nunggu momen yang tepat bisa motoin si abang becak saya pura-pura motoin tempat nglepasin kuda ini dulu 😀 cantik juga ternyata, pemandangan yang meneduhkan jiwa…. 🙂

Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi
Musim Semi

tinggal gak jauh dari sungai Main dengan total panjang 541 km dan melalui tiga negara bagian Jerman yaitu Bayern, Hessen dan Baden-Württemberg, membuat akses untuk mendapatkan suasana hijau tidak membutuhkan waktu. begitu ada matahari tinggal cabut aja. nah susahnya disini tuh gak ada tukang jualan. jadi kalo gak liat ramalan cuaca sebelumnya alamat apes harus bikin yang cepet jadi aja buat ganjel perut aja. nah waktu itu yang paling cepet mie instant. eh dilalah garpu ketinggalan padahal udah wanti-wanti suami untuk masukin garpu ke tas. klo saya mah gak soal karena mie atau bihun goreng jualan di sekolah kan dicokot pake jari. nah yang kasian suami nih, makan pake jari aja kog repot.

Musim Semi
Musim Semi

ok cerita musim seminya saya akhiri dengan cerita pps di balik rerimbunan 😀 yuppp untuk pertama kalinya terpaksa nyerah pps di alam terbuka. udah ditahan-tahan tapi gak bisa lebih lama lagi. masa balik ke rumah lagi cuma gegara pps. suami dengan tenangnya bilang -udah pps disana aja, gak ada yang liat. yeile cowok sih gampang ya. masalahnya saya belum pernah liat ada prempuan yang muncul dari balik semak-semak setelah melakukan aktifitas yang satu ini heleeep. tapi udah kepepet mau diapain. caranya? pura-pura cari objek untuk difoto lah hahahahaha. dan ketemu… sambil mengucap-ngucap juga nih karena pikiran horor inget cerita mistik di hutan kita gak boleh pps sembarangan. konon gawat ceritanya kalo sampe mahluk halus di pps-in #ayaayawae

Iklan
Diposkan pada Season & Weather

daylight saving time

grafik, credit to Paul Wallander
grafik, credit to Paul Wallander

waktunya mundurin jam lagi ke jam musim dingin atau yang dikenal juga dengan standard time, winter time atau normal time. teorinya sih jamnya dimundurin pas jam tiga pagi. kalo jam-jam di hape misalnya bisa adjust sendiri ya. yang repot jam dinding atau jam manual lainnya harus dimundurin satu-satu 🙂

selain besok bisa tidur ekstra satu jam lebih lama, perubahan jam ini juga berarti s.d. bulan maret tahun depan diluar gelapnya lebih lama. faktanya walau sistem ini di Jerman misalnya sudah diterapkan dari tahun 1916, tetap saja banyak yang mengeluh kesulitan tidur setelah penyesuaian jam tersebut.

dari beberapa tulisan tentang penyesuaian jam musim dingin adalah untuk tidak tidur terlalu larut malam hari ini karena biasanya secara otomatis orang akan bangun lebih awal keesokan harinya. nah kesalahannya adalah banyak yang ingin bangun telat karena mereka pikir akan tidur satu jam lebih lama. konon menurut penelitian yang dilakukan oleh George Home, sebuah perusahaan desain interior di Inggris, sebaiknya hari ini kita tidur jam 22.37 dan bangun jam 07.19. selain itu pastikan suhu didalam kamar 19°C

tidak hanya masalah kesulitan tidur, jutaan orang eropa terutama di eropa utara diserang yang namanya depresi musim dingin. perubahan rasa humor, pola tidur dan kebiasaan makan yang disebabkan oleh kekurangan cahaya yang mendapat singkatan yang pas dalam bahasa Inggris yaitu SAD (Seasonal affective disorder).

kenapa sih bawaannya sedih kalau lagi musim dingin? menurut sebuah penelitian yang dilakukandi Denmark semakin tinggi kandungan protein transpor SERT di dalam tubuh kita semakin berkurang substansi signal serotonin yang bersangkutan. artinya semakin tinggi kadar transport protein SERT seseorang semakin kronis penderitaan depresi musim dinginnya.

salah satu sumber alami yang bisa menekan kandungan SERT adalah matahari. nah gimana kalau gak ada matahari atau gak bisa liburan ke tempat yang ada mataharinya? cara yang banyak disarankan adalah dengan terapi cahaya (Lichttherapiegerate). otak kita memiliki sistem yang bisa menerima informasi cahaya melalui mata yang langsung masuk ke bagian paling dalam lapisan otak yang pada gilirannya berkomunikasi dengan tempat di otak yang mengatur rasa lapar, tidur dan reproduksi…

source: aftonbladet.se

 

