Diposkan pada Hari Besar Islam

Idul Fitri 1437 Hijriah

Idul Fitri 1437 H
Idul Fitri 1437 H

walau sudah seminggu berlalu pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan selamat merayakan hari yang fitri bersama keluarga. mohon maaf lahir dan batin kalau selama ini ada tulisan yang kurang berkenan.

lebaran di jerman tahun ini dirayakan tanggal 5 Juli, sehari lebih cepat dari perayaan hari idul fitri di indonesia. berhubung tinggal disini saya mengikuti edaran yang bersumber dari lembaga yang ada disini. logis karena pemerintahan disini pemerintahan non muslim maka penentuan awal atau akhir ramadan diambil alih lembaga lain yang berbadan hukum seperti misalnya majelis fatwa eropa dan persatuan ulama jerman. pun begitu selama dalam perjalan menuju tempat sholat ied diselenggarakan, orang-orang yang terlihat berbusana khusus hari raya dari berbagai negara tidaklah seramai tahun-tahun sebelumnya. hari rabunya baru deh jalanan diramaikan oleh warga muslim yang mengenakan aneka busana dari negaranya masing-masing. dari semuanya hari apapun lebarannya yang penting saling mendoakan semoga amal ibadah selama bulan suci ramadan diridhoi dan diberkahi Allah. dan juga saling memaafkan atas segala kesalahan dan kekhilafan selama ini…


oh ya bagian ceramah idul fitri yang paling melekat di dalam ingatan saya adalah seorang mukmin hendaknya hidup di dunia seperti yang disabdakan Rasulullah yaitu hidup ibaratnya seperti seorang musafir. „apabila engkau berada di sore hari, maka janganlah menunggu hingga pagi hari. dan apabila engkau berada di pagi hari maka janganlah menunggu hingga sore hari. pergunakanlah waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu. dan pergunakanlah hidupmu sebelum datang kematianmu” (HR. Al-Bukhariy no. 6416)…

Idul Fitri 1437 H
Idul Fitri 1437 H
Idul Fitri 1437 H
Idul Fitri 1437 H

selesai ceramah idul fitri apalagi yang ditunggu kalo bukan kotakan. sambil nungguin bagian sambil salam-salaman sama sebelah-sebelahnya. nah saya ngincer yang ada asin-asinnya nih tapi kebagiannya cemilan manis. lumayan gregetan juga karena sebelah saya bukannya mratiin flow pembagian kotakan eh malah sibuk melentikan bulu matanya #lontooongbangetgaktuh. sampe dicolek-colek sama mbak n, tapi yang gak tergugah gitu dan masih sibuk aja sama pelentik bulu matanya #grrrr. alhasil jadi beberapa kali kelewat dan kebagian lumayan paling belakangan…

Idul Fitri 1437 H
Idul Fitri 1437 H

yasut gapapa untuk bisa merasakan hidangan khas idul fitri masih ada kesempatan di acara halal bilhalal yang diadakan hari Sabtu ini tanggal 16 Juli mulai dari jam 11 siang di Mainfeld Kulturhaus Frankfurt 🙂

Diposkan pada Hari Besar Islam

idul fitri 1436 hijriah

Bruchfeldplatz - Frankfurt am Main
Bruchfeldplatz – Frankfurt am Main

sebelum berangkat tadi pagi liat sih langit agak-agak gelap. wah sempet berdoa-doa mudah-mudahan aja gak ujan. gak asyik bener kalo sendalnya pake acara basah. selama perjalanan sesekali papasan dengan umat muslim dari negara lain yang terlihat jelas dari cara berpakaiannya. alhamdulillah sampe di tujuan gak kena setetespun air hujan. nyampe di Mainfeld sekitar jam 7.15-an, seperempat jam lebih cepat dari perkiraan. masih sepi dan panitia sholat ied terlihat masih sibuk mengatur tikar untuk sembahyang.

