Diposkan pada Daily Life, Lifestyle

hi!

sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih untuk teman-teman yang masih rajin menanyakan keadaan saya. jadi inget kalau udah cukup lama mengabaikan blog ini tau-tau sekarang udah mulai musim gugur aja. mohon dimaafkan bukannya lupa tapi lagi keasyikan dengan proyek yang lain. yup begitu ada waktu sedikit saya nyiapin materi untuk video. kalo dilihat dari jumlah kliknya, hehehehe jujur aja gak seimbang dengan waktu yang telah saya curahkan untuk menyelesaikan video tersebut. tapi disisi lain saya sudah cukup puas udah bisa menuangkan ide yang ada di kepala menjadi sebuah video. oh ya supaya sinkron alamat blog masak yang lama saya sesuaikan dengan nama channel saya di youtube tersebut.

di bawah adalah proyek video paling berat yang akhirnya berhasil saya selesaikan yaitu cara memasak nasi ayam khas india, biryani. video ini juga menjadi video terpanjang yang pernah saya buat yaitu 8 menit 25 detik. masalahnya setelah ke upload baru ngeh ada satu rekaman suara yang salah, halaaah… mana filenya udah tak buangin semua. maklum layar kompi udah full jerit-jerit minta dikosongin. ok untuk satu pembaca pertama yang bisa menebak dengan tepat kesalahan itu ada dimana akan mendapat sebuah souvenir cantik dari kayka 🙂

oh ya hal lain karena banyak pertanyaan soal cara mendapatkan surat izin menikah tapi tetap mempertahankan keyakinan masing-masing saya akan posting tulisan dari salah satu pembaca blog dunia kayka, sebut saja r. r dan suaminya yang orang jerman menikah secara sipil di denmark tanpa harus melalui rumitnya birokrasi surat izin menikah dari kua, yaitu harus melampirkan sertifikat masuk islam pasangan dan segala macam legalisirnya yang sampai tingkat kedutaan tersebut.

klo dipikir-pikir rumit bener ya, padahal yang dibutuhkan untuk menikah sipil disini itu cuma secarik kertas yang menerangkan bahwa benar yang ingin menikah ini gadis atau sudah cerai, gak ditanya agamanya apa. namanya juga catatan sipil, cuma mencatatkan pernikahan.

pernikahan r dan suami sudah didaftarkan baik di jerman maupun di indonesia. rencana kedepannya r pindah ke jerman dan baru mengajukan visa kumpul keluarga tahun depan. tertarik? nantikan postingan saya berikutnya ya…

Diposkan pada Daily Life

ngerakit lemari sendiri

penampakan lemari yang telah selesai dirakit
penampakan lemari yang telah selesai dirakit

terinspirasi postingannya lulu beberapa waktu yal, saya ingin berbagi soal kenapa ngerakit furnitur sendiri. dari pindahan dulu sedikit-sedikit kita mulai mengisi rumah sesuai dengan kebutuhan, isi dompet dan tenaga. ok balik ke tulisan lulu, beli furnitur di Jerman itu pada umumnya memang harus dirakit sendiri. jangan dikira dengan harga yang ditempel di furnitur atau harga yang kita liat di internet tinggal terima bersih furniturya berdiri di ruangan yang kita inginkan. kalo gak ada omong-omongan beli pake dirakitin alamat yang datang cuma packingannya tok. udah gitu ditanya pula tinggalnya di lantai berapa, apa ada liftnya atau tidak. alhamdulilah sejauh ini kita belum dimintain tambahan lagi karena tinggal di lantai dua. bisa juga sih furniturnya langsung terpasang seperti yang dipajang di toko tapi harus rela ngluarin sejumlah uang. model lemari yang kami pesan misalnya, biaya perakitannya € 245 sendiri (+ Rp 3,5 juta). huaaa siapa juga yang gak nyesek klo liat rupiahnya. ah jujur aja saya lebih rela jatuh bangun ngerakit lemari bersama suami…

