Diposkan pada Work Life

update perjanjian kerja

kalo yang ini saya update soal situasi dan status kerjaan saya di rs.

pertama situasi di rs. selama musim panas kemarin bagian bedah dimana saya bekerja sempat rada-rada gonjang-ganjing karena dokter kepalanya, seorang profesor ahli bedah bariatrik terkenal, yang juga presiden IFSO, federasi asosiasi nasional ahli bedah bariatrik memutuskan untuk pindah ke klinik sana di offenbach. artinya dokter-dokter dan juga pasien-pasien profesor ikutan pindah, pasien-pasien tajir majir yang kebanyakan datang dari timteng. keresahan dan pertanyaan-pertanyaan seputar bagaimana dampak kepindahan prof. tsb. untuk bagian bedah, dokter-dokter mana aja yang ikutan profesor dan tentu saja siapa kandidat dokter kepala yang baru.

buat gambaran aja bedah bariatrik ini dibagian kita baru ada setelah jaman profesor, sebelumnya cuma bedah tulang dan abdomen aja. nah beberapa waktu yang lalu dokter kepala yang baru sudah keliling dan memperkenalkan diri, dokter spesialis onkologi. infonya udah dari sebulan sebelumnya. ini juga gak kurang ramenya, apakah nantinya klinik bedah kita menangani onkologi juga. para suster bereaksi negatif gak setuju karena nol pengalaman berurusan dengan kemo dan juga tidak mau berurusan dengan kemo. bagian bedah abdomen dan ortopedi sendiri tidak terkena efek kepindahan profesor. untuk bagian bedah bariatrik walau tidak seheboh sebelumnya dilanjutkan oleh dokter lain. dokter kepala yang baru efektif mulai bekerja awal bulan depan.

saya sendiri tidak mengurusi pasien obesitas tapi bersyukur aja dengan bedolnya pasien-pasien dengan berat ratusan kilo ini. walau tidak sering terjadi, kalau rekan lain sedang benar-benar overload, bagian lain harus paling tidak menanyakan apa yang diperlukan pasien kalau melihat bel dari kamar ybs tidak ada yang menjawab. OMG, persentuhan yang cuma sesekali ini sudah cukup memberikan pengalaman kurang menyenangkan. perlu background psikiatri atau psikologi untuk bisa menghandle pasien-pasien dengan kelebihan berat badan ekstrim ini.

***

hal lain soal kontrak pertama saya di rs yang berakhir tanggal 31.12.2014 yad. masa percobaannya sendiri sudah lewat juni kemarin dan lulus. untuk perpanjangan kontrak berikutnya harus ngelamar lagi selambat-lambatnya tiga bulan sebelum masa kontrak berakhir. tapi buat jaga-jaga gak kelewat bulan agustus saya udah masukin lamaran alias kecepetan satu bulan. akhir bulan agustus saya mendapat jadwal interview dengan Pflegedirektorin. kali ini sendiri gak didampingi bos. gak lama hanya 20 menit saja. sebelum mengakhir pembicaraan beliau mengatakan kalau tidak melihat halangan untuk memberikan unbefristete Arbeitsvertrag untuk saya. saya hampir tidak mempercayai pendengaran saya karena tidak memperhitungkan sekali kalau langsung dapat permanen tapi saya malu untuk menegaskannya kembali. nyampe rumah suami pun sempat geleng-geleng kepala. besoknya saat diselamati bos dan teman-teman baru deh saya benar-benar percaya, alhamdulillah. normalnya perpanjangan kontrak satu tahun dulu, tahun berikutnya kalau semuanya ok baru dapat permanen.

***

 

2014-11-12 10.43.55untuk pendidikan tambahan yang diadakan rs, dari awal sebetulnya saya udah boleh ikutan tapi males karena rata-rata kursusnya setelah jam kerja. saya ngantukan orangnya, tema-tema kering membuat saya harus berjuang membuka mata. tapi setelah lulus masa probation sukar untuk menghindar karena beberapa kursus wajib harus dihadiri, oalah… tapi yasut setiap selesai selalu dapet sertifikat. lumayan bisa dikoleksi selain tentu poin-nya. tapi kemarin saya gak ngatuk deh karena temanya lumayan masih hangat, ebola. rs kita gak jauh-jauh amat dari airport jadi kemungkinan pasien ebola dilempar ke rs ada. ngeri amat mudah-mudahan aja gak kejadian, alamat bisa-bisa gak bisa pulang ke rumah.

***

 

2014-11-09 12.27.08dari semuanya yang saya hepi banget bisa mengajukan dan mengatur sendiri jadwal cuti yang saya inginkan. begitu ada info permohonan cuti udah bisa dimasukin dari awal november kemarin wah langsung deh tak masukin karena memang suami dan saya udah selesai mlototin cuti tahun depan. mudah-mudahan aja langsung disetujui.

oh ya jadwal libur sekolah dan libur resmi di jerman agak berbeda tergantung Bundesland masing-masing. berhubung saya tinggal di Hessen maka saya memilih kalender Hessen. untuk cuti sebisanya kami memilih menghindari tanggal libur sekolah dan tanggal libur resmi. dimana-mana kalau hari libur sama aja, semuanya jadi mahal dan apa-apa susah dibooking dadakan mesti jauh-jauh hari. belum lagi di jerman hari minggu dan tanggal merah gak ada yang buka. biar gak kecele ada baiknya cek ricek libur sekolah dan tanggalan merah masing-masing daerah. caranya mudah sekali:

1. unduh link ini atau kopi alamat http://schulferien.org/kalender_drucken/ dan pilih „Kalender Download NEU”

2014-11-12 18.34.49

2. klik gambar kalender di samping kiri tulisan „Jahreskalender”

2014-11-12 18.36.13

3. pilih opsi yang ingin ditampilkan di kalender seperti tahun, kalendernya dimulai dari bulan apa, pilihan apakah satu halaman untuk satu tahun, setengah tahun atau empat bulan; apakah dengan libur sekolah atau tidak, Bundesland yang diinginkan (bisa satu atau lebih),  apakah info libur sekolahnya mau lebar atau kecil, apakah plus hari libur resmi, apakah dengan info minggu keberapa dan info tentang fase terang bulan. setelah selesai tekan „jetzt PDF erstellen

2014-11-12 18.38.45

 

4. lanjutkan dengan memilih „Kalender konstenlos herunteladen

2014-11-12 18.39.01

5. taraaa langsung jadi dan tinggal diprint (warna hijau adalah libur resmi sekolah di Hessen tahun 2015)