Mainfeld Kulturzentrum - Frankfurt am Main
Mainfeld Kulturzentrum – Frankfurt am Main

mendekati jam delapan berangsur-angsur aula tempat sholat ied mulai dipenuhi oleh peserta sholat. tapi gak berapa lama ada halo-halo kalo sholat ied-nya baru akan dimulai jam 9 #hadaoookepagiandeh. jadilah sambil menunggu sambil ngobrol-ngobrol dengan mbak n dan juga sebelah-sebelahnya. usai sholat dilanjutkan dengan kotbah idul fitri. bagian yang paling berkesan untuk saya adalah ketika sampai kepada bagian cobaan.

berlawanan dengan apa yang kadang terlintas di pikiran kita, ujian dan cobaan justru merupakan bentuk kasih sayang allah kepada kita. semakin berat cobaan yang kita hadapi, semakin besar pula kebaikan yang akan kita terima ketika berhasil melaluinya, ketika kita menerima dengan ikhlas segala cobaan atau kesulitan tersebut sekecil apapun itu #amin

selesai kotbah ada pengumuman lagi dari panitia untuk bersama-sama melakukan sholat ghaib untuk salah satu aktivis pengurus masjid yang baru saja meninggal dunia di pasadena. tidak mengenal beliau, tapi tidak ada salahnya mendoakan saudara kita yang kembali kepada khaliknya. semoga diampuni dosa-dosanya dan diterima segala amal baiknya #amin

Mainfeld Kulturzentrum - Frankfurt am Main
Mainfeld Kulturzentrum – Frankfurt am Main

beres sholat ghaib panitia meminta jamaah untuk tetap tinggal ditempat dan menginformasikan kalau panitia yang akan membagikan makanan kecil yang sebagian dikemas didalam kotak styrofoam dan sebagian lagi dibungkus alufoil. heheheheh ini dia bagian yang ditunggu-tunggu. sambil nunggu sambil nebak-nebak dapet apa ya kali ini. dan seneng pas ngliat didalam ada pastel dan spring roll mininya. kalo kue coklat dan roti yang ada lapisan sosisnya, hehehhe untuk suami aja 😀 lho tapi pas kita noleh ke bagian belakang kog ada beberapa yang kebagian dadar gulung ijo dan kue pandan, lho kog beda-beda ya? halaaah rewel deh minta ditampol juga nih udah bagus dapet ya kan…

***

ketupat sayur padang
ketupat sayur padang

nyampe rumah langsung bergegas nyantenin sayur ketupat padang yang udah disiapin dari kemarin. walau jauh dari tanah air tetep gak aci kalo lebaran belum makan yang ada ketupat-ketupatnya. dan dengan ketupat-ketupatan yang seadanya itu, hasilnya beda-beda tipis dengan ketupat sayur padang langganan di jakarta #hahahahahaha soal rasa memang soal seberapa rasa bersyukur bisa menikmati makanan yang butuh perjuangan untuk bisa sampai ke atas meja makan ini… #alhamdulillah

Diposkan pada Hari Besar Islam, Video Clips

malam takbiran

Suara Masjid Frankfurt am Main
Suara Masjid Frankfurt am Main

ah betapa cepatnya waktu berlalu tau-tau bulan suci ramadan hanya tinggal hitungan jam saja. tentunya ada yang hilang apabila tidak berhari raya di tanah air, apalagi kalau bukan ramainya malam takbiran. untung kerinduan tidak berlangsung lama, walau hanya ikut mendengarkan melalui laptop kerinduanpun terobati juga, selamat datang hari yang fitri… taqabbalallahu minna wa minkum.

habis lurking-lurking di site masjid indonesia frankfurt (https://www.masjid-indonesia.de/), sholat idul fitri 1436 hijriah seperti biasanya diadakan di Mainfeld Kulturzentrum, Im Mainfeld 6, 60528 Frankfurt am Main. dari jam delapan pagi s.d. selesai. imam dan kothibnya Ustadz Iqbal Mubarok, Lc dengan kotbahnya „pengaruh ramadan terhadap kehidupan kita”

catatan: naik tram 15, berhenti di halte Schwarzwaldstrasße

video: credit to montana blego
Diposkan pada Hari Besar Islam

hari besar umat islam 2015

 

calendarlabsseperti yang udah-udah setiap ganti tahun mesti saya juga nandain juga jatuhnya tanggal hari-hari penting umat islam.

