Diposkan pada Guest Post, panduan pengurusan dokumen dan legalisir

cara mengurus pembaruan Akte Kelahiran di Catatan Sipil

NH adalah salah satu pembaca yang nyasar ke lapak dunia kayka, sekitar bulan Oktober tahun lalu gitu deh. seperti halnya saya, NH dan calonnya berencana untuk menikah di Jerman. setelah halo-haloan di blog, komunikasi selanjutnya berlangsung lewat imel. disela-sela kesibukannya bekerja, NH berusaha untuk sebisanya mengurus sendiri persyaratan untuk keperluan tersebut #saluuut

saat ini NH sudah berhasil mendapatkan kutipan Akte Kelahiran dari Catatan Sipil. diimelnya NH menawarkan dan mempersilahkan saya untuk mengapdet proses yang ia lalui di blog saya. hal yang saya sambut dengan senang hati karena di blog ini memang gak ada apdetan soal cara mengurus pembaruan Akte Kelahiran di Catatan Sipil. ya gak bisa diapdet lah wong yang ngurus calo begitu…

ok apa yang dilakukan NH adalah hal yang patut dicontoh, artinya gak cuma bisanya nanya aja terus gak ada ba bi bu nya lagi… tapi juga berbagi kembali, yang walau tidak terucap saya anggap sebagai tanda terima kasih. tanpa menambahi dan mengurangi berikut adalah apdetan dari NH, semoga bermanfaat…

***

cara mengurus pembaruan Akte Kelahiran di Catatan Sipil

NH (1)
KODIM 0503 Jakarta Barat
NH (2)
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta

Datang ke kantor Dinas kependudukan dan pencatatan sipil provinsi DKI Jakarta Jl. S. Parman no. 7. Dilantai dasar langsung isi buku tamu dan menjelaskan untuk keperluan apa. Lokasi persis disebelah kantor pengadilan / kejaksaan Jakarta Barat dan Kodim 0503 Jakarta Barat (sebrang Kampus Ukrida)

NH (5)
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta
NH (4)
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta
NH3
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta

Ambil nomer antrian, utk pembaruan akte kelahiran di loket 1.

Dokumen yang harus dipersiapkan:

  • copy akte kelahiran beserta aslinya (aslinya akan diambil)
  • copy kartu keluarga
  • copy buku nikah orang tua
  • Copy KTP pribadi
  • copy KTP orang tua
  • copy ijasah SD, SMP,SMA, Perguruan Tinggi (dari awal sampai akhir)
  • materai (siapkan lebih)
  • surat kuasa ditandatangani diatas materai (jika prosesnya diwakilkan)
NH (6)
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta
NH (7)
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta

Datang ke loket 1, serahkan semua dokumen yang kita sudah persiapkan. Petugas akan langsung cek kelengkapan dokumen kita dan kita akan diberikan formulir yang harus diisi dan ditempelkan materai disurat pernyataannya.

Tanda Terima Pengambilan Kutipan Akte Lahir
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta

Petugas akan cek akte kelahiran kita dibagian arsip. Petugas akan memanggil nama kita setelah pengecekan selesai. Setelah itu kita kan diberikan tanda terima (sebagai bukti pengambilan akte kelahiran). Petugas akan menginformasikan berapa lama akte kelahiran bisa diambil, aku kmrn 10 hari kerja. Di form tersebut akan dicantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk follow up ke Dinas Kependudukan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta – Akte Kelahiran Tampak Muka
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta – Akte Kelahiran Tampak Belakang

Berdasarkan pengalaman saya, saya sendiri yang aktif menelpon ke Dinas Kependudukan untuk cek kapan akte saya bisa diambil. Setelah dapat di konfirmasi baru lah saya datang kesana.

Jika ada yang memerlukan untuk legalisir prosesnya sama, isi form ini dan bisa ditunggu hari itu juga. Di ruang tunggu ini juga ada tukang foto copy per lembarnya Rp. 500,- . Dari proses awal sampai akhir tidak dikenakan biaya = GRATIS. Petugasnya juga sangat membantu. Secara keseluruhan kinerja petugas di Dinas Kependudukan DKI Jakarta sudah bagus.

