Diposkan pada Health

Diabetes Tipe 2 #2

diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

buat yang baru terdampar disini sejak akhir tahun lalu saya divonis kena diabetes tipe 2. nah bagian kedua tentang penyakit gula ini sudah sejak lama ingin saya turunkan tapi baru serius saya garap setelah membaca soal meninggalnya ketua KPU, Husni Kamil Malik yang mempunyai riwayat penyakit diabetes, akibat abses. sebelum meneruskan membaca harap dicatat tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya saya sebagai penderita diabetes, semoga bermanfaat…

sedikit tentang diabetes mellitus tipe 2: diabetes tipe 2 merupakan kelainan metabolisme yang ditandai dengan tingginya tingkat gula di dalam darah. kelainan yang menyebabkan ketika penderita diabetes mengkonsumsi karbohidrat, pankreas tidak melepas cukup hormon insulin yang berfungsi menyebarkan gula dalam darah ke seluruh sel tubuh untuk diproses menjadi energi. karbohidrat yang didapat melalui proses kimiawi antara CO2 dan H2O sifatnya manis. karbohidrat yang seharusnya di dalam tubuh manusia sehat diubah menjadi energi hanyut begitu saja didalam darah penderita diabetes. jadi tidak heran mengapa karbohidrat adalah musuh utama penderita diabetes. kegemukan adalah penyebab utama diabetes tipe 2 yang secara genetis memiliki kecenderungan penyakit ini. jadi kalau di dalam keluarga sudah ada penderita diabetes sebaiknya sejak usia 25 tahun mulai memeriksakan diri ke dokter.

diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

sebagai penderita diabetes saya diharuskan mengikuti kelas diabetes karena hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar gula darah yang tidak dikontrol dan terus menerus tinggi akan menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya seperti: penyakit jantung, stroke, terganggunya penglihatan, gagal ginjal dan gangguan sirkulasi darah di kaki. judulnya luka apa saja susah sembuhnya kalau saat luka terjadi pas gula darah ybs sedang tinggi-tingginya. kursusnya berlangsung total empat hari @ 90 menit. di sekolah diabetes penderita diabetes belajar bagaimana caranya tetap bisa hidup normal dan berkualitas asal bisa mengontrol gula darahnya. caranya sederhana saja harus diet karbohidrat, menurunkan berat badan dan berolahraga. untuk merubah gaya hidup ini harus melibatkan pasangan dan keluarga. pengalaman adviser diabetes saya tingkat keberhasilan merubah pola hidup ini lebih tinggi jika melibatkan keluarga. jadi disaat kendor ada yang ngingetin. jadilah disetiap termin suami ikutan mendengarkan perubahan-perubahan yang harus dilakukan. di akhir khusus saya menerima satu paket alat pengukur gula darah.

diabetes melitus tipe 2
diabetes melitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes melitus tipe 2
diabetes melitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

setelah mengikuti kelas diabetes suami dan saya lebih aware dan pelan-pelan harus mengubah stok di dapur. jangan ditanya capek dan bingungnya mikirin mau masak dan belanja apa. disinilah penderita dan keluarganya harus saling mendukung untuk memilih makanan yang bisa dimakan bersama dengan penderita diabetes. versi roti, beras atau tepung gelap (wholemeal) misalnya selain bikin kenyang gulanya tidak terlalu cepat masuk ke dalam darah. tapi ini tetap jumlahnya gak boleh banyak-banyak dan konsumsinyapun  harus dibatasi antara jam 11-14 siang, disaat tubuh bekerja maksimal. protein nabati maupun hewani adalah salah satu sumber yang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil energi dan zat pembentuk sel tubuh. hindari makanan dengan lemak jenuh yang tinggi. untuk tumis menumis misalnya cuma dua minyak yang direkomendasikan, yaitu minyak zaitun dan minyak rapeseed (rapeseed oil). hal penting lainnya adalah minum sekurang-kurangnya dua liter air per hari agar tubuh cukup ternutrisi dan bisa membantu ginjal dalam mengeluarkan gula darah tersebut dari dalam tubuh.

biar gampang mengingatnya komposisi sayur lebih banyak dari yang lain-lain. tidak makan bahan mengandung karbohidrat lagi setelah jam 14…

diabetes mellitus tipe 2 (credit to medipresse.de)
diabetes mellitus tipe 2 (credit to medipresse.de)

selain kelas diabetes saya harus rutin cek gula darah biasa dan hemoglibin (HbA1c), hemoglobin yang ditemukan dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. ketika gula darah kita terus menerus tinggi maka gula akan menumpuk dalam darah dan menggabungkan diri dengan hemoglobin. dengan mengukur tingkat HbA1c jadi tahu berapa jumlah rata-rata gula dalam darah selama 2-3 bulan terakhir. jika gula darah terus menerus tinggi selama rentang waktu tersebut maka hasil pemeriksaan HbA1c akan tinggi.