2014-11-12 18.39.32

ngomong-ngomong soal cuti beda banget dengan cara cuti saya di indonesia dulu. dulu semasa kerja di jakarta gak pernah ngerasain yang namanya bisa masukin draft cuti. yang bisa cuti lama cuma bos-bos asingnya aja. kalo anak buahnya, gak manager gak yang dibawahnya cuma kebagian cuti bersama lebaran. sisanya rebutan ngambil cuti tanggal kejepit, cuti ngambil tiga hari tapi bisa 7-8 hari libur. bisa dapet cuti seminggu diluar hari sabtu minggu aja udah bagus, itu aja boss mesti pake cemberut ngasihnya. libur sekolah jangan ditanya, emak-emak yang punya anak masih sekolah suka egois selalu minta diprioritasin gak peduli yang singel juga kepengen libur. tapi itu dulu, kalo disini cuti itu hak. mau rencana ngambil cuti tinggal diajukan jauh-jauh hari. karena saya kerja di rs yang tidak mengenal hari libur, maka khusus hari-hari libur keagamaan seperti paskah, natal dan tahun baru harus gantian liburnya. kalau tahun kemarin udah dapet libur paskah, tahun depan giliran rekan kerja lainnya.

Iklan
Diposkan pada Work Life

welcome day for new employees

2014-03-20 18.13.49

yang tersisa dari acara penyambutan karyawan baru tgl 20 maret yal. waktu cepat sekali berlalu tau2 udah ditengah2 masa percobaan kerja saya di rs yang berakhir juni mendatang. acaranya padat dari jam 9.30 s.d. 16.15 dan dibuka oleh direktur rs, termasuk dua kali rehat kopi dan makan siang serta keliling rs. lumayan banget jadi lebih mengerti hal2 yang berkaitan dgn DGD selain jadi mengenal kolega2 lain dari rs yang sama  dan klinik2 dari kota lainnya yang masuk kedalam jaringan DGD. btw acara pembukaan sempat ditunda 15 menit karena beberapa peserta datang terlambat akibat mogok bersama para supir2 di Frankfurt dan sekitarnya.

***

pagi2 udah kena „lebih baik bertanya daripada sesat di jalan“. setelah santai2 merapikan diri, pake pede dan gak nanya2 lagi langsung menuju ruang konferensi yang ada disebelah kantin menggunakan lift khusus transportasi pasien. di lift ketemu dgn dua kolega saya krn liftnya naik kelantai empat dulu.

-loh kog ada disini Schatzilein?

+iya mau kebawah ikutan acara penyambutan.

-emang tempatnya dimana?

+di Konferenzraum im Park.

-ealah bukan di gedung ini sayang, di belakang flat susteran.

+hah yang bener?? (sambil ngliatin jam dan hanya punya waktu lima menit lagi sebelum acara dimulai)

setelah mendapat informasi jalan terpendek utk nyampe ketempat acara, dengan tergesa2 saya melewati pintu belakang rs yang dulunya adalah pintu utama rs. nyampe di kompleks susteran sempet binun gak keliatan tanda ruang konferensinya ada dimana. untung banget gak lama lihat bapak2 yang pagi2 udah asyik moto2. yasut daripada salah jalan mendingan sekali lagi nanya. eh kog ya si bapak adalah salah satu pengisi acara, jadilah sambil ngobrol2 kita bareng2 ketempat yang dituju. nyampe disana gak telat karena acara ditunda 15 menit menunggu rekan2 lain yang terlambat krn kesulitan akibat mogok masal angkutan umum yang berlangsung tiga hari berturut2 di Frankfurt dan sekitarnya.

***

oh ya untuk masa percobaan ini saya mendapat satu bundel dokumen utk keperluan tiga kali evaluasi *lieur euy bacanya* yang pertama dan kedua sudah lewat, tinggal satu lagi akhir bulan mai ini. feedback gitu, protokol penilaian, kritik dan saran dari para kolega. dan juga sebaliknya. alhamdulillah sejauh ini baik2 saja, mal schauen.

Diposkan pada Work Life

perjanjian kerja

kalo yang ini apdetan dari perjanjian kerja yang saya tandatangani tgl 30 hari senin kemarin. janji dengan bagian personalnya jam 3 siang. jam dua lewat sedikit saya udah nyampe di frankfurt. lumayan bisa belok sebentar beli sedikit hadiah untuk tahun baruan. cuaca cerah banget biar kurang dari 10 derajat tapi matahari bersinar dengan cerianya. sekitar 14.45 saya udah diatas jembatan Eiserner. langit yang jernih membuat saya tidak bisa menahan keinginan untuk berhenti sejenak untuk menikmatinya. yang ada habis itu lari2 kecil menuju rs. setelah merapikan diri sekedarnya saya lapor diri ke bagian resepsionis kalau ada janji dengan Frau K.  oleh resepsionis diarahkan ke gedung yang sama dengan gedung direksi. sisa waktu yang ada saya gunakan untuk memastikan ruangan Frau K. ada dimana. dua menit sebelum jam tiga saya baru deh ngebel pintu masuk ke ruangan direksi rs dan Frau K sudah menunggu didepan pintu ruangannya…

***

setelah bersalaman dan saling memperkenalkan diri, Frau K. setelah membantu saya melepas jaket dan beliau mengatakan akan menggantungkan jaket saya. waduh jadi gak enak bodi. saya menolak secara halus, keluar lagi dan menggantung sendiri jaket ditempat yang telah disediakan gak jauh dari ruangan Frau K. sudah itu baru deh saya dipersilahkan duduk. Frau K. sudah mempersiapkan segalanya dengan detail sekali. rapi banget, perjanjian kerjanya ditempel satu2 di map tebel. dan bener aja belakangan pas saya hitung jumlah lembarannya nyaris tiga kali lipat dari perjanjian praktek kemarin. pertama2 Frau K menyerahkan surat keputusan gaji sesudah itu saya diminta untuk membaca perjanjian kerja, melengkapi data yang diminta dan dipersilahkan bertanya kalau ada yang tidak jelas. sambil mengarahkan saya ketempat dimana saya bisa membaca dan melengkapi dengan tenang berkas yang diberikan.

catatan: Vollzeit aatau full time disini hitungannya 39 jam/ minggu atau kurang dari 8 jam per hari.

***

ternyata memang ada beberapa yang harus saya tanyakan dulu. setelah menandatangani dan melengkapi yang bisa saya lengkapi sendiri saya kembali ke ruangan Frau K. baru deh yang kurang2 sambil dijelaskan oleh Frau K saya lengkapi satu2. sesudah itu Frau K menyerahkan berbagai brosur yang berhubungan dengan pekerjaan dan jaringan rumah sakit ditempat saya bekerja.

soal gaji saya gak tanya2 lagi karena memang transparan ada daftarnya sendiri untuk pekerjaan yang sifatnya publik, sebut saja mulai dari cleaning service, orang2 yang bekerja di dapur, pekerja sosial, sales, perawat, pendidik, IT, akuntan sales dan masih banyak lagi s.d. tingkatan direktur. daftar gaji dokter juga bisa dilihat disini *kewl* 😀 oh ya daftarnya secara umum dibagi tiga bagian yaitu: Einarbeitungsstufe, Basisstufe dan Erfahrungsstufe 1 & 2. hal lain ada perbedaan tarif antara jerman barat dan mantan negara federal eks jerman timur. karena saya tinggal di negara federal Hessen, yang tercantum disini adalah tarif yang berlaku di jerman barat.