***

tuk NH:

trims ya apdetannya…

penampakan dan typo akte yang baru keren lho. bisa  dimengerti siapa saja karena ada bahasa inggrisnya juga…

Iklan

38 tanggapan untuk “cara mengurus pembaruan Akte Kelahiran di Catatan Sipil

    1. sebenernya yang diperlukan sih kutipan akte kelahiran saja ya. pembaruannya sendiri yang saya tahu berlaku untuk akte yang diterbitkan lebih dari 20 tahun.

      salam
      /kayka

  1. wah ada bahasa inggrisnya ya.
    mbak, pembaruan itu cuma membuat baru (tanggal dikeluarkannya), atau ada informasi yang salah terus diperbaiki?

  2. Mbak, kemaren buat ngurus visa tinggal aku juga pakai kutipan akta kelahiran. Cuman bedanya, aku pakai cara yang “licik” sesuai arahan guru les bahasa Belandaku. Jadi, kata dia, kalau kita masih ingin simpan akta lahir yang asli, mending bikin laporan kehilangan di polres setempat. Nah surat kehilangan itu yang nantinya kita bawa ke Capil dan kita bilang kalau akta kita hilang dan ingin minta kutipannya. Syaratlainnya sama persis dengan yang Mbak Kayka tuliskan. Gratis dan prosesnya 3 hari karena aku ngurus di Capil Jember sesuai tempat lahirku. Akhirnya sekarang aku punya akta lahir yang asli dan kutipan kelahiran. Pas waktu mendaftarkan pernikahan di Belanda, kutipan akta lahir yang sudah dilegalisir ke 3 departemen plus sudah diterjemahkan ke bahasa Belanda, hanya dipinjam selama 2 minggu oleh kator pemerintah setempat (Gemeente), setelahnya dikembalikan lagi. Itu pengalamanku Mbak. Mungkin bisa dijadikan alternatif meskipun ga bener haha

    1. memang beneran ya den akta asli diambil sama mereka saat kita minta kutipan akta kelahiran? saya gak punya akta kelahiran hanya surat kenal lahir saja dan kutipannya dulu diurus calo di capil jakarta timur tahun 2003. nah saya gak perlu urus lagi karena Standesamt gak minta akte baru.

      hehehhe siapa tau ya den. sistem kita nih den yang bikin kita jadi gimana. yang saya gak ngerti ngapain juga akta yang asli diambil sama mereka. kenapa juga gak distempel aja kalau itu udah gak berlaku lagi jadi kan bisa disimpen buat kenang-kenangan.

      salam
      /kayka

      1. Iya Mbak ditarik kalau kita mau bikin kutipan akta lahir. Intinya kita hanya diperbolehkan punya satu akta lahir asli. Makanya aku ngakalinnya kayak gitu. Biarin deh salah, sesekali ngelicikin pemerintah haha. Padahal suamiku bisa setiap saat minta akta lahir ke kantor pemerintah setempat. Soalnya di Belanda ini akta lahir hanya berlaku per 6 bulan. Jadi kalau membutuhkan akta lahir baru, langsung ke gemeentenya. Bayar.

        1. sistem kita ya den yang harus diperbaiki. kalau sistemnya benar pasti penduduknya juga patuh.

          sama den di Jerman juga gitu kalau perlu tinggal datang minta kutipannya. gak bertele-tele langsung dapat saat itu juga dan sama halnya dengan di Belanda ada biaya administrasinya…

          salam
          /kayka

  3. untungnya urus visa ke italia gak harus pembaruan akta lahir, gak harus lulus tes bahasa minimal A2, kayaknya urus visa ke italia gak terlalu repot ya dibandingkan ke jerman atau belanda, iya gak sih mbak?

    1. lain negara lain aturannya ya dhy. bruntung aja dhy gak harus nglewatin keribetan ini.

      soal persyaratan bahasa sebelum ke itali harus juga gak dhy?

      salam
      /kayka

      1. persyaratan bahasa ke italia saat saya ngurus visa gak diminta harus punya sertifikat atau harus lulus tes bahasa italia, untuk kedutaan Romania pun juga begitu mbak, tapi untuk pendaftaran pernikahan di negara suami wajib dilakukan sebelum mengajukan visa, jadi ya sama aja, lama juga nunggunya :-D, masing2 ada kelebihan dan kekurangannya

        1. iya dhy lain-lain susahnya ya. oh ya kalo gak salah inget waktu itu adhy ndaftarin perkawinan juga kan ya di negara suami. berarti harus belajar bahasa rumania juga dong ya?

          salam
          /kayka

          1. iya saya daftarin juga pernikahan di rumania, pake agen disana sama dibantu kakak ipar juga, bahasa rumania gak belajar krn gak tinggal disana juga tapi mengerti sedikit mbak kalo mereka ngomong, bahasa italia aja dulu yg dilancarkan 😀

  4. Intinya harus berani mengurus sendiri sih, Mbak. Dengan semua pembenahan di bidang birokrasi yang sedang dilakukan, kayaknya kurang bermakna kalau masyarakatnya juga tidak ikut berbenah untuk berani mengurus sendiri. Cuma ya itu, agak lama… nunggunya :hehe.