rentang Graubereich (gray zone) HbA1c disini adalah 5,7% – 6,4%. oh ya hasil pemeriksaan Hemoglobin ini juga dapat dipengaruhi oleh penyakit yang mempengaruhi hemoglobin seperti anemia, kolesterol tinggi, ginjal dan hati. kadar kolesterol baik HDL yang normal adalah diatas 45 mg/dl. kadar HDL yang rendah bisa mempertinggi resiko terkena penyakit jantung koroner. sebaliknya kadar kolesterol jahat LDL yang tinggi menjadi penyebab utama pembetukan ateroma, tumpukan plak lemak yang menumpuk di arteri pembuluh darah, yang pada akhirnya jadi pemicu penyakit jantung ateroklerosis (pengerasan pembuluh darah).

saat diketahui saya terkena diabetes, kadar Hemoglobin (HbA1c) saya adalah 6,3% dan kolesterol baik HDL-nya 31 mg/dl. tes kedua HbA1c setelah menjalankan diet adalah 5,4% dan berat saya turun 6 kg. hasil tes ketiga baru Hausarzt saya puas karena angka HbA1c-nya berhasil ditekan menjadi 5,1% dan berat saya berhasil turun total 10 kg. btw berat badan suami juga ikutan turun 10 kg lho. badan memang terasa jadi ringan dan lebih hepinya lagi ketika menyadari ukuran celana jadi turun empat nomor 😀 btw berat badan suami juga ikutan turun 10 kg lho. nah yang masih kurang bagus itu kadar kolesterol baik HDL masih dibawah kadar normal yaitu 40 mg/dl, schau ma mal…

diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

yang rada-rada susah olahraga, mualesnya minta ampun. solusinya adalah kalau lagi kemana yang ada tangganya saya bela-belain naik turun tangga. dan biar gak bosen harus rajin-rajin nyobain resep diet rendah karbohidrat edisi pemalas. judulnya gak boleh ndut. dengan mengikuti diet rendah karbohidrat artinya bisa bikin perut kenyang lebih lama. serangan lapar ekstrim yang diderita penderita diabetes diakibatkan oleh fluktuasi  insulin yang tinggi. nah fluktuasi insulin biasanya ditandai dengan timbunan lemak terutama di bagian perut. semakin ndut semakin deh resistensi insulinnya. itulah sebabnya pengukuran bagian perut menjadi salah satu rutinitas kontrol pasien diabetes. jadi inget nyokab sering bilang gak boleh banyak-banyak makan nasi perutnya bisa buncit. ternyata ini penjelasannya…

dibawah ini adalah bahan-bahan yang MEMICU tingginya gula darah:

  • susu dan produk-produknya (yoghurt, buttermilk, kefir)
  • buah-buahan → catatan: apel adalah satu-satunya buah yang lumayan aman dimakan dalam jumlah terbatas
  • gandum dan produk-produknya (roti, tepung, semolina, bahan pengental, beras, mie, jagung, flakes)
  • kentang dan produk-produknya (french fries, mashed potatoes, kroket, dumplings) → goreng-gorengan gitu lah
  • gula (gula pasir, sirup gula, madu, gula-gula, kue, es krim)

bahan-bahan yang TIDAK MEMICU tingginya gula darah:

  • bahan-bahan kaya air: sayur, salad, jamur, tanaman herbal
  • bahan-bahan kaya lemak: butter, margarin, minyak, mayonnaise, double cream
  • bahan-bahan kaya protein: daging, ikan, ayam, telur, keju, quark, sosis

catatan: walau tidak memicu meningkatnya gula darah harus hati-hati dengan bahan-bahan kaya lemak. sebisanya pilih versi miskin lemaknya dan tidak banyak kandungan lemak jenuhnya. untuk protein paling aman itu ayam dan ikan.

diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

harus diakui kadang-kadang serangan untuk makan coklat, es krim dan chips kerap mendera. tetep sih makan coklat juga tapi edisi yang banyak kandungan coklatnya. saya bahkan udah nyobain yang kandungan coklatnya 99% lho tapi tobat deh gak ada bedanya dengan coklat bubuk ewww. paling pol itu bisanya coklat 85%.  kalo ngebet makan chips saya bikin kacang edamame rebus aja. nah es krim nih yang masih belum ada penggantinya. gapapa deh sesekali bikin dosa #nawar

diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

kalo aja gak gegara dm angka-angka di belakang kemasan ini tidak pernah betul-betul jadi perhatian saya. tapi sekarang harus selalu berpikir berapa karbohidrat yang saya konsumsi. takut kalau tidak bisa mengendalikan gula darah secara alami akan berakhir dengan suntik dan tablet. cara-cara yang bikin pabrik insulin tambah rusak karena dipaksa untuk produksi melebihi kapasitas. atau lebih buruk lagi lama-lama beneran kena komplikasi diabetes.