***

2013-12-31 11.44.30

kalo yang ini adalah daftar cuti utk yang kerjanya lima hari seminggu dan enam hari seminggu. 

***

2013-12-31 11.56.58

hal lain ternyata ada tambahan otomatis uang pensiun yang ditanggung oleh rs 🙂

Diposkan pada Season & Weather, Work Life

hari pertama di rs

2012-12-17 13.21

hari pertama di rs berjalan dengan lancar, start-nya soft. salah satu keuntungan mulai kerja ditengah2 minggu yang juga kebetulan hari libur awal tahun.  plus dapet dispensasi boleh datang agak siang. gak siang2 amat sih, jam 7.30. gak enaknya jadi gak bisa begadang aja selain berhubung musim dingin jam segitu masih gelap gulita. 

***

ya gitu deh selama perjalanan ke rs jadi menyaksikan segala atraksi orang2 yang baru selesai merayakan tahun baru. mulai dari polisi2 yang meregistrasi para pembuat onar, pasangan yang lagi ribut tanpa ada yang mau mengalah, orang2 yang jalan aja udah gak lurus dan tentu saja sampah. sempet lihat petugas kebersihan dari sepagian mulai bersih2. tapi sampe saya balik lagi sampah2 masih bertebaran dimana2. pemandangan yang tidak biasa. tapi bisa dimaklumi deh mesti petugas kebersihan juga kepengen tahun baruan 😀 ditambah biar udah siang sesekali dari kejauhan masih terdengar bunyi ledakan petasan.

Diposkan pada Work Life

Vorstellungsgespräch

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

sebenarnya kalo ngikutin jadwal aja, saya libur tiga minggu dari tempat kursus s.d. minggu depan. tapi karena saya sudah memutuskan untuk melakukan hal lain jadilah selama libur menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan hal satu ini dan tentu saja hal2 lain yang tidak sempat saya kerjakan ketika sekolah.

***

lima hari setelah meninggalkan berkas lamaran di bekas tempat praktikum, saya diimel oleh sekretariat Pflegedirektorin untuk mengatur jadwal wawancara dengan Frau L. berhubung udah kesorean besokannya baru saya telefon dan dapat jadwal untuk tanggal 17 desember jam 13.30. sehari sebelumnya saya sudah menyiapkan diri dengan beberapa pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan.

setengah jam sebelum jadwal yang diberikan saya sudah sampai ditempat. kesempatan ini saya pakai untuk menenangkan dan merapikan diri. lima menit sebelum jadwal baru saya info resepsionis disana kalau ada janji dengan Frau L. oleh resepsionis saya diarahkan ke gedung B. sampai di lantai dimana ruangan direktur berada seperti biasa terkunci dan harus pake ngebel dulu baru dibukain. Frau L. sudah menunggu dipintu ruangan kerjanya, menyalami saya, meminta saya utk menggantungkan jaket ditempat yang disediakan dan mengatakan kalau beliau akan kembali menjemput saya. heheheh gak seserem yang saya pikir ternyata, malah lebih deg2an urusan sama sekretarisnya 😀

wawancaranya berlangsung selama tiga puluh menit. beliau terkesan dengan daftar riwayat hidup saya dan bertanya sudah berapa lama tinggal di jerman. pertanyaan selanjutnya adalah kenapa saya pindah ke eropa. setelah mendengar penjelasan saya beliau mengatakan sudah mendengar cukup banyak dari Frau R., kepala bagian ditempat saya praktek dan menanyakan apakah betul saya ingin mulai tgl 1 januari mengingat kursus bahasa jerman saya baru selesai bulan februari. pertanyaan yang sudah saya perkirakan sebelumnya. dengan hati2 saya utarakan kalau saya sudah menyelesaikan kursus B2. kursus yang sekarang ini saya ambil untuk belajar lebih lanjut bahasa yang digunakan di dunia kerja yang sayangnya terlalu umum. dan mengatakan kalau saya justru dalam kurun waktu empat minggu praktek belajar jauh lebih banyak kata2 yang berkaitan dengan bidang saya. Frau L. sepertinya memahami penjelasan saya dan bertanya kemungkinan saya bekerja sambil menyelesaikan kursus. saya jawab kalau saya ingin konsentrasi mengerjakan satu hal saja dan dengan jujur saja mengatakan kalau saya tidak kuat kalau harus menjalani dua hal dalam satu hari sambil menjelaskan juga kalau selama kursus saya hanya kerja ekstra dua jam per hari di pabrik jadi tidak menganggu pelajaran. 

-ok, saya kira tidak ada yang menghalangi anda utk bisa bekerja ditempat kami. perjanjian kerja pertama disini adalah untuk satu tahun. kalau semuanya ok, perjanjian kerjanya diperpanjang lagi satu tahun. tahun ketiga baru anda mendapat status permanen. berhubung kami masih menyiapkan perjanjian kerja anda, saya akan berikan surat keterangan dulu bahwa anda akan bekerja ditempat kami. hal yang saya bisa pahami krn perjanjian praktek aja sebelas halaman sendiri. Frau L. menelepon sekretarisnya untuk menyiapkan surat keterangan tsb dan meminta saya untuk menyelesaikan urusan saya dengan sekolah. dilanjutkan dengan info2 seputar kewajiban dan hak2 saya sebagai pegawai disana, diantaranya hak cuti 29 hari *horeee* tapi sayang seperti umum berlaku baru bisa diambil setahun kemudian… 

2013-12-25 13.05.55

sampai selesai gak ada omong2an soal gaji dan saya sendiri tidak buka front menanyakan soal ini krn saya akan mendapat satu termin lagi untuk tanda tangan perjanjian kerja yang notabene jatuhnya hari ini jam 15.00. wawancara dengan Pflegedirektorin ini adalah untuk penentuan untuk diterima atau tidaknya lamaran kita aja.