ngerakit lemari sendiri

ngerakit lemari sendiri

btw gak perlu panik liat besarnya ukuran lemari. di petunjuk perakitan selalu ada informasi berapa orang yang dibutuhkan untuk membangun sebuah furnitur dan juga peralatan-peralatan yang diperlukan. nah untuk merakit lemari diatas hanya perlu dua orang saja. nah sebelum deal beli kita udah pake janjian, gak boleh ribut. maklum aja apa yang tercantum di cara ngerakit dalam prakteknya gak selalu bener. sekalinya salah harus didedel lagi. nah hal-hal ini yang bikin suka jadi gak kompakan. nah berapa waktu yang diperlukan untuk membangun lemari segede gaban ini? (untuk ukuran saya ya) hahahahaha jangan ditanya. kita mulai jam 11 siang dan baru selesai sekitar jam 11 malam. tentu aja ini pake acara masak, makan dan sholat ya. hal yang ditakuti harus sebel-sebelan gegara bongkar pasang kejadian juga sih. jadi gini tugas saya itu ngitungin dan nyocokin semua baut, material dan navigasi. klo baut dan teman-temannya suami 100% menyerahkannya kepada saya. nah saat ngecek dan ngitungin jumlah papan suami harus ikutan turun tangan. nah disini sebetulnya rambut suami lumayan berdiri karena saya modelnya zack zack abis itu urutan kayunya jadi ngaco. diluar hal-hal ini bisa dibilang kita tim yang bagus untuk rakit-merakit. salahnya cuma satu saya udah ngacakin urutan lembaran kayu yang berujung beberapa kali harus bongkar pasang pintu lemari. jadinya  bete, manyun dan sebel-sebelan. jam 9 malam udah nyerah sebetulnya karena dua-duanya udah capek hati. tapi ya gitu sambil kesel-keselan sambil sepakat kalau tanggung bener. jadilah walau sudah larut untuk ukuran orang sini, perjuangan dilanjutkan saja sambil berusaha keras mengeluarkan suara seminimal mungkin karena disini ada yang namanya Ruhezeit, jam dimana kita gak boleh mengganggu ketenangan tetangga dengan suara berisik lagi…

oh ya buat yang belum tau dibawah ini adalah Ruhezeiten yang umum berlaku di Jerman:

  • Senin s.d. Jumat: dari jam 22.00 s.d. 07.00 + dari jam 13.00 s.d. 15.00
  • Sabtu: dari jam 19.00 s.d. 8.00 + dari jam 13.00 s.d. 15.00
  • Hari Minggu dan tanggal-tanggal merah lainnya: 24 jam Ruhezeit!

artinya kalau mau bersiin Wohnung pake mesin penyedot atau maku-maku atau ngebor sesuatu harus pake liat-liat waktu kalo gak mau disengitin tetangga. nah kalau mau ada keramaian di rumah pada jam-jam istirahatnya orang Jerman? tentu aja boleh tapi harus pake woro-woro dulu sama tetangganya #maaphh ada sedikit rame-rame di rumah saya, mohon maaf dan pengertiannya yak. nah ini bisa langsung biar persönlich tapi bisa juga nempelin kertas di tempat yang mudah diliat tetangganya kalo mau sedikit asosial :p

daftar baut dan teman-temannya
daftar baut dan teman-temannya
baut yang sudah selesai disortir sesuai urutannya
baut yang sudah selesai disortir sesuai urutannya
lembaran dinding, laci dan pintu lemari
lembaran dinding, laci dan pintu lemari
ketika lemari sudah mulai keliatan bentuknya
ketika lemari sudah mulai keliatan bentuknya

apakah worth it ngerakit lemari sendiri dihitung dari uang dan tenaga yang dikeluarkan? yuk kita hitung sama-sama. upah minimum di Jerman per 1.1.2015 adalah € 8,50/ jam. kita ngerakit lemarinya berdua. waktu yang diperlukan setelah dikurangi jam istirahat 9 jam. jadilah itung-itungannya jadi sbb:

  • 2 x 9 x € 8,50 = € 153

lebih murah € 100 dari harga yang harus kita bayar kalau belinya plus pake dirakitin juga. klo yang ngerakit abangnya wah gak sampe dua jam udah kelar ya. gak bisa dibandingin juga mereka profi udah makanan sehari-harinya tentu aja udah luar kepala. selisih uangnya buat pengganti biaya sebel-sebelan. positifnya ada dong dengan berjalannya waktu saya jadi tambah ngerti soal perbautan dan logika ngerakit lemari. dan tentu saja sejumlah uang yang seharusnya dibayar untuk biaya perakitan bisa digunakan untuk hal yang ingin kami lakukan bersama 🙂 #lebaaay. gak sih sejauh masih bisa melakukannya sendiri kenapa enggak. capek sih iya gak fisik gak perasaan, tapi begitu liat lemarinya selesai, jangan ditanya #hepiiibener ribut-ribut gegara bongkar pasang pintu lemari juga jadi lupa hahhahahahaha

bekas packingan yang harus menunggu sampai jadwal penjemputan sampah kertas tiba
bekas packingan yang harus menunggu sampai jadwal penjemputan sampah kertas tiba
Diposkan pada Daily Life