tulisan ini saya akhiri cara gampang ngitung asupan karbohidrat sbb: 10 g karbohidrat setara dengan tiga gula bit. jadi kalau satu papan coklat yang beratnya memang 100 g ini saya makan sekaligus artinya saya nelen enam gula bit…. ini contoh aja ya, prakteknya paling banyak makan cuma dua potong kecil aja (klo lagi bandel kadang-kadang tiga deh). baca informasi nutrisi ini harus dengan seksama karena pada umumnya informasinya adalah untuk per 100 g. jadi kalau sekantong chips 200 g dimakan sekaligus harus dikaliin dua dulu tuh info karbohidrat di belakang kemasannya untuk mengetahui berapa gula bit yang terkandung didalam chips tersebut…

ah memang yang enak-enak itu lebih sering menyembunyikan hal yang tidak enak ya…

Diposkan pada Health

Diabetes Tipe 2

setelah menimang-nimang cukup lama akhirnya saya putuskan untuk menulis soal Diabetes Tipe 2. sempat ragu karena kog isi blognya penyakit terus, bikin takut aja. tapi setelah saya pikir-pikir lagi, walau tetap masih galau, kenapa tidak berbagi saja, siapa tau bisa membantu pembaca dengan situasi yang sama… #bismilahirrahmanirahiim

dari pemeriksaan darah pertengahan desember yal saya positif menderita Diabetes Tipe 2 atau kencing manis 😥 info gula darah agak tinggi sebetulnya sudah kelihatan saat tes kesehatan setelah diterima kerja awal Januari 2014 dan juga saat cek darah rutin. cuma gak telek-telek divonis diabetes. saya cuma diminta untuk menurunkan berat badan dan harus olahraga saja. nah kesalahannya adalah saya jadi gak terlalu serius memikirkannya. oh ya walau tidak bisa disembuhkan, gula darah penderita diabetes 2 bisa dikendalikan dengan diet dan olahraga. nah waktu pindahan rumah harusnya pindahan dokter juga. tapi karena cocok dengan Hausarzt yang lama pindah dokternya jadi ditunda-tunda. tapi kog lama-lama sedeng juga kalo cuma kena flu dan demam padahal ada dua praktek dokter di dekat rumah. setelah mencoba dua Hausärzte yang ada di tempat sekarang akhirnya pilihannya jatuh kepada Hausarzt yang punya latar belakang sport medicin.

ceritanya karena pasien baru, selain konsultasi ditanya-tanya juga soal riwayat kesehatan dan hasil tes darah di tempat praktek dokter sebelumnya. sempat ragu untuk menyinggung soal gula darah yang agak tinggi. jujur aja saat itu kog ada rasa cemas tapi karena tau resikonya akhirnya saya sampaikan saja. eh dokternya langsung menindaki dengan memberikan termin keesokan harinya untuk tes urin, tes darah dan tes toleransi glukosa oral. pulang dari sana saya galau sekali jadi ingat tante dan sepupu dari pihak ayah yang juga menderita diabetes. saat kerja siangnya saya juga gak konsentrasi lagi karena Diabetes Tipe 2 sifatnya diturunkan. begini lah jadinya kalo tidak aware…

Diabetes1_Fotor

di hari yang ditentukan saya harus puasa. setelah menyerahkan sample urin dilanjutkan dengan pemeriksaan tes darah biasa melalui kapiler dan juga melalui vena. hasil tes darah kapiler saat puasanya sudah cukup tinggi yaitu 126 mg/dl (normalnya maks. 100 mg/dl). setelah itu saya diminta untuk minum sirup yang telah disediakan #yanggilamanisnyamintaampun. setelah itu harus duduk selama dua jam dan tidak boleh banyak bergerak. setelah masa tunggu lewat, tes darah kapilernya diulang lagi, dan hasilnya adalah 260 mg/dl (normalnya  maks. 140 mg/dl). duh langsung lemes deh. sayang tidak bisa langsung konsultasi dengan dokternya karena harus nunggu hasil tes urin dan darah dulu.

malamnya saya sibuk cari-cari info soal makanan yang baik untuk penderita diabetes. duh biyung apa yang terlarang adalah yang sering saya konsumsi. masalah diabetes itu satu, karbohidrat! sementara karbohidrat dimana-mana: nasi, roti, kue, pasta, mie, bihun, soun (segala yang mengandung tepung lah pokoknya), coklat dst dst. mau makan apa coba? mau cuek aja bisa-bisa kena stroke atau segala penyakit pembuluh darah lainnya. sejak saat itu perhatian dan pikiran saya banyak tercurah pada bagaimana caranya merombak pola makan dan gaya hidup.

minggu depannya sesuai janji setelah mendaftar saya diberi hasil tes urin dan darah. angka-angka yang tidak menggembirakan:

  • HbA1c= 6,3% (normal s.d. 5,7%) — rata-rata gula darah selama 3 bulan terakhir
  • Glukosa (Natriumfluorid)= 130 mg/dl (normal 60-100 mg/dl)
  • Atherosklerose-Index (LDL/HDL)= 4,8  — index penyempitan pembuluh darah
    • target < 3
    • 3 – 5: resiko meningkat
    • > 5: resiko tinggi

Diabetes2_Fotor

gak lama nunggu nama saya dipanggil. setelah menanyakan kabar saya dan bla bla sedikit dokternya tanpa basa-basi lagi menjatuhkan vonisnya kalau saya positif menderita diabetes dan kolesterol tinggi. sambil menambahkan kalau diabetes, kolesterol tinggi dan darah tinggi satu paket. walau down saya masih bersyukur alhamdulillah karena sampai saat ini tekanan darah saya masih normal. setelah mendapat resep untuk menurunkan kolesterol, Simvastatin 20 mg, saya diminta menandatangani program pengobatan, untuk mengikuti Diabetesschulung atau Pelatihan Diabetes.