***

2013-12-25 12.55.27dua hari setelah wawancara, dari bagian personal telefon saya untuk jadwal tanda tangan perjanjian kerja dan dokumen2 yang harus saya siapkan. pas terima telefon berisiknya minta ampun krn waktunya istirahat pertama. sesaat setelah menutup pembicaraan saya kog jadi ragu sendiri, apa iya janjinya tgl 23. mati deh gw. gimana caranya ya nanya lagi tapi gak pake malu2in gak kopi begini. akhirnya saya putuskan besoknya telefon lagi. caranya dgn bertanya apakah surat keterangan dari asuransi kesehatan bisa disusulkan kalo sampe jadwalnya tanda tangan suratnya belum sampe. jawabannya boleh dan sebelum tutup telepon saya bilang kalo mau nyocokin jadwal interview kita, ternyata beneran salah. yang bener tgl 30 desember hahahahah tuh kan beneran salah.

akibat bahasa jerman yang antik, soal angka tetep aja sampe sekarang bikin kagok. gimana gak kagok, sebagai contoh aja ya 31 dalam bahasa kita adalah tiga puluh satu. nah kalo bahasa jerman satu-nya yang disebut duluan baru angka tiganya, einunddreißig! kenapa jadi salah krn saya berusaha mendengar angka yang disebut duluan dan jadi kehilangan konsentrasi begitu gak denger angka keduanya *tobaaat*

1. Sozialversicherungsausweis

2013-06-25 18.49.47

2. Ausweis: saya bawa dua2nya paspor dan Aufenthaltstitel

3. Steuer Identifikation Nummer

4. Mitgliedsbescheinigung der Krankenkasse: kalo selama ini asuransi kesehatan saya nempel sama suami, terhitung tgl 1 januari saya punya jaminan kesehatan sendiri. suami telefon aok dan info soal ini, besokannya saya terima surat keputusan plus formulir yang harus diisi menyangkut perubahan status keanggotaan tsb.

5. Ijazah asli

***

2013-12-25 12.54.33hal lain yang saya siapkan adalah akun bank. selama ini krn saya belum kerja betulan plus pertimbangan sayang uang iurannya, kartu saya cukup nempel kartu suami aja. nah sekarang udah waktunya punya akun sendiri. setelah diskusi dengan suami dan dipikir panjang pendek akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan Deutsche Bank saja. formulirnya ngambil dari site Deutsche Bank (Eroffnung einer Bankverbindung), habis itu verifikasi di Postbank. saya pilih db AktivKonto, yang iuran per bulannya 4,99 Euro.

sehari setelah verifikasi dengan Postbank, saya ditelefon oleh Beraterin dari db. judulnya tetep harus mampir untuk verifikasi Ausweis dan juga surat keterangan kerja. ditanya2 juga apa ada rencana beli rumah dan juga nanti kalau pensiun tetep tinggal di jerman atau gimana. pertanyaan yang jadi bikin penasaran, yang keluar jadinya begini: -rumah tidak krn kami tidak punya anak bersama, soal tinggal disini setelah pensiun? tentu dong suami saya kan orang jerman. Beraterin saya menanyakan gaji saya berapa. berhubung saya belum tahu akhirnya dia mengambil random gaji standar dan setelah menghitung umur dan masa kerja saya s.d pensiun nanti dia mengatakan kalau nanti pensiun saya akan terima setengah dari gaji yang sekarang. artinya saya harus membuat esktra asuransi pensiun kalau ingin hidup layak sbg pensiunan disini…

Diposkan pada Kursus Bahasa Jerman, Work Life

Praktikum & Anerkennung

2013-12-08-01berikut adalah terusan tentang tulisan praktikum beberapa waktu yal (tulisannya bisa diunduh disini). alhamdulillah kamis minggu lalu praktikum di rs-nya selesai juga. empat minggu adalah waktu yang sangat singkat utk sebuah praktikum. kesempatan yang betul2 saya manfaatkan semaksimal mungkin. sangat menguras pikiran sebetulnya (baca: kemampuan berbahasa) untungnya personal di rs katolik ini rata2 baik dan banyak membantu. terjun langsung begini memang membuat progress kemampuan berbahasa berlangsung lebih cepat 😀

***

berhubung waktunya mepet, hari terakhir saya putuskan untuk bawain praline aja dan kartu ucapan terima kasih. siangnya pas lagi dengerin report, Abteilungsleiterin-nya telefon. selain membicarakan hasil praktikum dan menyerahkan surat keterangan soal sepatu kerja *cihuiii* bos bagian bedah yang cantik ini menanyakan rencana saya kedepan. saya jawab setelah menyelesaikan kursus bahasa februari tahun depan saya ingin bekerja. dan menambahkan kalau boleh kepengen ngelamar disini. sebenarnya saya udah tau kalau bos akan menanyakan soal ini krn beberapa kolega info kalau mereka merekomendasikan saya kpd sang bos. hal yang membuat saya sempat tidak mampu berkata2 dan terhura sekali. hari rabunya mereka sempat2nya mengingatkan kembali utk menyiapkan berkas lamaran.

gak berpanjang2 sang bos menanyakan apakah saya membawa berkas lamaran. langsung aja berkas lamaran yang sudah saya siapkan dari kemarin tsb saya serahkan. setelah selesai melihat2 berkasnya, sang bos memberitahu kalau mereka akan mengirimkan jadwal interview saya dgn Pflegedirektorin dan saat interview nanti dia akan mendampingi saya…

***

oh ya ngomong2 soal praktikum beberapa kali saat Pause saya dengar kalau tahun depan keluar peraturan baru soal praktikum. bukan rahasia lagi kalau praktikum banyak disalahgunakan pemberi kerja utk memanfaatkan para praktikan. entah itu tanpa bayaran sama sekali atau kalaupun praktikan mendapat kompensasi nilainya gak cukup utk hidup mandiri standar disini. balik2 lagi selain gak mudah menemukan tempat praktek, kalaupun ada yang bersedia memberikan tempat praktek, kerjaan pemberi kerja jadi bertambah. mereka harus bikin program karena praktikan tidak boleh menggantikan posisi personal yang ada. hal lain diakhir masa praktek mereka harus memberikan penilaian. disisi lain praktikum dijadikan pemberi kerja sebagai salah satu cara untuk rekrut pegawai baru.

dalam kasus saya, saya tidak merasa dimanfaatkan krn diakhir masa praktek saya diminta utk melamar. lamaran yang notabene hanya formalitas saja. mungkin kalo cuma dapat ucapan terima kasih aja dan tschüss lain lagi ceritanya. oh ya sistem pendidikan di jerman mementingkan sistem duale Ausbildung, tidak hanya teori saja tapi prakteknya juga. soal ini pernah saya tulis disini.

***

balik ke soal sepatu, saya senang sekali akhirnya bisa mendapatkan selembar surat sakti untuk sepatu yang saya beli disini ini. maklum dari sekolah infonya gak ada budget. setelah sempat berargumentasi soal ini, akhirnya pihak sekolah bilang mereka akan mengganti biaya pembelian sepatu saya asal ada surat soal ini dari rs.