 

 

Diposkan pada Season & Weather

musim gugur 2015

2015-10-05 15

walau musim gugur resminya jatuh sejak tanggal 23 september dua minggu yal, perubahan warna dedaunan di daerah saya belum terlalu kentara. pun begitu sedikit-sedikit disana sini mulai keliatan daun-daun kering berserakan. perubahan lain adalah suhu udara. kalau kemarin musim panas kita kebagian suhu ekstrim panas, sekarang brrr dingiiin apalagi kalau ditambah angin kenceng. kalau pagi rata-rata suhunya konstan dibawah sepuluh derajat dan siangnya paling berkisar antara 15-an derajat. saking dinginnya saya udah mulai ngluar-ngluarin pakaian musim dingin. suami sempet geleng-geleng kepala nih, bikin stress aja katanya karena musim dingin masih dua bulan lagi.

oh ya ada yang sedikit spesial dari musim gugur kali ini yaitu fenomena bulan darah, supermoon, gerhana bulan merah raksasa. tadinya saya cuek aja gak terlalu mratiin ya. tapi pas lagi mau berangkat dinas pagi tanggal 28 september yal, jreeeng liat bulan gede banget dan merah pula. buru-buru ambil hape dong tapi sayang busnya keburu datang #yaaaa

credit to welt.de
credit to welt.de

menurut berita fenomena bulan darah tanggal 28 september tersebut bisa diamati dari jam 04:11 s.d. 05:24. berarti sebelum naik bus, saya memang sempet liat bulan darah pas lagi merah-merahnya #kewl. proses menjadi merahnya sendiri udah bisa diliat dari jam 03:07 dan berakhir sekitar jam 06:27. konon di jerman fenomena alam ini bisa diliat dengan jelas di daerah Rhein-Main, Baden-Württemberg, Bayern, Rheinland-Pfalz und Saarland. di daerah-daerah lain seperti Nordwesten, Jerman Utara dan hutan Thüringer misalnya bulannya tertutup kabut.

nah buat yang udah lupa biar inget lagi, gerhana bulan terjadi ketika matahari, bumi dan bulan berada di satu garis lurus. sinar matahari tidak sampai ke bulan karena tertutup bayangan bumi. kalau dihitung-hitung gerhana bulan total kali ini adalah gerhana bulan total yang keempat kalinya dalam kurun waktu dua tahun. namanya juga fenomena mesti ada aja yang mengait-ngaitkan peristiwa alam ini dengan hal-hal yang sifatnya super natural dan juga hari kiamat. tapi syukur deh walau kiamat udah diperkirakan entah untuk keberapa kalinya sampai sekarang belum kejadian…

2015-09-28 05

nah nyampe di deket rs saya coba untuk motoin gerhana bulan total ini pake hape dan tenta aja gatot… 😀

supermoon 28.09.2015
supermoon 28.09.2015
supermoon 28.09.2015
supermoon 28.09.2015

dua foto diatas adalah foto supermoon yang berhasil ditangkap kamera hape rekan saya yang kebetulan sedang dinas malam.

credit to welt.de
credit to welt.de
Diposkan pada Daily Life, Season & Weather

disengat tawon

Deutsche Wespe (Vespula germanica) - credit to de.wikipedia.org
Deutsche Wespe (Vespula germanica) – credit to de.wikipedia.org

sesuai judulnya saya disengat tawon #auaaa

kejadiannya kurleb tiga minggu yal ketika jerman kena serangan hawa panas. tawon jerman menyukai udara panas. makin panas makin cepet perkembangbiakannya. nah yang gak asyik tawon yang berwarna kuning cantik ini dedagingan dan kue-kuean dan atau segala sesuatu yang manis termasuk minuman. sudah dipastikan dimana ada daging dan yang manis-manis mereka berterbangan disana.