Diabetsschulung Offenbach
Diabetesschulung Offenbach

setelah ngulik-ngulik di internet dan liat komentar orang-orang saya bikin janji dengan tempat Pelatihan Diabetes yang ada di Offenbach. selain mendapat jadwal pelatihan, saya juga dibuatkan janji untuk konsultasi dengan Dokter Penyakit Dalam yang ada disana. pembicaraan diakhiri dengan pesan khusus pelatihan suami harus ikut…

diabetes datangnya tidak mendadak. karena tidak dibarengi rasa sakit, ketahuannya kadang sudah terlambat. setelah saya ingat-ingat tanda-tanda-tanda prediabetes atau diabetes seperti bagian leher belakang menghitam (acanthosis nigricans) sudah lumayan lama. cuma agak bias karena walau tidak sering acanthosis nigricans disebabkan oleh hormon tyhroid yang rendah. penyebab utama acanthosis nigricans sendiri adalah terlalu banyaknya insulin di dalam aliran darah.

tanda-tanda lainnya adalah sbb:

  • walau sudah operasi miome tapi frekuensi buang air kecil tetap tinggi,
  • tengah malam kerap terbangun karena tenggorokan rasanya kering sekali,
  • lelah yang ekstrim walau hasil tes thyroid stabil,
  • sering diserang rasa lapar padahal sudah makan,
  • kulit kering sekali,
  • kulit kaki kasar,
  • kuku kaki jempol menebal dan berubah warnanya,
  • dan kerap galau tanpa sebab yang jelas…

 

bersambung…

Diposkan pada Health

menghindari kembung

picture: credit to carapedia.com
picture: credit to carapedia.com

saya termasuk sering punya masalah dengan kembung. nah orang-orang yang sering kembung pada dasarnya sensitif dengan makanan kaya karbohidrat. artinya saat kita memakan makanan yang kaya karbohidrat, tubuh bereaksi dan melakukan proses fermentasi yang mengakibatkan produksi gas berlebih. ditandai dengan perut bergolak (malu-maluin banget nih kalau ruangan sedang hening) yang kemudian diikuti mencret atau sebaliknya susah BAB…

nah bahan makanan apa aja sih yang bisa memproduksi banyak gas ini? paling umum itu pasta, buah-buahan, roti dan susu. wah payah bener deh makanan kesukaan semua. tapi yaitu pilihannya enak tapi pake kembung atau mulai mencoba mencari alternatif lain yang lebih ramah dengan perut kita. cara terbaru untuk mengatasi masalah kembung ini adalah dengan diet FODMAP (Fermentable Oligo-Di-Monosaccharides and Polyols) yang dikembangkan Monash University di Australia. dietnya terbukti efektif untuk orang-orang berperut sensitif.

kategori bahan makanan sebaiknya dihindari bahan makanan pengganti
sayur-sayuran asparagus, artichoke, bawang, daun bawang, arcis, bit, kol, seledri, jagung manis toge, bok choy, wortel, caisim, ketimun, tomat, zucchini, daun selada
buah-buahan apel, watermelon, buah persik, buah-buah yang dikeringkan, nektarin buah blueberry, stroberi, pisang, nenas
susu dan produk susu susu sapi, yoghurt, keju lunak, krim, es krim, custard susu bebas laktosa, yoghurt bebas laktosa, keju keras
sumber protein polong-polongan daging, ikan, ayam, tahu, tempe
roti dan sereal gandum hitam, roti gandum, sereal dengan buah kering, pasta gandum roti bebas gluten, havermut, pasta bebas gluten, beras, rice bubbles, biji gandum
biskuit dan makanan kecil crackers, biskuit gandum biskuit bebas gluten, rice cakes, corn thins
kacang-kacangan dan biji-bijian kacang mete, kacang pistasi amandel, biji labu kuning

frustasi abis deh liat daftarnya…. #semangaaat

sumber: http://www.med.monash.edu/cecs/gastro/fodmap/low-high.html

Diposkan pada Health

Fuβpflege vs Podologie

masih seputar kuku jempol. beberapa waktu sebelum operasi kuku jempol saya sempat menyerahkan perawatan kaki ditempat praktek Fuβpflege yang ada didaerah kami. saya gak kepikiran pergi ketempat ini karena saya pikir pasti lebih mahal dari tempat perawatan kaki yang sifatnya lebih kearah kosmetik. tapi berhubung senut2 di jempol gak berkurang juga maka saya putuskan untuk mampir dan bertanya. gak bayar ini kalau nanya aja 😀 ternyata o ternyata deh gak beda jauh dengan harga yang dibandrol tempat2 perawatan kaki pada umumnya. nyesel juga karena peralatannya canggih dan tenaganya yang memang profesional sekali.

***

nah kalo Podologie lain lagi, saya tahunya dari Apotekerin di apotik langganan gara2 beli perban beberapa waktu yal. setelah ngobrol2 dan mengamati model kuku saya yang bulat dia bilang kalau gak jamin operasi bikin kuku jenis seperti ini gak numbuh kedalam lagi. dan menyarankan gak ada salahnya ketemu dengan dengan Podologer karena mereka punya alat bantu yang membuat kuku jadi rata. hihihi ada2 aja, gak hanya gigi aja ternyata yang bisa dibikin rata kuku jugaaa 😀 gak sih kalau ada alternatif lain selain operasi kenapa tidak. terus terang saya rada2 trauma akibat suntikan bius lokal yang sakitnya itu lho. belum lagi kurun waktu masa penyembuhannya. inilah yang membuat saya berpikir2 lagi untuk mengoperasi kuku jempol satunya lagi.