  • Maulid Nabi: Sabtu, 3. Januari 2015
  • hari pertama puasa 1 Ramadan 1436 H.: Kamis, 18. Juni 2015
  • Lailatul Qadr: Senin, 13. Juli 2015
  • Idul Fitri 1 Syawal 1436 H.: Sabtu, 18. Juli 2015
  • Waqaf di Padang Arafah: Selasa, 22. September 2015
  • Idul Adha: Kamis, 24. September 2015
  • tahun baru islam 1 Muharram 1437 H.: Kamis, 15. Oktober 2015

semoga bermanfaat

 

Diposkan pada Hari Besar Islam

idul fitri 1435 hijriah

yang tersisa dari lebaran hari senin tanggal 28 juli yal.

alhamdulillah sesuai rencana kami bisa mengikuti sholat ied yang diadakan di Mainfeld Frankfurt. kebalikan dari tahun lalu, tahun ini kita datangnya telat, sekitar jam setengah sembilanan gitu. yasut begitu nyampe gak pake nunggu2 langsung ngambil air sembahyang. dan lebih2. bersyukur lagi walau udah dibelakang masih kebagian tempat. itu aja sampai detik sholat dimulai peserta sholat masih terus mengalir.

***

2014-07-28 09.17.10

usai sholat dilanjutkan dengan kotbah idul fitri tetang arti „mudik” yang sebenarnya dan tiga hal yang kita bawa mati. ditingkahi suara anak2 dan beberapa ibu2 yang asyik ngobrol sendiri saya berusaha konsentrasi memahami isi kotbah yang tidak pada setiap kesempatan bisa didengarkan ini:

  • pertama, amal jariah, harta benda yang diwakafkan karena allah swt
  • kedua, ilmu yang berguna atau bermanfaat kepada orang lain
  • dan ketiga, anak yang soleh yang berdoa untuknya

tema yang sederhana tapi baik sekali untuk diingat2 kembali untuk mencari harta yang halal dan mengeluarkannya dijalan allah, berbagi ilmu dan membimbing anak2 kita sebaik2nya.

***

kotakan jatah saya, ngincer lempernya ajaaa. enak lho lempernya...
kotakan jatah saya, ngincer lempernya ajaaa. enak lho lempernya…

selesai kotbah dan silahturahmi peserta sholat dipersilahkan mengambil kotakan dan minuman yang disediakan oleh panita. pun begitu dibelakang aula tempat sholat tetap disediakan juga makanan2 kecil lainnya. acara halal bil halalnya sendiri diselenggarakan hari sabtu ini ditempat yang sama.

***

ok deh met lebaran ya untuk teman2 yang merayakan, mohon maaf lahir dan batin…

Diposkan pada Hari Besar Islam

Ramadan 1435

2014-07-26 11.58.40

gak berasa ya tau2 puasa udah mendekati akhir.

seperti yang udah2 jadwal sholat dan puasa selalu mengikuti waktu mekah saja. puasa kali ini rada2 berat dan saya sendiri udah dua kali terpaksa membatalkan puasa.

yang pertama hari minggu yal ketika disini sedang panas2nya. ditempat yang adem aja temperatur menunjukkan 35°C. dalam perjalanan pulang dari rs tenggorokan asli kering kerontang rasanya. sependek ingatan gak kejadian deh membatalkan puasa cuma gara2 kehausan tapi hari itu asli nyerah puasanya gak bisa dilanjutkan. asli kering sampe nelen air ludah aja gak bisa.

sama satu lagi hari jumat kemarin. lagi2 karena kehausan saat berbuka puasa hari kamis kemarinnya. yang udah2 kalo buka puasa selalu diawali dengan minum yang hangat2. tapi hari itu tanpa berpikir panjang saya langsung minum minuman dari lemari es. malemnya punggung berasa pegel2 sampe pake diurut segala. besokannya masih gak enak plus agak2 panas nih badannya tapi saya paksain tetep berangkat kerja krn gak enak sabtu sampe senin saya libur tiga hari.  bener aja gak kuat. setelah sarapan dan makan obat penurun panas berbentuk cairan saya harus pulang.

selain panas, puasa disini benar2 diuji. gak satu dua tanpa tedeng aling2 mempertanyakan inteligensi kita kog mau2nya membodohi diri dengan puasa. mmm menghadapi pertanyaan2 memojokkan spt ini saya tidak ingin buang2 energi. udah tau mereka gak bakalan menerima penjelasan apapun saya juga cuek straight to the point aja bilang gak begitu tertarik mendiskusikan keyakinan saya. nah sekali waktu ada rekan lain yang menanyakan soal ini saat saya sedang diskusi penggantian jadwal dengan boss saya. krn nanyanya pure nanya saya coba jelaskan secara sederhana aja kalo perut kita seperti halnya mesin juga perlu istirahat. dan menambahkan puasa dibulan ramadan gak hanya soal menahan lapar tapi juga „memuasakan” semua panca indera. diluar dugaan boss saya yang masih muda dan cantik sekali ini menjawab kalau puasa memang sudah terbukti secara medis bagus untuk kesehatan, amin…

ngomong2 soal perbedaan kita patut bangga jadi orang indonesia. berbeda dengan disini keanekaragaman bukan hal kemarin di negara kita. hal yang membuat bangsa kita terbiasa dan jauh lebih toleran dengan perbedaan.