AuslÀnder-Beiratswahl 2015

AuslÀnder-Beiratswahl 2015

walau flu berat dan ujan awet seharian hari ini tak bela-belain ikutan pemilihan perwakilan Dewan Pertimbangan Asing (AuslÀnder-Beiratswahl) tingkat Kommunal di daerah saya. pemilihan perwakilan AB  berlangsung setiap lima tahun sekali. dewan yang mewakili orang asing di Jerman ini dipilih langsung oleh orang-orang asing di daerah tersebut. dewan yang dipilih secara demokratis ini diantaranya berperan dalam menjembatani komunikasi antara orang asing dan pejabat lokal, pengambilan keputusan politik daerah dan integrasi melawan diskriminasi.

AuslÀnder-Beiratswahl 2015

AuslÀnder-Beiratswahl 2015dua minggu sebelum pemilihan saya menerima amplop berisi info seputar pemilihan yang berlangsung tanggal 29 November. sempet lama tak anggurin dan beberapa menjelang hari pemilihan baru deh dibolak-balik halaman informasi seputar pemilihan. menarik dan detail informasinya, jadi hari H-nya tinggal nyontreng aja. di tempat saya cuma ada tiga pilihan:

  • pilihan pertama: 6 kandidat asal Italia
  • pilihan kedua: 11 kandidat asal Turki
  • pilihan ketiga: 4 kandidat Internasional (diluar kedua negara tersebut)

AuslÀnder-Beiratswahl 2015

AuslÀnder-Beiratswahl 2015

AuslÀnder-Beiratswahl 2015

di tempat saya cuma ada tiga pilihan:

  • pilihan pertama: 6 kandidat asal Italia
  • pilihan kedua: 11 kandidat asal Turki
  • pilihan ketiga: 4 kandidat Internasional (diluar kedua negara tersebut)

setiap pemilih boleh memberikan 15 suara. kalau gak tau tinggal tinggal pilih judulnya saja, nanti suara kita dibagi rata diantara kandidat. setelah memperlihatkan surat panggilan, paspor dan kartu izin tinggal saya mendapat selembar surat suara. beres menandai lembaran suara, saya memasukkan kertas suara tersebut ke dalam kotak yang disediakan. oh ya pengumumannya sendiri sudah bisa dilihat sejak jam enam sore di http://www.agah-hessen.de/wahl2015/wahlergebnisse/

 

AuslÀnder-Beiratswahl 2015

di atas adalah hasil penghitungan suara di daerah saya. dari 4.732 orang yang berhak memilih (338 diantaranya pemilih wanita) hanya 338 orang yang memberikan suaranya (2 suara dianggap tidak sah). berarti hari ini hanya 7% yang memberikan suaranya #mmm yasut, yang penting saya senang tidak menyia-nyiakan hak pilih saya…

AuslÀnder-Beiratswahl 2015selesai memilih, ngobrol-ngobrol sebentar dengan panitianya, kamipun dipersilahkan untuk menikmati kopi, teh dan kue-kue yang telah disediakan. pas mau belok eh ada pameran lukisan anak-anak teka, unyu-unyuuu. jadi inget kalo adik bungsu saya dulu sering sekali memenangkan kejuaran melukis #missyou

AuslÀnder-Beiratswahl 2015

AuslÀnder-Beiratswahl 2015

di atas adalah beberapa hiasan yang ada di dinding gedung Rathaus di kota tempat kami tinggal yang sekarang… #sukaaaserasapengentakembatajahahhahahah

Diposkan pada Daily Life, Season & Weather

disengat tawon

Deutsche Wespe (Vespula germanica) - credit to de.wikipedia.org
Deutsche Wespe (Vespula germanica) – credit to de.wikipedia.org

sesuai judulnya saya disengat tawon #auaaa

kejadiannya kurleb tiga minggu yal ketika jerman kena serangan hawa panas. tawon jerman menyukai udara panas. makin panas makin cepet perkembangbiakannya. nah yang gak asyik tawon yang berwarna kuning cantik ini dedagingan dan kue-kuean dan atau segala sesuatu yang manis termasuk minuman. sudah dipastikan dimana ada daging dan yang manis-manis mereka berterbangan disana.