***

jadilah saya halo2 dan bikin janji ditempat praktek Podologer yang gak jauh dari tempat tinggal kami, untuk perawatan kaki dan konsultasi. harganya 10 Euro lebih mahal, wadaooo. bisa sih 5 Euro lebih murah kalau saya punya resep dari Hausarzt. yang ada suami deh yang telepon ke tempat praktek Hausarzt maklum minta resep baru lewat telepon mesti tanya jawabnya agak panjangan :p itu aja jawabannya negatif, tidak bisa karena Hausarzt hanya mengeluarkan resep khusus penderita diabetes saja, yaaa 😦

yasut sekali ini gapapa deh harus mengorek dompet lebih dalam. sambil Podologernya kerja sambil ngobrol soal apa dan bagaimana meratakan kuku jempol tsb. judulnya saya harus mendatangi Hausarzt, membicarakan keluhan sakit dan menyerahkan brosur Unguis incarnatus &  metode penyembuhan kuku yang tumbuh kedalam daging tsb. kalau Hausarzt menyetujui perawatan alternatif non-operasi ini maka saya akan mendapat resep yang kemudian harus dikirim ke Krankenkasse. sesudahnya tergantung jawaban dari Krankenkasse…

Diposkan pada Health

obat batuk

2013-09-08 12.26.04

lain lubuk lain belalang, kalo batuk atau radang tenggorokan dikita bisa dikurangi dengan campuran kecap dan air jeruk nipis, disini mereka juga punya caranya sendiri. teman saya yang dari bulgaria misalnya punya cara sendiri untuk memerangi batuk yaitu dengan meminum campuran wein merah dan bubuk merica hitam yang dimasak hingga mendidih 🙂

***

2014-05-02 16.58.55

ayah mertua saya lain lagi saat mendengar saya batuk langsung saja menghidangkan teh salbei dengan campuran eukalyptus. disini salbei dikenal dari lama bisa mengurangi gangguan di tenggorokan. eukalytus sendiri adalah pohon obat yang kebanyakan aslinya tumbuh di australia, beberapa ditemukan di papua dan indonesia.

***

2014-05-09 16.29.21

nah kalo kolega saya ditempat kerja lain lagi, ketika saya dapat serangan batuk brentet yang gak mau brenti2 sampe muka saya merah sekali ini, langsung memberikan inhalasi cairan salbutamol. ampuh, gak lama batuknya brenti memang. setelahnya kolega yang kalo ketawa enak sekali didengarnya ini meminta saya seperti halnya dia untuk membeli salbutamol spray di apotik. oh ya spray untuk inhalasi bronkitis dan anti asma ini gak bisa dibeli bebas, harus menggunakan resep dokter.

ok cara apapun yang disarankan gak soal dari mana baik tradisional maupun medis sama, sama2 mengurangi dan menolong mengobati batuk dengan catatan dikombinasikan dengan dengan tidur yang cukup. yap tidur yang cukup! ternyata kurang tidur merupakan salah satu pemicu batuk.

***

catatan: tulisan diatas dibuat berdasarkan pendapat dan pengalaman pribadi penulis, semoga bermanfaat!

Diposkan pada Health

jempolku sayang jempolku malang…

kuku numbuh kedalam daging itu sakitnya asli ruar biasa…

masalah dari lama sebetulnya tapi gak saya rasa2ain bener karena saya termasuk orang yang punya batas rasa sakit yang tinggi. efek bertahun2 pake sepatu tinggi dengan ujung lancip di jakarta padahal jempol saya montok dan lebih tinggi dari jari tetangganya. jadilah lama2 kukunya pelan2 numbuh kedalam. tapi belakangan makin heboh aja sakitnya. si jempol asli meradang, marah lah sakit dicuekin aja 😥 *muaaphh*

2014-05-08 12.07.26

awalnya saya kepengen di op di Ambulante Chirurgie yang di rs saya aja. tapi setelah dipikir2 lagi dan diskusi dengan suami akhirnya saya putuskan untuk pergi ke Ambulante Chirurgie yang ada di daerah kita aja. toh hanya operasi kecil dan letaknya gak jauh dari rumah pula (cat.: Ambulante Chirurgie adalah operasi yang gak perlu pake nginep di rs). tapi apes bener jadwal dokternya udah penuh dan harus menunggu sebulan… yasut saya okein aja.