***

2014-07-25 10.42.50

yasut balik ke punggung pegel2 gara2 masuk angin ini, saya gak bakalan berasa sembuh kalau belum dikerok. kamsok upay sekali bukan? tapi hehehe punggung punggung gw ini :p yang ngerokin siapa lagi kalo bukan suami. biar ngomel2 ngeroknya makin ok. ngomel2 apalagi kalau bukan soal penampakan kerokan yang buat orang sini seperti bekas dianiaya *halaaah*

***

2014-07-26 11.59.36

nah beres kerokan saya minta suami membaluri punggung saya dengan Franzbranntwein, cairan obat tradisional jerman mengandung alkohol yang bisa melancarkan peredaran darah. semacam obat anti pegal linu gitu deh. selain alkohol cairan yang mempunyai dua aroma ini, Fichtennadeöl (Picea) & Latschenkieferöl (Pinus), mengandung kamper dan mentol. penggunaanya bukan tanpa masalah karena alkohol membuat kulit jadi kering. sehingga pemakaian dalam jangka waktu panjang tidak disarankan. hal lain cairan ini tidak boleh dioleskan diatas kulit yang luka. kalo kerokan? -gak luka kali ya hanya pembesaran pori-pori saja…

Diposkan pada Daily Life, Hari Besar Islam, Kursus Bahasa Jerman

pemilu dan daftar hari-hari besar islam 2014

2014-01-26.00

hari2 saya sejak mulai kerja awal januari kemarin berkisar antara rs dan rumah. soal kelanjutan kursus jerman, seperti yang saya perkirakan tidak berjalan sesuai rencana karena jadwal kerja saya seperti halnya jadwal kursus juga dari senin-jumat. lagi mikir2 guru Fach saya telefon dan menanyakan apakah saya masih ingin mengikuti ujian. -tentu saja dan bersyukur pun begitu tetap diberi kesempatan. Frau K. meminta saya untuk mempelajari materi pelajaran dan ujian yang sejak awal memang dikumpulkan oleh sohib saya a. jadwal ujiannya terdiri dari tiga bagian: tanggal 5 (schriftliche Prüfung) dan 14 februari (mundliche Prüfung) untuk ujian Fach, sementara tanggal 11 februari untuk ujian bahasa jermannya. untuk tanggal 5 dan 11 harus saya bicarakan lagi saya bisanya cuma tgl 13 karena kebetulan jatuh off-nya tanggal 13 dan 14. untuk tanggal 5 juga harus minta izin datang terlambat karena jam 8 pagi harus periksa darah dulu berkaitan dengan pemeriksaan rutin tahunan thyroid saya. mal schauen.

*** 2014-01-25 16.05.10

kemarin dapat surat dari  panitia pemilihan LN Frankfurt berkaitan dengan info pemilu anggota dpr april mendatang. jadwal semula yang jatuhnya tanggal 9 april jadi dimajukan hari sabtu, tanggal 5 april. seperti biasa bisa memilih langsung atau melalui surat. apapun itu jawabannya harus diinformasikan selambat2nya tgl 14 februari melalui kartu pos bebas bea yang dilampirkan oleh panitia. kalau tidak akan dianggap memilih melalui surat.

daftar calon tetap anggota dpr ri yang saya terima adalah dari daerah pemilihan dki jakarta ii. total 12 partai dengan 83 orang kandidat. jumlah kandidat wanitanya 37 orang atau 45%. pertama kali ikutan pemilu, partai di indonesia cuma ada tiga. pemilu tahun ini diikuti 12 partai. setelah partai no. 10 langsung loncat ke partai no. 14. partai no. 11, 12 dan 13-nya gak ikutan apa ya? jadi iseng baca nama2 yang diajukan masing2 partai. dari segitu banyak hanya tiga nama yang saya kenali: oki asoka, jenny rahman dan hj. tuty alawia, oalaaah… oh ya yang dicoblos nomer/ gambar partai dan atau nama calon pada surat suara.