sempet sih baca-baca bagaimana seharusnya bersikap kalau tawon-tawon ini berterbangan di dekat kita, gak boleh panik apalagi mukul, harus tenang pokoknya. itu teorinya ya begitu kejadian, ya gitu deh. mana terjadinya di tempat yang tidak diduga pula, di dalam bus saat saya menuju ke rs. udah ketar-ketir nih pas denger dengungan tawon. gak hanya saya sih penumpang lain juga kliatan gelisah. gile kog tawonnya bisa ngikut masuk ke dalam bus juga ya. gak lama ini tawon mendekat ke saya. ampyuuun baru inget kalo dihari tersebut saya pake parfum yang baunya manis #lontoong. sempet sih sedetik harus tenang harus tenang. tapi tau sendiri kan gimana bunyi dan gerakan tawon yang bikin senewen aja. tau-tau terlambat, gerakan saya dianggap sebagai serangan oleh sang tawon. gimana gak panik tawonnya udah terbang-terbang di dekat leher. satu-satunya yang saya ingat adalah harus mengurut daerah yang tersengat tersebut sampai alat sengatannya keluar walau gak mudeng bentuk alat sengatan tawon seperti apa. diiringin pandangan prihatin orang-orang yang duduk didekat saya, saya mengurut-ngurut bagian yang mulai memerah tersebut. pas mau turun kog pada manggil-manggil, oalaaah hape saya… mesti tadi gak inget lagi soal hape dan tas yang beterbangan dari pangkuan saking paniknya

disengat tawon
disengat tawon

musim panas tidak hanya berkisar soal bunga-bunga yang cantik tapi juga soal tawon. banyak informasi soal tawon karena tidak sedikit yang alergi seperti sesak nafas dsb. nyampe di rs merahnya jadi meluas, total-total 10 cm-an gitu plus sedikit membengkak. sesak nafas enggak sih #alhamdulillah tapi guateeelnya itu dan terpaksa minum anti gatel. konon sampe merahnya ini ilang butuh waktu seminggu. tapi disaya butuh waktu nyaris dua minggu sampai betul-betul gak kerasa lagi. sepuluh harinya diwarnai perjuangan mengurangi rasa gatal #hiiiks dari garuk-garuk sampai memoleskan obat oles apa saja yang saya temukan di rumah maupun di rs atau mengikuti segala tips seperti mengompres dengan bekas teh celup…

2015-07-20 13

2015-08-03

2015-08-12

2015-08-13

2015-08-18jpg

serangan panas yang on and off tahun ini bener-bener gak asyik. makanya senang sekali ketika cuaca kembali normal, artinya biar siangnya panas, malemnya kembali dingin. jadi tidurpun kembali bisa nyenyak. cuma nih hehehhe jadi sering ujan, sayang suhu gak bisa dipesan ya, kalo boleh mesen saya kepengennya 25-an aja… 😀

penampakan bouquet yang dikeringkan
penampakan bouquet yang dikeringkan

oh ya ngomong-ngomong soal bunga, kalo dapet bouqet supaya tahan lama coba deh larutkan satu tablet aspirin di dalam air vas. misal udah bosen atau bunga-bunganya mulai kliatan layu, buang air dan biarkan bouqet tersebut berdiri didalam vas sampai mengering…

rada-rada nyesel nih coba taunya dari dulu pasti deh bouqet dari hari pernikahan kami masih saya simpan sampai sekarang…

Diposkan pada Daily Life

kenyamanan dalam berkendaraan umum

S-Bahn Rhein-Main-Verkehrsverbund
S-Bahn Rhein-Main-Verkehrsverbund

sebagai pengguna kendaraan umum kadang tidak terelakkan melihat atau mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan. misalnya ketidakperdulian sesama penumpang terhadap hal-hal yang menganggu kenyamanan penumpang lain. walau disini dimana-mana ada tempelan informasi bagaimana menjaga kenyamanan dalam berkendaraan umum, tetep deh yang menganggap kendaraan umum kendaraan pribadinya atau berperilaku seolah-olah di rumahnya sendiri kerap ditemukan.