***

sertifikat pengakuan dari Regierungspräsidium Darmstadt
sertifikat pengakuan dari Regierungspräsidium Darmstadt

hal lain permohonan Anerkennung yang saya ajukan ke Regierungspräsidium Darmstadt keluar juga setelah sempat dua kali mengirimkan persyaratan tambahan *alhamdulillah* proses di Darmstadtnya sendiri memakan waktu sebulan. kalo ditambah urusan terjemahan, legalisir di notaris dan mengurus surat2 lainnya total2 jadi 1½ bulan.

***

kelengkapan pertama saya kirim akhir oktober. gak lama setelah itu saya terima surat kalau Präsidium Darmstadt bisa memberikan izinnya dengan catatan saya harus melengkapi dulu persyaratan2 sbb:

  • sertikat integrasi
  • surat kelakuan baik dari polisi,
  • form surat pernyataan dari Darmstadt untuk saya ttd, yang menerangkan bahwa saya tidak pernah terlibat kejahatan atau pernah dihukum
  • form surat sehat yang harus di ttd Hausarzt

2013-12-08-09untuk surat sehat wah pikiran saya harus bayar lagi nih ternyata enggak. maklum berselang tidak lama sebelumnya saya pernah bikin surat sehat juga sebagai kelengkapan sebelum memulai praktikum. kelengkapan persyaratan kedua ini kecuali surat kelakuan baik dari polisi saya kirimkan pertengahan november. untuk surat kelakuan baik dikirimkan oleh Ordungsamt langsung ke Darmstadt.

eh gak lama dapet surat lagi kalau fotokopi sertifikat integrasinya  gak berlaku dan harus dilegalisir di notaris. halaaah sama sekali gak inget kopi apapun yang dikirim ke pejabat disini harus dilegalisir. jadilah saya ke notaris lagi dan dikenakan biaya €23,80 (Rp390,010). kelengkapan ketiga ini saya kirimkan tanggal 26 november.

tagihan dari Darmstadt-nya
tagihan dari Darmstadt-nya

eh cepet loh awal desember sertifikat pengakuannya udah nyampe ditangan plus tagihan €150 (Rp2,458,220) yang harus dilunasi selambat2nya sebulan setelah surat keputusan dikeluarkan. buat catetan aja urusan apapun disini tidak ada yang gratis. tetep garing tapi gak plus sakit hati krn memang resminya segitu.

Diposkan pada Kursus Bahasa Jerman, Work Life

Praktikum

Praktikum empat minggu adalah salah satu program yang menjadi bagian dari mengikuti kursus berufsbezoger Deutsch. nah prakteknya dimana harus cari sendiri. proses mencari tempat praktek disini persis seperti proses mencari kerja biasa. buat amannya dari awal kursus dimulai saya sudah bergerak mencari tempat praktek. total2 ada tiga lamaran.

lamaran pertama, lamaran on-line sebentar aja langsung terima penolakan secara on-line juga. alasannya sih lamaran harus dikirim sembilan bulan sebelum praktek dimulai. ada lagi wong kursusnya aja cuma enam bulan.

lamaran kedua, lamaran on-line juga tapi akhirnya saya kirim per pos. jadilah lamarannya utuh balik lagi plus memo kalau ngelamarnya harus on-line dan saya diminta utk melamar kembali. duh capek deh, pusing ngisi detailnya terutama bagian2 yang harus mengisi nilai sesuai versi jerman (makin kecil angkanya makin canggih) tapi yaitu pas mau di-save gak ke-save2 krn ada bagian yang belum terisi dgn benar *gariiing*

nah lamaran ketiga adalah lamaran konservatif alias harus lewat pos biasa. lamaran yang tadinya hanya buat jaga2 aja tapi malah mendapat tanggapan positif. saya diminta untuk menelepon utk menyesuaikan jadwal interview dan alhamdulillah bisa mendapatkan tanggal dan jam yang saya inginkan yaitu seusai jam kursus, hari jumat tgl 11 oktober. di minggu yang sama dgn info kesediaan mereka utk menerima lamaran tempat praktikum. saya ditempatkan di klinik bedahnya di lantai empat. rumah sakit yang diawal masa berdirinya tahun 1895 merupakan klinik swasta pertama di eropa khusus untuk penderita penyakit gula. sampai sekarang klinik gulanya eksis tapi plus klinik2 lainnya juga.

***

interviewnya berlangsung selama 30 menit lebih. Abteilungsleiterinnya sudah menyiapkan selembar daftar berisi hal2 yang harus saya ketahui sebagai Praktikantin. sesudah itu saya boleh pilih menandatangai perjanjian yang terdiri dari 12 halaman saat itu juga atau boleh baca2 dulu dirumah habis itu ttd dan kirim kembali dokumennya. saya pilih ttd saat itu juga, satu set utk mereka dan satu set utk saya. hal lain berhubung rumah sakit ini rumah sakit katolik, gak usah heran sering papasan dengan suster2 seperti di film sound of music. mana mereka menenteng keranjang rotan yang kerap dipake buat belanja orang sini, lengkap sudah 😀

***

salah satu persyaratan praktek di rs adalah adalah bukti telah melakukan suntik anti hepatitis b dan surat keterangan berbadan sehat. untuk surat keterangan berbadan sehatnya harus dari Hausarzt, biayanya €5 (Rp77,494). suntik hepatitis b disini total biayanya €240 (Rp3,747,078). biaya tsb sdh termasuk biaya suntik di Praxis Hausarzt. waduh mahal juga mana gak ditanggung Krankenkasse pula. kalau saja prakteknya enam bulan biaya suntik hepatitis ditanggung rumah sakit. jadi mau gak mau harus saya bicarakan dgn Frau A di StartHaus. iya dong ini kan bagian dari kursus yang tengah saya jalani, mesti ada dananya dari mereka. ealah gak semudah itu juga ternyata, saya diminta membicarakannya dgn Beraterin di Arbeitsamt yang ternyata juga tidak mau bertanggung jawab. Arbeitsamt bersedia menanggung seluruh biaya suntik hepatitis b yang terdiri dari tiga bagian tsb hanya kalau saya keterima kerja. halaaah ada lagi, asli deh hari itu saya merasa dipimpong. hasil pembicaraan tsb saya laporkan kepada Frau A sambil agak2 bertaring. tapi Frau A menolak permohonan saya krn menurut dia jatah untuk saya sudah terlalu kebanyakan sambil menyebut2 sepatu yang saya beli beberapa waktu yang lalu (ceritanya bisa diunduh disini). berhubung saya murid yang baik heheheh, sekalinya protes Frau A jadi agak2 gimana gitu. besokannya dia nyamperin saya lagi , -ok tolong nanti kwitansinya diserahkan kepada saya biar diproses 😀 nah gitu dong, bukannya dari kemarin2 aja.