***

utk masalah Unguis incarnatus, operasinya operasi kecil jadi biusnya juga lokal. gila baru tau kalo jempol kaki disuntik itu tobat rasanya. setelah lewat sepuluh menit si jempol diperiksa lagi sama susternya kalo udah mati rasa atau belum. habis itu baru deh dokternya masuk dan menggarap si jempol. gak sampe 15 menit deh operasinya. enaknya kalau dibius lokal jadi bisa sambil ngobrol2 sama dokter dan susternya. apanya sih yang dioperasi? ok sisi kuku yang nancep kedaging itu dipotong dan ditarik *adaaaw berasa2 juga loh sedikit biar dibius juga* setelah operasinya rampung, dokternya nanya apa saya mau lihat si jempol sebelum „dibedong” sama suster, -iya dong mau 😀

 

Arbeitsunfähigkeitsbescheinigung
Arbeitsunfähigkeitsbescheinigung

sambil ngliatin sambil dokternya nanya apa saya dirumah punya obat penahan sakit atau tidak. berhubung gak punya saya mendapat dua tablet penahan sakit. terakhir dokternya nanya saya kerja dimana. setelah tahu saya kerja dimana ditanya mau cuti berapa lama. saya tanya balik normalnya kalau op jempol begini butuh berapa lama. menurut dokter yang ngganteng ini :p sangat bervariasi dan menawarkan untuk memberikan surat cuti sakit utk seminggu dulu…

dapet dua sih, satu utk dikirim ke Arbeitsgeber satunya lagi untuk dikirim ke Krankenkasse. hampir sama sih sebetulnya kecuali setelah saya perhatikan ada tambahan info kode diagnosa penyakitnya utk Krankenkasse. bagus juga deh jadi Arbeitsgeber atau pemberi kerja gak perlu tau2 amat detail penyakit pegawai dan karyawannya. oh ya utk macam2 kode ICD-10 (medizinische Diagnosen) atau diagnosa penyakit di jerman bisa diunduh disini.

nyampe dirumah surat sakitnya tak scann dan imelin ke atasan saya dengan janji akan mengirimkan aslinya hari ini lewat pos.

***

 

berikut adalah penampakan si jempol sesampenya dirumah, disini mulai terasa senut2nya…

jempolku sayang jempolku malang...
jempolku sayang jempolku malang…

 

***

updated: 09.05.2014

 

penampakan jempol setelah perban dibuka
penampakan jempol setelah perban dibuka

peringatan: kalo suka ngerian harap gambar jangan diperbesar!

hari ini kontrol ke dokter untuk periksa apakah si jempol baik2 saja setelah di OP kemarin. nyampe disana susternya menanyakan apakah saya ada keluhan. ada sih kemarin malam dan tadi pagi si jempol asli senut2 luar biasa. awalnya saya niat banget gak kepengen minum obat penahan sakit, tapi akhirnya nyerah juga. setelah mendengarkan keluhan saya baru deh perbannya dibuka. oleh susternya darah2 kering bekas operasinya dibersihkan dengan cairan khusus. langsung bersih tanpa harus digosok2. beres itu baru deh dokternya masuk dan memeriksa keadaan jempol saya. menurut si dokter secara keseluruhan terlihat bagus dan meminta saya untuk kembali lagi hari selasa depan untuk cabut benang.

***

penampakan si jempol sesampenya dirumah lagi
penampakan si jempol sesampenya dirumah lagi

btw besok kakinya udah boleh kena air, tapi sepatu harus  nunggu sampai akhir minggu depan. jadilah saya nanya ke susternya apa bisa minta ekstra perban. bisa sih tapi cuma dapet satu perban elastisnya saja dan satu kompres. mmm jadilah pulang dari sana mampir ke apotik dulu untuk membeli perban tambahan yang ada perekatnya tsb spy perban elastisnya gak lari2. set deh mahal juga ternyata harga perban dengan perekat ini (kohäsive Fixierbinde). satu gulung dengan panjang 4 meter harganya 2,75 Euro. perban elastisnya juga gak murah2 amat, 0,85 Euro per gulung. panjang satu gulungnya juga sama2 4 meter.

***

updated: 14..05.2014

kemarin jadwal pencabutan benang bekas operasi kuku jempol saya. sebelum susternya mengeksekusi pencabutan benang tsb saya sempat menyampaikan keluhan kalo  jempolnya masih sakit aja plus sisinya kelihatan agak memerah. susternya jadi menangguhkan penarikan benang dan menjemput dokter yang membedah kuku saya. setelah mengamati jempol saya dokternya bilang kalau saya tidak boleh terlalu banyak jalan. mmm saya  diem aja gak komen apa2 jadi inget kalo suami sempet komplen soal ini. setelah benangnya dicabut dokternya bilang kalau hari jumat harus kontrol lagi. mudah2an sih udah bisa pake sepatu lagi kalo enggak saya akan mendapat perpanjangan surat sakit. btw nyabut benangnya cepet sih tapi sakitnya jangan ditanya. ternyata benang tsb yang bikin jempol jadi senut2. setelah benangnya dicabut senut2nya berangsur hilang, alhamdulillah.

oh ya foto dikiri atas adalah Mullschlauch atau perban berbentuk tube khusus jempol yang bisa dibeli di apotik. perban yang praktis dijamin gak lari2 kalau dipake jalan. biar gampang potong dulu bagian yang digulungnya. kemudian sarungi jempol dengan bagian perban yang tidak digulung. balikan bagian perban yang digulung dan sarungi jempol sekali lagi, tarik sisa guntingan dan ikatkan dibagian belakang kaki.