larangan tertulis di kendaraan umum disini diantaranya adalah tidak boleh menaikkan kaki ke atas jok penumpang, dengerin musik pake headphone tapi volumenya poll. nah kalo ada oma-oma dan opa-opa jerman biasanya langsung ditegor. tapi cara negornya sopan dan enak didengar jadi yang ditegorpun bisa terima. yang lain, termasuk saya paling banter ngliatin sekilas abis itu pura-pura gak liat lagi padahal jengkel. nah pernah kejadian sampe masuk berita diwanted, ada bapak-bapak yang sebelum turun dari U-Bahn menurunkan kaki teenager yang dengan gaya bebas ditarok di jok sambil pake diseret begitu. jadi pelajaran juga kalau ada orang yang reaksinya bisa berlebihan. makan dan minum juga gak boleh sebetulnya, bukan karena takut joknya kotor tapi lebih kepada kenyamanan penumpang yang tidak menyukai bebauan keras minuman dan makanan tertentu.

yasut kalo makan, minum, make-up-an asal diskret aja cincai aja deh mungkin gak sempat atau mau menghemat waktu. atau yang mendengarkan musik keras-keras padahal pake headphone, biarin aja deh bisa jadi yang bersangkutan memang budek atau kalau memang gak budeq salah sendiri kalo nanti budeq sebelum waktunya. ok, dari pengalaman berkendara yang mengganggu itu menurut versi saya adalah penumpang yang kurang kesadarannya tentang seberapa bebas dan luas tempat yang boleh dimanfaatkan dengan tiket yang dibayarkannya (dibaca ini bukan taxi):

yang suka narokin kaki seenaknya di jok entah yang sepatuan atau lebih-lebih lagi yang pake buka sepatu segala #hadaooohawenyabang

credit to gothamist.com
credit to gothamist.com

yang merasa handbagnya memerlukan tempat khusus ketimbang penumpang lain yang juga sama-sama bayar tiket dengan harga yang sama dengan pemilik tas yang ngabis-ngabisin tempat ini…

 

atau mas-mas atau bapak-bapak yang duduk kakinya ngangkang kemana-mana (sori mau ngadem ya mas/pak??)

credit to nypost.com
credit to nypost.com

lebih-lebih penumpang yang main dorong masuk aja padahal yang didalam belum sempat keluar. tau kog semua kepengen dapet tempat duduk tapi yang didalem juga kepengen bisa keluar tanpa pake ngeluarin otot bok…

IC Bus - Strasbourg
IC Bus – Strasbourg

yang terakhir adalah solo traveller asia yang sebenarnya cantik tapi reman bener #gubrakenakyambakserasadirumahsendiri??

Diposkan pada Daily Life

panasnyaaa….

eropa termasuk jerman sejak kemarin dilanda tekanan hawa panas sahara langsung dari bawah. menurut ramalan hawa panas ekstrim ini berlangsung sampai dengan hari minggu #hadaooo benar-benar cobaan di bulan ramadan. belum lagi delikan kolega kog gak minum.

disini ada yang namanya Hitzefrei, terutama untuk anak-anak sampai kelas 10. jadi gini kalau jam 11 siang temperatur mencapai 25ÂșC anak-anak diizinkan pulang. bagaimana kalau untuk orang-orang yang bekerja? gak mungkin diliburin kan. yah paling gitu deh diberi kebebasan untuk berpakaian yang tidak bikin gerah. nah untuk yang berseragam nih yang repot, gak mungkin pake pakaian bebas kan. judulnya gitu deh tanggung jawab kantor dimana yang bersangkutan bekerja untuk menyediakan alat pendingin dan minuman. di rs tempat saya kerja misalnya hari ini semua ruangan termasuk kamar pasien dilengkapi kipas angin. oh ya disini ac bukan hal yang lazim. isolasi bangunan yang bagus membuat kalau udara diluar panas di dalam ruangan tetap adem, begitu juga sebaliknya kalau cuaca diluar dingin cuaca didalam ruangan suhu kamar…

2015-07-02 18.01.49

panas-panas begini paling enak itu langsung pulang ke rumah, asli langsung adeeem padahal gak pake ac lho. berbicara soal temperatur adalah temperatur di tempat sejuk, jadi bisa dibayangkan bagaimana panasnya ditempat-tempat yang langsung kena terpaan cahaya matahari. belum lagi pantulan panas dari aspal dan beton… benar-benar seperti terbakar kulitnya.