sempet sih baca-baca bagaimana seharusnya bersikap kalau tawon-tawon ini berterbangan di dekat kita, gak boleh panik apalagi mukul, harus tenang pokoknya. itu teorinya ya begitu kejadian, ya gitu deh. mana terjadinya di tempat yang tidak diduga pula, di dalam bus saat saya menuju ke rs. udah ketar-ketir nih pas denger dengungan tawon. gak hanya saya sih penumpang lain juga kliatan gelisah. gile kog tawonnya bisa ngikut masuk ke dalam bus juga ya. gak lama ini tawon mendekat ke saya. ampyuuun baru inget kalo dihari tersebut saya pake parfum yang baunya manis #lontoong. sempet sih sedetik harus tenang harus tenang. tapi tau sendiri kan gimana bunyi dan gerakan tawon yang bikin senewen aja. tau-tau terlambat, gerakan saya dianggap sebagai serangan oleh sang tawon. gimana gak panik tawonnya udah terbang-terbang di dekat leher. satu-satunya yang saya ingat adalah harus mengurut daerah yang tersengat tersebut sampai alat sengatannya keluar walau gak mudeng bentuk alat sengatan tawon seperti apa. diiringin pandangan prihatin orang-orang yang duduk didekat saya, saya mengurut-ngurut bagian yang mulai memerah tersebut. pas mau turun kog pada manggil-manggil, oalaaah hape saya… mesti tadi gak inget lagi soal hape dan tas yang beterbangan dari pangkuan saking paniknya

disengat tawon
disengat tawon

musim panas tidak hanya berkisar soal bunga-bunga yang cantik tapi juga soal tawon. banyak informasi soal tawon karena tidak sedikit yang alergi seperti sesak nafas dsb. nyampe di rs merahnya jadi meluas, total-total 10 cm-an gitu plus sedikit membengkak. sesak nafas enggak sih #alhamdulillah tapi guateeelnya itu dan terpaksa minum anti gatel. konon sampe merahnya ini ilang butuh waktu seminggu. tapi disaya butuh waktu nyaris dua minggu sampai betul-betul gak kerasa lagi. sepuluh harinya diwarnai perjuangan mengurangi rasa gatal #hiiiks dari garuk-garuk sampai memoleskan obat oles apa saja yang saya temukan di rumah maupun di rs atau mengikuti segala tips seperti mengompres dengan bekas teh celup…

2015-07-20 13

2015-08-03

2015-08-12

2015-08-13

2015-08-18jpg

serangan panas yang on and off tahun ini bener-bener gak asyik. makanya senang sekali ketika cuaca kembali normal, artinya biar siangnya panas, malemnya kembali dingin. jadi tidurpun kembali bisa nyenyak. cuma nih hehehhe jadi sering ujan, sayang suhu gak bisa dipesan ya, kalo boleh mesen saya kepengennya 25-an aja… 😀

penampakan bouquet yang dikeringkan
penampakan bouquet yang dikeringkan

oh ya ngomong-ngomong soal bunga, kalo dapet bouqet supaya tahan lama coba deh larutkan satu tablet aspirin di dalam air vas. misal udah bosen atau bunga-bunganya mulai kliatan layu, buang air dan biarkan bouqet tersebut berdiri didalam vas sampai mengering…

rada-rada nyesel nih coba taunya dari dulu pasti deh bouqet dari hari pernikahan kami masih saya simpan sampai sekarang…

Diposkan pada Season & Weather

awal musim semi

2015-03-14 09.35.23

selain gerhana matahari di jerman, kemarin ditandai juga sebagai jatuhnya awal musim semi disini. matahari juga udah beberapa kali memamerkan dirinya, menghangatkan badan dan jiwa yang mendingin di musim dingin. pemunculan yang juga membuat hal-hal yang gak kliatan di musim dingin terlihat dengan jelas, contohnya kaca jendela yang kotor.

jadilah hari rabu kemarin disaat matahari menampakkan dirinya, kesempatan baik ini saya gunakan untuk menggarap jendela-jendela yang kalo didekati terlihat debu dan bekas tetesan air hujannya tersebut dan juga ganti dekorasi. ternyata gak hanya saya aja, tetangga-tetangga sebelah juga kliatan ngelap-ngelap. dan saya bisa melihat ketakjuban mereka melihat cara yang saya gunakan. gak usah orang lain suami sampai hari ini masih suka gimana gitu dengan cara primitif yang saya gunakan. gimana enggak ngerjain apapun disini pasti ada alatnya sendiri untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan tersebut. sementara saya masih aja setia menggunakan koran.

iya koraaan

yasut yang penting sama-sama kinclong 😀

2015-03-21 12.24.05

Diposkan pada Season & Weather

angin ribut

gehört zu de.wikipedia.org
gehört zu de.wikipedia.org

biar udah lewat saya ingin berbagi soal angin ribut yang menyerang eropa termasuk jerman akhir minggu lalu. bukan kerusakan yang diakibatkan oleh angin kencang ini tapi skala yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin tersebut yaitu Beaufort-Skala. skala kecepatan angin yang dikembangkan dari skala yang dibuat oleh Admiral Inggris, Sir Francis Beuafort (1774-1857).