Diposkan pada Health

masih soal batuk

minggu lalu batuk saya teteup heboh. berhubung obatnya udah abis saya putuskan kembali mengunjungi tempat praktek Hausarzt kami. nyampe sana rada2 curiga kog gak kliatan lampu nyala.  bener aja praktek dokternya tutup krn liburan paskah. tobat deh krn Notarzt ditempat kami tidak ada lagi sejak awal januari kemarin krn disatukan dgn kota tetangga sehubungan dengan penghematan. ada nama2 dokter lain yang bisa dihubungi tapi baru bisa didatangi setelah jam enam sore. oalah gak kuat deh nunggu segitu lama, mau balik lagi percuma krn suami kerja. mau ke mertua, mertua juga tdk dirumah. jadilah sambil batuk sambil jalan sambil mikir masih ragu2 apa mau ke kota sebelah tsb atau tidak. gak jauh2 amat sebetulnya tapi kalo naik kendaraan umum rada2 ribet rutenya.

gak lama jalan dari jauh ada yang dadah2. eh bekas sesama peserta kursus orientasi ternyata. masih muda manis dan berjilbab dari maroko. jadilah peluk2an dulu, padahal saya udah bilang kalo lagi batuk dan pilek 😀 ngobrol2 sebentar sampai ke soal saya mau ke kota sebelah. dia langsung bilang -aih ngapain jauh2, ada kog dokter umum dideket Bf. saya kadang2 kesana bagus kog dokternya, dokter dari afganistan. wah bener2 deh langsung mengucap alhamdulillah. allah bener2 maha peyayang. lagi binun ada aja jalan keluarnya. jadilah saya meluncur ke prakte dokter dari afganistan tsb. pas nyampe sana susternya berjilbab pula 🙂

***

2014-04-15 14.29.24

harus mengisi data dulu krn saya baru pertama kali kesana. gak lama deh nunggunya dan ketemu dgn dokternya. setelah mendengarkan keluhan saya dan mendengarkan pernafasan saya serta menanyakan obat2 saya sebelumnya, dokter paruh baya tsb memberikan resep baru untuk saya sbb:

  • Exeu dan Cetirizin utk alergi
  • Paracodin dan ACC akut 600 utk obat batuk. Paracodin berbentuk cair dan dicampur dgn sedikit air sebelum diminum.

tiga obat besok2 bisa beli tanpa resep dokter kec. Paracodin.

btw ada keuntungannya juga saya posting soal obat2 yang saya dapatkan krn pas ditanya dokter asli blank gak inget nama obatnya apa. begitu deh kalo flu batuk demam asli otakpun jadi lemot gak bisa diajak mikir 😦

***

Tumarol Creme

2014-04-17 18.21.09

kalau yang ini adalah produk tradisional jerman yang berguna untuk menghangatkan dan melegakan saluran pernafasan. bisa digunakan sebagai olesan maupun obat uap. untuk obat uap: campur 5-10 cm Tumarol dengan 1-2 liter air mendidih. tutupi kepala dan wadah dengan handuk, hirup uap Tumarol dalam2 (setiap pagi  dan malam). lega banget setelah pake obat oles ini, mantap sekali.

oh ya bahan utama Tumarol adalah minyak Eucalyptu, D-Campher dan Levomenthol.

***

catatan: kalau ada yang bertanya2 postingan saya seputar obat2an dan produk2 lain, saya tidak mendapat imbalan apa2 untuk menulis nama produk2 tsb. lebih kepada berbagi pengalaman saja krn harus mencari2 obat dan produk yang sesuai dengan kebutuhan saya.

Diposkan pada Health

masih batuk aja

udah lebih dari seminggu berlalu tapi batuknya masih begini2 aja. padahal udah istirahat total gak ngapa2in. sedih amat gak sih punya libur lima hari tapi gak bisa ngapa2in kec. harus berjuang meredakan batuk yang berentet ini. hari ini rencananya balik check-up lagi ke dokter, minta ganti obat. dan harus nunggu karena praktek dokternya hari ini jam 10.

suami juga ikut2an demam. gegara saya kalau bubok paling seneng meluk punggung suami, apalagi batuk2 begini bebas banget batuk dibelakang punggungnya. sampe suami ngomel2 krn udah pasti ketularan. -loh kog bisa kan batuknya gak langsung cuma ke punggung ini?? +lah punggung kan ada pori2nyaaaa … dan bener aja dua hari kemudian suami panas tinggi. -opppsss muaappfff 😥

2014-04-09 13.46.53

ya gitu deh suami harus ke dokter juga. balik dari sana demam2 dan pilek2 kita berdua langsung menebus obat di apotik. suami dapet antibiotik (gak ditangung Krankenkasse) dan satu obat utk menghilangkan rasa sakit akibat demam. apotik ini bukan apotik langganan kita kebetulan aja lag ada keperluan di bank dideket2 sana jadi sekalian mampir aja. eh obatnya ditempelin gambar, lucu juga deh. jadi gampang nandain berapa kalinya dan kapan harus diminumnya, apakah sebelum makan, sesudah makan atau pas lagi makan 😀