hal lain kalau panas begini harus banyak minum. terus makan juga gak bisa yang berat-berat, gak nafsu makan memang. kepengennya cuma makan buah, es krim…

sang kodokpun sedih gak berhasil mintain ujan.... :(
sang kodokpun sedih gak berhasil mintain ujan…. 😩
Diposkan pada Daily Life

with flower from Sachsenhausen

 

Bild von de.wikipedia.org
Bild von de.wikipedia.org

Sachsenhausen adalah salah satu nama bagian kota di Frankfurt yang terkenal dengan Kneipe atau pub-pubnya. pabrik bir ex Frankfurt, Binding dan Henninger contohnya berasal dari Sachsenhausen. jadi cukup seru juga ketika suatu saat mendengar langsung dari salah seorang mantan pasien berumur yang tinggal turun menurun di Frankfurt-Sachsenhausen, cerita tragis tentang keluarga pemilik pabrik bir disana. serunya itu ceritanya bukan cerita gosip yang biasa muncul di koran gosip tapi karena si opa yang pasti mudanya ganteng banget ini temenan sama pemilik perusahaan bir keluarga tersebut.

2015-05-15 20.33.42

lho hubungannya prolog dengan judul postingan? heheheh adalah sedikit. kebetulan rs dimana saya bekerja berlokasi di daerah ini juga #alesanajaaa. sejak kasus pelecehan yang saya alami tahun lalu saya mengambil jalan yang ada di Sachsenhausen. selain cafĂ© dan butik-butik kecil yang paling saya sukai itu saat musim dingin sudah berlalu adalah bagaimana orang-orang yang tinggal atau punya usaha disana menanam bunganya. kebetulan hari itu hari minggu jadi sepi dan asyik untuk motoin salah satu pojokan bunga di tempat saya biasa nungguin Straßenbahn…

2015-05-15 20.31.42

2015-05-15 20.29.32

bunga yang warnanya kebiruan atau keunguan ini namanya „StiefmĂŒtterchen” atau ibu tiri yang mungil. jadi penasaran deh kenapa nama bunga ini kog ibu tiri 😀

nah kalo yang putih namanya „Magerwiesen-Margerite” atau untuk gampangnya Margerite aja…

2015-05-15 20.30.12

yang tidak kurang menariknya adalah bunga ungu diatas „Mittagsblumen”, bunga yang kelopak bunganya membuka hanya disaat matahari bersinar dan menutup kembali disaat gelap. sayangnya karena jam yang salah saya belum pernah menyaksikan sendiri proses menutup dan mengembang ini…

2015-05-16 04.15.59

yang terakhir ini hanya sebagai intermezzo aja, bunga boongan yang ada di kamar mandi saya mhuahahhahahah

Diposkan pada Daily Life

mogok lagi mogok lagi

dalam selang waktu yang kurang dari sebulan asosiasi supir kereta jerman mogok lagi mogok lagi. keseringan mogok bikin saya lama-lama ngerti juga kalau perlu pake panik. walau ada aksi mogok penumpang tetap bisa nyampe ke tujuan masing-masing. sebagai catatan saja, aksi mogok disini gak bisa dijadiin alasan untuk telat atau tidak bisa datang ke tempat kerja. semuanya udah dihalo-halo dari jauh-jauh hari. dan aksi mogok kali ini menjadi aksi mogok terpanjang 138 jam atau nyaris enam hari sendiri. kalau sebelumnya cuma dua-tiga hari, mogok kali ini berlangsung dari hari selasa kemarin s.d. hari minggu pagi.

kog bisa ada aksi mogok tapi tetep bisa sampai ke tujuan? jadi gini biar mogok tetap ada regulasinya. katakanlah kereta dengan tujuan tertentu berangkat setiap 15 menit. nah kalau sedang ada aksi mogok seperti sekarang ini, tiap-tiap tiga jadwal keberangkatan, yang satu mesti dicancelled. info ini selalu bisa diliat di papan keberangkatan. atau bisa jadi ada info keretanya hanya sampai stasiun tertentu. ini juga gak perlu pake panik. seringnya kereta yang tadinya berhenti di stasiun akhir itu melanjutkan perjalanan menuju stasiun yang kita tuju tadi.

oh ya tulisan diatas hanya berlaku untuk kereta jarak dekat ya. untuk kereta jarak jauh alternatif yang banyak digunakan saat ini naik bus antar kota. sama juga seperti di tanah air, situasi seperti ini juga dimanfaatkan oleh perusahaan bus antar kota atau antar negara untuk menaikkan harga.