***

jadwal shift pagi dari jam 6-14. berhubung hari pertama saya mendapat dispensasi untuk mulai jam delapan pagi. salah satunya krn harus ketemu bagian personal dulu utk mengurus dulu tanda nama, kartu makan di kafetaria personal dan ngepas baju. oh ya berhubung praktek sebulan disini gak ada duitnya, oleh rs saya diberi fasilitas makan gratis di kafetaria mereka dgn jatah sebesar €6 (Rp93,007) utk dua kali makan, lebih dari itu harus bayar selisihnya. utk kartu kafetaria ini harus deposit €10. uang deposit dikembalikan diakhir masa praktek saat kita mengembalikan kartu tsb di Automat.

***

pemandangan dari dalam rumah sakit

***

ondewe home....
ondewe home….

setelah sempet deg2an alhamdulillah hari pertama berlalu juga… 😀

Diposkan pada Work Life

cara mengurus pengakuan ijazah dan pekerjaan di jerman

Berufliche Anerkennung ist die Bewertung und – bei positiver Entscheidung – Bestätigung der Gleichwertigkeit eines ausländischen beruflichen Abschlusses mit dem entsprechenden deutschen Ausbildungsnachweis. In einem formalen Bewertungsverfahren wird der ausländische Abschluss anhand festgelegter formaler Kriterien, wie zum Beispiel Ausbildungsinhalt und -dauer, mit einem deutschen Berufsabschluss verglichen. Das Ergebnis dieser Gleichwertigkeitsprüfung wird durch einen Bescheid festgestellt, der den Antragsteller rechtlich mit Personen gleichstellt, die einen entsprechenden deutschen Berufsabschluss besitzen.

salah satu fasilitas yang diberikan disaat mengikuti program ESF ini adalah konsultasi dan follow-up pengurusan pengakuan ijazah dan pekerjaan yang pernah kita tekuni sebelumnya. apakah ijazah dan pekerjaan tsb bisa diakui setara dgn lulusan di jerman atau hanya diakui sebagian saja atau sama sekali tidak diakui.

pekerjaan2 yang bisa diurus pengakuannya tsb dibagi menjadi dua: 

  • yang pertama adalah Ausbildungsberufe yaitu pekerjaan2 yang sifatnya duale System (teori dan praktek) seperti sales, tukang roti, tukang potong rambut dsb. daftar dan info selengkapnya bisa diklik disini
  • yang kedua adalah reglementierten Berufen yaitu profesi2 yang memiliki peraturan2 tersendiri seperti dokter, pengacara, notaris, guru dll. daftar selengkapnya bisa diunduh disini

***

kalau ditanya2 sih sebetulnya saya tertarik juga untuk melakukan hal baru. tapi mengingat persyaratannya terutama tingkatan bahasa, lamanya pendidikan, belum lagi ngebayangin pusingnya ngerjain tugas dalam bahasa yang belum saya kuasai sepenuhnya, akhirnya saya putuskan utk mengajukan permohonan pengakuan ijazah dan pekerjaan sebelumnya saja. sebagai catatan saya tidak menggunakan ijazah dari indonesia, melainkan ijazah yang pernah saya peroleh di negara dimana kami menetap sebelumnya. prosesnya terus terang ribet tapi tidak serumit teman2 yang berasal dari negara2 non eropa barat dan non-EU.

***

2013-10-13 16.02.59persyaratannya apa saja, daftarnya panjang. tapi oleh Berater ditempat kursus saya hanya ditandai beberapa saja:

2013-10-13 13.19.47yang pertama: form permohonannya (dari tempat kursus)

kedua: Anmeldebestätigung dari Einwonermeldesamt

ketiga: awalnya hanya kopi Heirtasurkunde saja (sertifikat pernikahan) tapi kemudian diikuti oleh kopi Namensänderung (kopi keterangan perubahan nama)

keempat: kopi Personalausweis atau paspor (saya dua2nya)

2013-10-13 13.20.09kelima: Lebenslauf (CV) → dari tempat kursus

keenam: terjemahan ijazah dan dokumen2 lain yang relevan. berhubung yang dikirim nantinya hanya kopi terjemahan, maka hasil terjemahan harus dilegalisir di notaris dulu.

***

soal penterjemahnya dimana, infonya saya dapat dari Berater ditempat kursus. Berater ini meminta kopi semua dokumen yang akan diterjemahkan, total ada tujuh halaman. gak lama setelah itu saya mendapat tiga penawaran berbeda. buset deh penawarannya bikin rambut keriting aja. penawaran yang akhirnya kami pilih tentu aja penawaran termurah yaitu €343,32.

belum lagi ditambah biaya legalisasi fotokopi terjemahan yang €59,50 . total2 semuanya jadi €402,82 (Rp6,138,495.47). mau gak mau saya harus membicarakan hal ini dengan Berater apa saya bisa mendapat bantuan soal biaya tejemahn ini. menurut Berater terjemahan tidak didanai ESF jadi harus tanya Arbeitsamt. biasanya setiap Arbeitsuchend mendapat budget tertentu s.d. mendapat pekerjaan termasuk didalamnya biaya untuk keperluan terjemahan. tapi Berater saya wanti2 jangan terlalu berharap karena gak jaminan bisa dapat bantuan. semuanya tergantung hasil verifikasi penghasilan pasangan. jawaban yang sama saya dapatkan dari Beraterin saya di Arbeitsamt, dia gak janji apa2 tapi meminta saya untuk mengajukan permohonan aja dulu. yah namanya juga usaha, paling tidak setengahnya deh.