***

Skala Beuafort

gehört zu bild.de
gehört zu bild.de

skala kecepatan angin yang menggunakan nama pembuat skala angin pertama, Sir Francis Beaufort dibagi menjadi 12 kategori. skala 0 untuk yang gak ada anginnya sama sekali dan 12 untuk kategori Orkan. dalam bahasa jerman sendiri ada yang namanya Sturm dan Orkan. Sturm kalau dilihat di terjemahannya Hr. Adolf Heuken SJ artinya angin ribut/ badai/ taufan sementara Orkan tidak saya temukan padanannya dalam bahasa indonesia. Orkan ini kurleb angin yang tahapannya udah berputar-putar yang bentuknya seperti corong, model Hurricane atau Tornado gitu deh.

***

gehört zu bild.de
gehört zu bild.de

nah serangan angin ribut pertama yang menyerang eropa minggu lalu ini namanya Elon disusul kemudian oleh Felix. di jerman sendiri yang terkena dampak parah itu wilayah di utara jerman dimana skala kecepatan anginnya sudah masuk kategori paling tinggi yaitu 12, diatas 118 km/ jam. rasanya? mmm bayangin aja kalau nyetir 120 km/ jam…

di Frankfurt yang kekuatan anginnya cuma level 8-9, bunyi anginnya aja udah lumayan bikin keder. kalau gak terpaksa keluar enaknya di rumah aja tapi saya harus kerja. pas jalan berasa banget dorongan anginnya.  oh ya tanda-tanda serangan angin kategori 8-9 bisa dilihat dari dahan pohon mulai berpatahan s.d. atap rumah lepas diterbangin angin…

***

 

2015-01-10 04.00.57terakhir hari sabtunya biar udah tau dari ramalan cuaca tetep aja mlongo pas ngliat angka di termometer yang diatas 15°C wuiii bulan januari udah musim semi cihuiii 😀 tapi gak deh cuma sehari itu aja udah gitu ya tetep aja dingiiin karena kencangnya masih berlanjut. tapi gak sedingin hari sabtu karena ada mataharinya 🙂 alhamdulillah…

Diposkan pada Season & Weather

saljuan

buat kenang-kenangan akhirnya salju kemarin lewat sini juga. rada-rada telat sebenarnya karena tahun lalu saljuan pertamanya sekitar akhir november. paginya sih tipis aja ya tapi sesudah makan siang baru deh salju betulan. langit benar-benar kelabu belum lagi angin kencang. kalo gini enaknya menghangatkan diri di rumah saja.

***

tadi pagi pas naikin Rolladen dimana-mana masih putih, awet juga saljunya. tambah senang liatnya karena ada matahari juga jadi terang banget, alhamdulillah.

***

2014-12-28 09.30.28

kalo liat ramalan cuaca besok turun salju lagi. gak asyik karena saya harus kerja lagi. yang udah-udah kedatangan kereta sering tidak sesuai jadwal. hal lain yang suka bikin jiper adalah kalo jalanan mulai licin…

Diposkan pada Season & Weather

musim gugur 2014

udah mayan lama gak posting. alhasil sekarang binun sendiri mau mulai dari mana…

yasut berhubung masih musim gugur, ada baiknya saya mulai dengan musim gugur dulu aja ya.

sukanya kalo musim gugur warna daun dimana-mana jadi warna warni. kadang kalo lagi beruntung bisa menyaksikan sendiri gimana daun-daun ini rontok bareng sekaligus. nah gak sukanya cuma kalo pas ujan yang pake angin karena alamat jadinya dingin banget. gak jarang angin-angin ini luar biasanya kencangnya. serasa mau terbang gitu deh, pohon-pohon besar aja sampai kelihatan bergerak mau roboh.