alternatif lainnya cari mobil rental dan naik taxi. alternatif yang bikin robek dompet. disini taxi mahal lho. alternatif lain yang menarik adalah cari info naik mobil bareng dengan orang yang kebetulan punya tujuan yang sama. pilihan naik mobil bareng dengan orang lain ini sebagai contoh saja bisa dilihat di situs : https://www.blablacar.de/mitfahrgelegenheit?comuto_cmkt=DE_ADWORDS_MITFAHREN&gclid=CLmBhOS-rcUCFUyWtAodpGMAwg

nah kalau rutenya kejauhan dan waktunya gak ngejar lagi gak ada pilihan lain selain harus naik pesawat…

***

nah balik ke aksi mogok. buat gambaran saja aksi mogok kali ini adalah eskalasi konflik berkepanjangan antara PJKA Jerman Deutsche Bahn dan GDL (Gewerkschaft Deutscher LokomotivfĂŒhre) atau asosiasi masinis kereta jerman. tuntutan utama GDL adalah kenaikan gaji dan pengurangan jam kerja mingguan.

Bild von bild.de
Bild von bild.de

gaji kotor masinis kereta disini 2,488 Euro atau kurleb 35 juta rupiah. untuk yang sudah bekerja selama 25 tahun gajinya 3,010 atau 21% lebih tinggi dari gaji pemula. untuk gaji awal kondektur adalah 2,039 Euro atau kurang dari 29 juta rupiah. setelah 25 tahun bekerja digaji maksimal 2,223 Euro atau 9% lebih tinggi dari gaji pemula.

judulnya asosiasi menuntut kenaikan 5% baik masinis dengan nol pengalaman maupun masinis yang telah berpengalaman 25 tahun. untuk kondektur yang masih fresh from the oven asosiasi menuntut kenaikan 13% dan 24% untuk kondektur dengan 25 tahun pengalaman kerja.

2015-05-06 14.03.21

untuk jam kerja mereka menuntut pengurangan jam kerja dari 39 jam kerja per minggu menjadi 38 jam per minggu.

tuntutan yang ok untuk kesejahteraan pekerja. kalau ternyata disetujui mmmh tinggal nunggu efeknya ke harga tiket kereta. awal tahun aja harga tiket bulanan udah dinaikin 3% dari 126 Euro menjadi 129,80 Euro (Rp 1,836,670)…

catatan: 1 Euro = 14,150

Diposkan pada Daily Life

(gak sengaja) jadi penumpang gelap

2014-08-09 06.55.07

garing garing garing….

tanpa sengaja saya jadi penumpang gelap dan… tertangkap basah pula. apes bener karena akhirnya terpaksa merogoh dompet untuk membayar Fahrpreisnacherhebung atau denda sebesar 40 Euro itu (kurleb 600ribuan kalau dirupiahkan). kecut abis, cuka aja kalah 😩

***

penampakan tiket bulanan-nya
penampakan tiket bulanan-nya

terbiasa memiliki kartu bulanan membuat saya jadi rada-rada ceroboh. ceritanya kemarin pulang dari wiken di Trier dan Luxemburg, sesampenya di Hauptbahnhof dari niat semula langsung beli tiket sambungan, yang ada setelah berpisah dengan suami bukannya beli tiket tapi malah belok dulu ke toko asia untuk beli kangkung dan tahu. biasa aji mumpung, mumpung deket2 toko asia. saat balik ke Bahnhof dan liat kalau jadwal S-Bahn saya tinggal beberapa menit lagi yang ada jadi bergegas turun ke stasiun bawah tanah, gak inget lagi soal harus beli tiket.

keingetannya baru di Hauptwache, dua stasiun setelah Hauptbahnhof. kalau aja saya bisa mengalahkan setan dikepala harusnya saat itu juga langsung turun dan beli tiket. bukannya turun malah tengok kiri kanan. dan begitu liat green, gak kelihatan ada kontroller di gerbong, saya memutuskan untuk tidak turun dan niat beli tiketnya sesampainya di stasiun tujuan aja karena harus naik bis. kesalahan fatal! begitu pintu kereta mulai tertutup, dari arah belakang terdengar suara berat -Fahrkarte, bitte. S*****e, terlambat sudah… untuk kabur!

buat catatan Kontroller disini gak selamanya pake seragam, ada yang berpakaian premannya juga dan duduk diantara penumpang lainnya.