***

penterjemahnya

***

2013-10-13 10.44.03setelah semua dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pengakuan ijazah dan pekerjaan tsb lengkap, saya kirim melalui pos tercatat ke Regirungspräsidium Darmstadt.

bersambung…

Diposkan pada Kursus Bahasa Jerman, Work Life

praktikum

Berliner Platz 4
Berliner Platz 4

program kursus bahasa jerman yang saya jalani hampir sebulan ini terdiri dari dua bagian yaitu: tiga hari utk bahasa jerman sehari2 dan dua hari utk bahasa jerman yang berkaitan dgn dunia kerja ditambah praktikum empat minggu di bulan november. salah satu manfaat praktikum adalah utk bisa mengenal lebih dekat pekerjaan yang sekiranya ingin kita lakukan dimasa akan datang. atau bisa jadi sebaliknya malah jadi kapok 😀  

nah tempat prakteknya sendiri tidak ditentukan dari sekolah melainkan cari sendiri. alasannya sederhana saja belum tentu apa yang disodorkan sekolah sesuai dgn keinginan. sempat cemas juga awal2nya tapi setelah dipikir2 iya juga. dengan catatan sekolah gak lepas tangan, tetap dibantu kalau sampai detik2 terakhir tdk menemukan tempat praktek.

berhubung waktunya udah mepet saya gak mau buang2 waktu. apalagi dengar2 kedua tempat yang saya inginkan, yang oleh krn alasan pemeriksaan keamanan, perlu waktu sekurang2nya dua bulan utk proses lamaran. jadilah kemarin seharian saya pakai utk keken2 website perusahaan tsb. wuih ternyata lebih ruwet dari yang saya perkirakan. yang tersedia hanya utk praktek minimal tiga bulan. untungnya setelah dikeken2 lebih lanjut ternyata tdk tertutup kemungkinan utk praktek selama empat minggu tapi utk bidang yang sifatnya projekt.

sayangnya yang berhasil saya lamar secara online hanya satu saja, satunya lagi tdk berhasil krn hanya bisa diakses kalau posisinya terbuka saja. akhirnya saya kirim per pos aja, walau gak ada omong2an boleh dikirim per pos.

biar ketentuan2nya saklek gak pesimis2 amat krn pengalaman pribadi tinggal hampir sepuluh tahun disini membuktikan orang2 yang berada dalam posisi menentukan spt ini tidak sekaku yang dikira. ada pertimbangan individunya juga, tidak langsung memadamkan semangat sso. yasut tinggal doa yg skrg hrs dikencengin… amin…

hal lain jaga2 biar gak kecewa2 amat seandainya lamaran nanti ditolak saya akan ngelamar ketempat2 lain juga, mal gucken…

***

2013-09-15-04

oh ya saat melamar online semua data yang diminta statusnya harus (√) semua, baru bisa dikirim. selain itu dibagian surat lamarannya pelamar diminta menulis mengapa ybs layak mendapat tempat praktek yang diinginkan.

***

yang cukup bikin kening berkerut adalah pada bagian pendidikan krn perbedaan sistem di jerman dan indonesia. contohnya Hauptschule, Realschule dan Gymnasium tdk bisa disetarakan dgn SD, SMP dan SMA di kita. akhirul kalam stl didiskusikan hasilnya sbb:

  • SD: Grundschule
  • SMP: Mittelschule
  • SMA: Gymnasium

dilamaran online saya tulis nama sekolahnya, tapi di Lebenslauf biasa hanya saya tulis sbb: katolische Grundschule, staatliche Mittelschule dst…

belum lagi harus milih yang namanya Abschlussnote.

  • 1,0 bis 1,5
  • 1,6 bis 2,0
  • 2,1 bis 2,5
  • 2,6 bis 3,0
  • 3,1 bis 3,5
  • 3,6 bis 4,0
  • schlechter als 4,0
  • Note (noch) nicht vorhanden

makin kecil Punkte-nya makin bagus nilainya.

***

pada bagian pengalaman kerja, selain detail dimana kita pernah bekerja juga diminta menulis dgn singkat tugas2 yang kita lakukan.

***

utk penjelasan tingkatan kemampuan berbahasa menggunakan referensi yang digunakan di eropa sbb:

  • A1: Grundkenntnisse
  • A2: fortgeschrittene Grundkenntnisse
  • B1: fließend
  • B2: verhandlungssicher
  • C1: muttersprachsnach
  • C2: Muttersprachler

detailnya bisa dilihat pada alamat sbb https://karriere.fraport.de/recruso/onbw?navigItem=popup&action=europreferenzerkl&jobID=0&benID=293707&jobErf=666666

***

begitu juga halnya dgn soal penjelasan tingkat kemampuan menggunakan berbagai program komputer:

  • keine Kenntnisse
  • ausbaufähig
  • anwendungssicher
  • Experte

***

2013-09-15-02

kalo yang ini hal2 yang dicantumkan dalam Lebenslauf versi sekolah saya:

  • Geburtsdatum
  • Geburtsort
  • Nationalität
  • in Deutschland seit
  • Familienstand
  • Beruflicher Werdegang
  • Schulabgang, Studium & berufliche Ausbildung
  • Weiterbildung
  • Sprachkenntnisse
  • EDV-Kenntnisse
  • Führerschein
  • Sonstige Aktivitäten/Ehrenamt
  • Interessen

tadinya saya pakai spasi 1.5 tapi jadinya tiga halaman. akhirnya tak kecilin spasinya biar muat jadinya dua halaman.

***

sama satu lagi foto. untuk Praktikant dan juga Aushilfe fotonya cukup foto standard ukuran 4x6cm.

saya tuliskan juga lain2nya, sbb:

  • ukuran 5x7cm : bagi yg ingin melamar tempat utk kuliah (Bewerbung um einen Studienplatz) atau tempat utk pelatihan pendidikan (Ausbildung).
  • ukuran 6x9cm: bagi pelamar yang baru saja menyelesaikan kuliah (Bewerbung nach dem Studienabschluss) atau bagi yang ingin ganti kerjaan (Berufswechsel).
Diposkan pada Work Life

minat vs IQ

selain mulai berpikir2 pekerjaan apa yang bisa dan ingin saya dapatkan, peserta kursus mendapat pr utk review Lebenslauf (daftar riwayat hidup) masing2. draft Lebenslauf saya sdh rapi sebetulnya tapi harus dimodifikasi sesuai daftar yang diberikan. judulnya sangat disarankan utk tidak lebih dari dua halaman saja. jadilah harus dipilah2 lagi mana yang relevan dgn pekerjaan yang diinginkan plus info waktunya harus konsisten, apakah DD/MM/YY atau MM/YY.

***

2013-09-09-01beberapa terpaksa buka2 file lama. jadi liat2 dokumen sma juga dan nemu diantaranya kalo tinta yang digunakan dalam daftar nilai evaluasi belajar tahap akhir nasional murni (NEM) sma saya sama sekali gak kelihatan bekasnya, oalah … soal tinta jadi inget sempet gondok abis pas tau yg masukin nilai nem kita anak kesayangan wali kelas.