    1. hallo gara,

      sori balesnya baru sekarang. saya baru ngeh klo beberapa komen masuk ke spam. kog bisa ya??

      bener banget gar dua-duanya harus berbenah. pemerintah membenahi sistemnya, masyarakat pun harus berani mengurus sendiri. harus mengusir rasa malas atau rasa gerah berurusan dengan aparat.

      kalo yang nunggu bukan calo melainkan penggunanya sendiri yang kece-kece hehehhehe lama-lama malu juga kali diliatin kerjanya gak bener.

      salam
      /kayka

      1. Iya Mbak, memang beberapa komen saya masuk ke kotak spam para blogger :hehe. Entah Mbak, saya juga tak tahu kenapa.
        Yap, setuju, pembenahan memang mesti terus di semua sisi. Dan menurut saya justru budaya malu itu yang mesti dikembangkan Mbak :hehe.

        1. oalah gitu ya gar. kalo spam beneran sih wajar ya. kalo gak waduh jadinya klewat kan.

          itu dia gar budaya malu…

          salam
          /kayka

    1. memang bikin pusing. birokrasi sebetulnya ada dimana-mana Fahmi yang membedakan akses dan ketransparanannya ya…

      salam
      /kayka

  5. Halo mba. Terimakasih sudah berbagi. Btw mau nanya waktu itu saya sempet nelpon kantor disduk yg jakpus . Utk ijazah katanya cukup ijazah terakhir aja (kuliah). Utk yg sd smp sma bener wajib dbawa juga ya mba?

    Trims..

    1. hallo aliya,

      soal ijazah klo percaya dengan info petugasnya sih cukup bawa ijazah terakhir ya. tapi saran saya tetep bawa semua buat jaga2 aja daripada nanti bolak-balik.

      salam
      /kayka

  6. Hai Mbak Kayka, mau tanya saya punya kutipan akte kelahiran tapi kyknya th 2000 atau 2002. Nah skr saya mau ganti warga negara asing yang dokumen hrs di translate juga. apakah harus BIKIN BARU kutipan akte kelahiran? maksudnya th ini 2017. dan untuk dilegalisir di kemenkumham dan luar negri itu gimana..apakah .,.
    1. Ditranslate dulu lalu fotocopian translate dilegalisir, atau..
    2. Akte kelahiran di legalisir dulu baru di translate?
    3. Kalo tau dimana ada penerjemah dibawah sumpah? ada bahasa spanyol?
    4. Kalau memang kutipan akte kelahiran harus baru apakah harus di catatan sipil di jakarta barat?..soalnya sy dari jakarta selatan.
    5.Untuk hal2 ini apa bisa juga ditanyakan ke kedutaan negara bersangkutan?

    1. hallo dewi,

      soal tahun ini sebaiknya dikonsultasikan dengan pejabat dimana dewi mengajukan pergantian kewarganegaraan. dulu waktu mau menikah berdasarkan persetujuan pejabat dimana kami akan menikah saya tdk perlu bikin kutipan akte kelahiran yang baru.

      yang betul yang nomor dua.

      3. soal penterjemah mesti ditanyakan ke konsuler di kedutaaan spanyol. apakah mereka mengharuskan penterjemah tertentu atau bebas.

      4. di catatan sipil jakarta selatan

      5. kalau ada hal-hal yang tidak jelas memang sebaiknya ditanyakan langsung dengan kedutaan. jadi tidak simpang siur.

      salam
      /kayka

  7. waduh mbaak . aku baru aja dari dispenduk di kotaku, duhh ribeeetnya minta ampun .. dan aku ga bisa minta pembaharuan, katanya akte kelahiran di terbitkan cuma sekali seumur hidup .. trus gimana yaa ini hi hi hu hu hu

      1. iya bener mbak, sampe harus gontok2an dulu, dan akhirnya pake surat hilang dari kepolisian 😀 alhamdulillah sudah dapet aktenya, tinggal urus ke jakarta 🙂 terima kasih ya mbak

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s