***

kalo ini bunga yang tumbuh dihalaman rumah mertua. minggu depan paskah kita gak bisa kerumah mereka. jadilah biar sakit2 dibela2in hari sabtu kemarin. saya cuma minta suami mastiin aja krn takut menulari mereka. gapapa katanya mertua juga dua2nya lagi demam pilek juga jadi gak bakalan nularin siapa2 😀

ya gitu deh pas lagi bengong2 ngliatin bunga, mertua dari belakang ngomong kalau saya mau boleh dipotongin sama beliau. hehehe terang aja mau asal gak banyak2 aja. nyampe rumah berhubung bunganya seumpluk kecil cukup ditata didalam gelas minum saja 🙂

Diposkan pada Health

bronkitis

yap saya kena bronkitis. ada2 aja deh. saya sendiri gak terlalu memperhatikan karena kan udah masuk musim semi jadi bersin2 bukan hal yang aneh. nah minggu lalu ditambah dengan tenggorokan mulai agak2 gatel, tapi kog ya dicuekin aja. padahal biasanya langsung tak minumin kecap plus jeruk nipis. hari sabtu malam kejadian batuk gak brenti2 pake ngik2 spt orang kena asma sampe gak bisa tidur. itu aja tetep hari minggunya masuk kerja. tapi selesai laporan kog badan jadi meriang dan batuknya ndilalah tambah heboh aja. rencana saya tetep kerja dengan catatan hari seninnya saya baru mengajukan sakit. kalau saja kolega saya tidak meyakinkan saya tetep kerja tuh.  kolega saya meyakinkan kalau lebih baik pulang sekarang dan seninnya telefon jadi tidak seperti direncanakan. dia sendiri akan menginformasikan kalau saya sakit. iya juga sih.

pas mudik terakhir saya juga kena batuk hebat model begini. sampai akhirnya saya ketemu dokter yang praktek di daerah Bendungan Hilir. tapi beliau gak bilang sih kalo itu bronkitis. cuma ya gitu gak lama minum obat yang harus diracik dulu itu saya sembuh. sebenarnya sebelumnya saya juga udah dapet resep dari Prof. Suyono tapi gak mempan. apa krn Prof. Suyono canggihnya di endrokologi aja kali ya 😀

***

 

ok balik ke bronkitis ini lagi, pas lagi nungguin susternya nglengkapin data untuk surat keterangan sakit, baru ngeh kalo dibagian Kostenträger-nya tercantumnya „Privat“. waduh, mesti nanya dulu nih daripada nanti kaget sendiri. dan bener aja ternyata obat2 yang dicantumkan dokter saya tsb memang tidak ditanggung oleh Krankenkasse, oalaaah. yasut tapi tetep deh kalo begini harus ke dokter krn saya memerlukan surat keterangan sakit. ya gitu deh dari yang harusnya bayar cuma 5 Euro (Rp 78 ribu) per resep kalo saja obatnya ditanggung oleh Krankenkasse akhirnya harus mengeruk dompet agak dalem jadi 17 Euro (Rp 264 ribu). btw saking batuk beratnya sampe gak inget nanya di apotik apa kedua obat ini bisa dibeli bebas tanpa resep.

Diposkan pada Health

shampoo untuk kulit kepala kering (lagi)

kulit kepala saya jadi bermasalah sejak operasi pengangkatan miom dan rahim september 2012 yal. yang model gak lama habis cuci rambut pinggiran rambut jadi ada putih2nya dan gatal sekali. tobat deh gak menyenangkan sekali terutama putih2 dipinggiran rambut itu lho, kesannya tidak sehat dan terawat sekali. dan kalau saya perhatikan shampoo yang saya gunakan bertahan paling lama delapan bulan habis itu harus ganti lagi.

nah jadilah kali ini saya eksperimen dengan baby shampoo, krn ada omong2annya shampoo ini cocok utk orang dewasa dengan kulit kepala sensitif. termasuk beli baby oilnya juga yang saya olesi dikulit kepala 1-2 jam sebelum cuci rambut. ternyata gak menolong. akhirnya saya beralih ke produk sebamed dan mengikuti semua step2nya, termasuk ngeringin rambutnya harus ditepok2 aja dst. berkurang sih, tapi putih2nya sehari kemudian muncul lagi, sedihnya…

2014-04-07 12.31.43

akhirnya daripada bereksperimen sendiri, uang habis tapi hasilnya gak memuaskan, pas beli obat tadi saya nanya apoteker di apotik langganan, apa dia punya shampoo yang bagus untuk kulit kepala bermasalah seperti saya. apoteker yang ramah ini menyarankan saya untuk menggunakan produk Dr. Wollf, Linola Forte Shampoo. aduh makjan harganya deh hampir 12 Euro sendiri (kurleb Rp187 ribu). tapi apa boleh baut demi memperbaiki keadaan kulit kepala. nyampe rumah langsung cuci rambut dan mulai terasa perubahannya, alhamdulillah. klaim produknya sbb:

  • mengurangi rasa gatal dgn menthol dan ekstrak khusus tumbuhan
  • melindungi kulit kepala dgn minyak dari tumbuhan yang ada didalam linoleic acid
  • meningkatkan kelembaban kulit kepala dan mengurangi kekeringan pada kulit kepala
  • pH 5,5
  • tanpa silikon, mineral oil, paraben dan cocamidopropyl betaine