***

dibawah adalah gambar untuk yang ingin tau kapan dan dimana daun-daun di jerman mulai kelihatan warna-warni

gehört zu bild.de
gehört zu bild.de

***

2014-10-24 09.03.50

diatas sejauh ini adalah temperatur terendah didaerah kami (24.10.2014)

***

walau langit sering kelabu bukan berarti matahari sama sekali tidak mau menampakkan diri.  kalau matahari lagi mood langit langsung membiru lagi. nah kalau udah begini gak pake nunggu-nunggu harus langsung dimanfaatkan untuk beraktifitas diluar rumah. yang tadinya bawaannya lelah terus akibat kekurangan cahaya dijamin on lagi.

***

suatu pagi di penghujung  september di Eiserner Steg
suatu pagi di penghujung september di Eiserner Steg

oh ya berhubung sekarang siang makin memendek, yang berarti pagi gelapnya makin lama dan malam datangnya makin cepat. dalam perjalanan menuju rs saya tidak melintas di jembatan Eiserner Steg lagi. buat yang baru mampir kesini, akhir juni yal saya pernah mengalami pelecehan seksual di jembatan ini sampe urusan ke polisi segala, cerita selengkapnya bisa disimak disini. gak tau kegeeran atau gimana sekitar awal agustus saya lihat penerangan di jembatan kota tua franfurt ini mulai diperbaiki. lho hubungannya apa? saya kira ada, karena saat menghubungi kantor polisi terdekat di Altstadt Frankfurt saya juga menyebut-nyebut soal penerangan yang tidak memadai di jembatan besi tersebut. namun sayangnya menurut polisi yang sedang berdinas itu masalah tersebut diluar kewenangan mereka dan menyarankan saya untuk menghubungi Stadt Frankfurt. hal yang kemudian tidak pernah saya lakukan. hanya saya ingat polisi yang sangat simpatik ini berjanji memperhatikan laporan saya. walau masalah pelecehan bukan kewenangannya tetap mencatat laporan saya dan memberikan alamat kantor polisi yang berwenang mengurusi hal tersebut. untuk saya one and another way, polisi yang masih muda tersebut telah menepati janjinya… herzlichen Dank!

***

2013-06-22 22.03.58

balik ke musim gugur yang artinya sebentar lagi masuk musim dingin. musim begini enaknya pake yang anget-anget dan ngumpet di tempat anget. tapi konon saat ini hawa dingin musim dingin mapet di rusia. artinya salju, es atau awal musim dingin bakalan belum lewat sini. ok juga tapi tetep deh dingin, barang-barang kebutuhan musim dingin seperti segala jaket, kaos, sepatu dan teman-temannya udah dikeluarin semua. sebaliknya barang-barang yang hanya bisa digunakan di musim panas juga udah dipacking-packing dan pindah ke gudang.

***

terakhir adalah beberapa objek dan momen menarik yang saya tangkap musim gugur kali ini, selamat menikmati 🙂

Diposkan pada Daily Life, Season & Weather

libur

IMG-20140804-WA0000

sedang menikmati cuti sejak hari senin yal. jatahnya dua minggu tapi berhubung gak cucok dengan jatah cuti suami jadi dinikmati sendiri saja 🙂 menikmati bangun tanpa dikagetin bunyi weker dan bisa santai-santai melakukan hal-hal yang agak sulit direalisasikan kalo kerja. ngomong-ngomong soal libur mupeng deh lihat warna langit biru di Nordsee ini. tapi sayang kalau cuma dua tiga hari saja jauh soalnya dari sini.

***

2014-08-06 15.28.47

oh ya juli kemarin gak sekalipun mampir ke sungai main yang letaknya gak jauh dari rumah karena alasan cuaca. ya gitu s.d.tengah hari cuaca sepanas-panasnya tapi sesudahnya langit menghitam kadang dibarengi petir dan guntur. duh jadi males bawaannya. terus gak sekali dua kali langit ditutupi awan tebal tapi gak hujan-hujan. kalo dah gini adaooo asli serasa direbus.

***

masuk agustus cuaca berangsur membaik, gak sepanas kemarin-kemarin. mumpung cuaca baik langsung beberes dan cabut ke sungai main. walo gak sebiru Nordsee tapi tetep nikmat… namanya juga lagi libur 😀

Diposkan pada Season & Weather

awal jam musim panas 2014j

gak berasa malam ini udah waktunya majuin jam lagi. artinya perbedaan jam jerman dan jakarta mulai hari minggu s.d tgl 25 oktober nanti menjadi lima jam. jam dimajuin ini bikin bubok malam ini berkurang satu jam. berhubung masih masih punya jam dinding manual biar gak lupa sebelum bubok dimajuin dulu 😀