***

2014-08-11 15.12.12kecut kecut kecut. begini ini kali ya kalau bukan pendosa (gak niat gratisan), sekalinya gak sengaja bikin dosa langsung tertangkap.  saat tiba giliran saya, dengan harapan bisa menyelamatkan diri dari situasi tidak menguntungkan ini, sambil memperlihatkan print-an tiket perjalanan dari Trier langsung mengakui gak punya punya tiket untuk jalur ini karena beneran lupa. kebiasaan punya tiket bulanan dan gak inget kalau sekarang lagi libur. tapi tidak menolong, dengan suara ramah kontrollernya tetap meminta tanda pengenal diri saya dan menanyakan mau turun dimana sambil menginput data di alat seperti model terminal pembayaran kartu kredit. setelah selesai saya mendapat secarik tanda terima dan diminta mendatangi DB Reisezentrum dimana saya turun nanti.

***

sebenarnya kalau aja bisa membuktikan punya tiket yang berlaku hanya dikenakan biaya 7 Euro. nyampe di tujuan saya halo-halo suami. suami tidak menyalahkan karena namanya juga lupa. menurut suami gak bisa diapa-apain. judulnya ya harus bayar. yah gak semudah itu deh. namanya juga masih indonesia asli, tetep aja kepengen nawar. jadilah walau capek saya pulang ke rumah dulu. berbekal semua tiket bulanan yang memang saya kumpulkan untuk laporan pajak, saya mendatangi Reisezentrum terdekat. ternyata petugas disana hanya menerima pembayaran saja dan menyarankan untuk mendatangi kantor DB yang ada diseberang stasiun pusat Frankfurt.

***

masih belum putus asa, jadilah balik ke Frankfurt lagi. hasilnya?… tetep nihil nol! walau udah memohon keringanan sambil memperlihatkan bukti kalau saya selama ini selalu membeli kartu bulanan tetep aja tanpa tiket perjalanan yang berlaku saat dimintai Kontroller harus bayar denda. sampai disitu suami saya benar, disini soal beginian gak ada gunanya membela diri. jadi gigit-gigit jari gigit-gigit bibir, kecut maksudnya ngirit gak beli kartu bulanan karena libur kog ya dilalah jadinya apes. tobat bener mengingat tuhan aja maha pengampun tapi sistem disini tidak ada celah tawar menawarnya. benar-benar tidak pandang bulu dan tidak mengenal ampun kecuali punya bukti yang diperlukan.

seandainyapun hal yang sama terjadi pada anda, jadi tau gak perlu buang-buang energi, percuma dijamin bakalan ngomong sama tembok mendingan langsung bayar. eh ternyata gak semudah itu juga kantor ini hanya menerima pembayaran dengan uang tunai, halaaah. jadilah harus ke Reisezentrum yang ada didalam Hauptbahnhof. harus ngambil nomer, mana antriannya panjang pula. lengkap sudah hari ini…

Diposkan pada Daily Life, Season & Weather

libur

IMG-20140804-WA0000

sedang menikmati cuti sejak hari senin yal. jatahnya dua minggu tapi berhubung gak cucok dengan jatah cuti suami jadi dinikmati sendiri saja 🙂 menikmati bangun tanpa dikagetin bunyi weker dan bisa santai-santai melakukan hal-hal yang agak sulit direalisasikan kalo kerja. ngomong-ngomong soal libur mupeng deh lihat warna langit biru di Nordsee ini. tapi sayang kalau cuma dua tiga hari saja jauh soalnya dari sini.

***

2014-08-06 15.28.47

oh ya juli kemarin gak sekalipun mampir ke sungai main yang letaknya gak jauh dari rumah karena alasan cuaca. ya gitu s.d.tengah hari cuaca sepanas-panasnya tapi sesudahnya langit menghitam kadang dibarengi petir dan guntur. duh jadi males bawaannya. terus gak sekali dua kali langit ditutupi awan tebal tapi gak hujan-hujan. kalo dah gini adaooo asli serasa direbus.

***

masuk agustus cuaca berangsur membaik, gak sepanas kemarin-kemarin. mumpung cuaca baik langsung beberes dan cabut ke sungai main. walo gak sebiru Nordsee tapi tetep nikmat… namanya juga lagi libur 😀