***

hal lain yang menarik perhatian saya adalah hasil test IQ di ex sma saya dulu.

yang pertama sebelum pembagian jurusan. hasil test IQ-nya digunakan sbg pertimbangan utk memilih jurusan. kalo gak salah angkatan saya angkatan pertama yang merasakan perubahan nama jurusan dari IPA/IPS ke jurusan fisika, biologi, sosial dan bahasa. 

yang kedua ketika saya kelas tiga sma. hasil test IQ-nya digunakan utk mempertimbangkan jurusan di perguruan tinggi.

asli jadi iseng baca2 lagi point2 dan saran yang ada disana. dgn catatan spt diketahui nilai IQ tdk tetap dan bukanlah segalanya. IQ aja gak cukup kalau tdk diimbangi dgn EQ. tapi ajiab juga deh stl saya refleksikan dgn apa2 yang telah saya lalui selama ini, ternyata gak meleset2 amat…

***

test IQ pertama

misalnya soal bahasa. kemampuan bahasa saya ternyata masuk kedalam dua point paling jeblok. gak heran saya selalu sampai terseok2 utk bisa menguasai bahasa asing apapun. hidup memang aneh, bahasa bukan bagian terbaik saya tapi saya beberapa kali berada dalam situasi harus menguasainya. 

dgn kata lain point kurang gak perlu bikin patah semangat. sepanjang ada kemauan utk belajar dan usaha insya allah bisa. kalo yang gape dibahasa sekali belajar langsung cas cis cus, kita juga dijamin bisa cas cis cus kog … tapi tentu aja dgn catatan setelah belajar sepuluh kali lebih keras 😀

***

test IQ kedua

pekerjaan yang saya sukai misalnya memang pada prakteknya adalah pekerjaan2 yang berhubungan dgn social service.

soal tdk teliti dan tidak punya disiplin, saya cuma bisa mengamini saja kalau ini memang 100% benar sekali.

***

dibawah ini saya tuliskan selengkapnya soal gambaran daerah minat oleh biro konsultasi psikologi bimbingan belajar dan bekerja.

selain test Aptitude dan Personality kepada individu juga diberikan test minat yang memberikan gambaran ttg daerah minat yang paling menonjol dimiliki oleh individu, shg dapat mempersempit daerah lapangan kerja yang begitu banyak macamnya dan kemudian dapat menemukan lapangan kerja atau daerah jabatan yang paling cocok utk ybs.

 OUTDOOR orang yang lebih senang bekerja diluar atau dilapangan atau dialam terbuka daripada didalam ruangan kantor atau dibelakang meja, misalnya:

  • peneliti alam, ahli flora, fauna, geologi, arkeologi, dsb.
  • pelaut, penerbang, angkutan darat, pemandu wisata, dsb.
  • pengawas kehutanan, pertanian, perkebunan, peternakan, cagar alam, dsb.
  • petugas lapangan, petugas luar
  • berbagai macam pekerjaan lainnya yang penyelesaiannya dilapangan bukan dibelakang meja
 MECHANICAL orang yang lebih senang thd pekerjaan2 dengan mesin atau alat2 teknik misalnya:

  • ahli mesin, listrik, bangunan, kimia, industri
  • navigator, navigasi, masinis, dsb.
  • operator radio, mesin, alat2 listrik, dsb.
  • pengawas mesin, listrik, pertukangan, dsb.
  • perbengkelan mesin, listrik, besi, las, kayu
  • pekerjaan juru teknik, jam, radio, otomotif elektronika, dsb.
  • pertukangan atau kerajinan kayu, kulit, keramik, dsb.
 COMPUTATIONAL orang yang lebih senang bekerja dgn angka atau menggunakan bilangan2, misalnya:

  • akuntan, kasir, pemegang buku, komputer, statistik baik sebagai tenaga ahi, pengawas ataupun sebagai pelaksana
  • jenis2 pekerjaan yang selalu berhubungan dgn angka2 atau perhitungan
 SCIENTIFIQ orang yang lebih senang bekerja utk menemukan fakta2 baru dan memecahkan masalah2 atau menemukan hal2 baru, misalnya:

  • ahli ilmu pengetahuan, laboratorium, teori
  • pendidik, peneliti, ahli cuaca, sosial budaya, ahli pengetahuan alam, matematika, museum, sejarah, dsb.
  • jenis2 pekerjaan yang meliputi ilmu pengetahuan teori berupa penelitian dan pengembangan
 PERSUASIVE orang yang senang bekerja dgn menjumpai dan menghadapi orang2 lain, mengajukan proyek2 atau utk menjual ide atau pendapat kpd orang lain, misalnya:

  • penceramah, politikus, penyiar, komentator, penjual barang, pembawa acara protokol, pengacara, ahli hukum, humas, manager pemasaran, penagih, pendidik, pelatih, dsb.
  • jenis2 pekerjaan yang selalu mengemukakan pendapat, saran dan meyakinkan orang lain utk menerimanya
 ARTISTIC orang yang lebih senang thd pekerjaan2 yang menggunakan kreatifitas dan seni, misalnya:

  • arsitektur, ahli pahat, ahli lukis, dekorasi, desainer, drama, perancang mode, panata rambut, ruangan/interior, kecantikan, juru rias, aktor, artis, juru gambar, fotografer, ahli kerajinan kulit, batik, keramik, dsb.
  • pekerjaan2 keahliam yg mengandung unsur seni baik sbg tenaga ahli perencana maupun pelaksana
 LITERARY orang yang senang akan pekerjaan2 membaca dan menulis seperti:

  • pengarang, penulis buku, sejarahwan, kritikus, ahli perpustakaan, editor, ahli bahasa, dsb.
  • jenis2 pekerjaan yang selalu membutuhkan ketekunan dan berhubungan dgn tulisan, penulisan ataupun buku, baik sbg tenaga ahli, perencana, pengawas dan pelaksana
 MUSICAL orang yang lebih senang thd pekerjaan2 yang berhubungan dgn musik atau alat2 musik, misalnya:

  • ahli musik, pengarang atau penggubah lagu, ahli tari, penyanyi, penari, pembuat alat musik, dsb.
  • jenis2 pekerjaan yang selalu berhubungan dgn alat2 musik
 SOCIAL SERVICE orang yang lebih senang thd pekerjaan2 yang sifatnya menolong orang atau melayani atau membantu orang lain atau berhubungan dgn orang lain utk membantunya seperti:

  • pendidik, penasehat, pemuka agama, pekerja kesehatan, pengawas sosial, pekerja sosial, pekerja rumah sakit, pekerja lembaga pendidikan, pejabat humas, informasi kepegawaian, pekerja hotel, dsb.
  • jenis2 pekerjaan yang penyelesaiannya selalu berhubungan dgn orang lain baik sbg tenaga ahli, perencana maupun pelaksana
 CLERICAL orang yang senang akan pekerjaan2 di kantor yang membutuhkan ketelitian dan ketekunan dan ketepatan bekerja seperti:

  • pejabat administrasi, surat menyurat, arsip, sekretaris, pencatat, pemegang buku, pemeriksa keuangan, juru ketik, juru steno, tata usaha, dsb.
  • jenis2 pekerjaan yang selalu membutuhkan ketelitian dan ketekunan baik sbg tenaga ahli, perencana dan pelaksana