***

ngomong2 soal tanggal jadi inget kalau setiap awal tahun kebiasaan saya sejak meninggalkan tanah air adalah mengecek  daftar hari2 besar umat islam. maklum kalau gak dilihat dari sekarang bisa terlewat begitu saja. berbeda dengan dinegara kita, disini yang ditanggalin merah hanya hari2 perayaan umat nasrani saja.

  • hari pertama puasa bulan 1 Ramadan 1435 H.: Sabtu, 28. Juni 2014
  • Lailatul Qadr: Rabu, 23. Juli 2014
  • Idul Fitri 1 Syawal 1435 H. : Senin, 28. Juli 2014
  • Idul Adha: Sabtu, 4. Oktober 2014
  • tahun baru islam 1 Muharram 1436 H.: Sabtu, 25. Oktober 2014

untuk tanggal2 perayaan lainnya, silahkan unduh disini.

Diposkan pada Hari Besar Islam

selamat idul adha 10 Dzulhijah 1434 H

IMG-20131015-WA0014
ilustrasi

selamat idul adha!

berbeda dgn tahun lalu (tulisannya bisa diklik disini), kali ini lebarannya dirumah saja. sebetulnya hari ini saya diizinkan off sehari utk menyelesaikan tugas presentasi minggu depan. itu taunya juga baru kemarin detik2 mau pulang. dan santai aja krn ada yang bilang lebaran hari ini dan ada yang baru lebaran besok. bangun2 langsung keingetan ngecek jadwal di indomuslim.org, loh sholatnya udah dari kemarin ya? *binun…*

***

yasut jadilah kirim2an text aja dgn kakak, mengikuti kegiatan lebaran haji di salah satu tempat didaerah keluarga kami bermukim. jakarta lengang krn tanggal kejepit. saat2 sangat menyenangkan krn jakarta bisa dibilang nyaris bebas macet dan berkurang buangan CO2-nya. saat2 yang menurut kakak harus dinikmati sebelum jakarta kembali seperti semula, macet dan kumuh udaranya… 

***

2013-10-12 10.15.06

btw suhu ditempat kami sendiri sejak jumat-sabtu minggu lalu kalo pagi sudah dibawah 5. siangan baru agak panasan sekitar 12-an. saatnya mulai ngluarin pakaian yang agak tebalan, topi dan sarung tangan. sering hujan tapi warna warni daun yang mulai berguguran menjadi hiburan tersendiri….

Diposkan pada Hari Besar Islam

idul fitri 1434 Hijriah

ceramah idul fitri di Mainfeld Frankfurt
ceramah idul fitri di Mainfeld Frankfurt

selamat idul fitri!

taqabbalallahu minaa wa minka, semoga Allah SWT menerima amal kami dan amal Anda…

ich wünsche euch ein wünderschönes Fastenbrechenfest…

***

yang tersisa dari sholat ied kemarin.

nyampe di Mainfeld kurleb seperempat jam sebelum jam delapan. hampir2 nyampe sempet ngebatin krn berbeda dgn tahun lalu tidak sekalipun berpapasan dgn orang2 akan melaksanakan sholat ied. „waduh jangan2 sholat ied-nya udahan kemarin apa ya?“ bahkan sesampenya di Mainfeld pun tidak kelihatan tanda2. makanya alhamdulillah bener pas mau deket2 pintu masuk ngliat ada satu keluarga berdiri disana. setelah bersilahturahmi, kami memutuskan untuk bersama2 masuk kedalam. ternyata walau belum banyak sudah ada orang didalam, syukurlah 🙂

***

sholatnya sendiri dimulai jam sembilan. selesai sholat ied dilanjutkan ceramah oleh … mmm sayang saya tidak bisa mendengar namanya dgn jelas. temanya apa makna dari kembali kepada kithah.

disini saya hanya tulis point2 yang penting utk saya ingat2 sbb:

  • soal keutamaan bulan suci ramadan, bulan penuh berkah. bulan dimana allah akan memberikan berlipat2 pahala jika kita berbuat kebaikan, doa2 kita yang dikabulkan dan ampunan untuk hamba2 yang bertobat. itu sebab kita harus mengoptimalkan ibadah selama bulan penuh berkah. tapi bukan berarti hanya beribadah dibulan puasa saja.
  • berbeda dgn hewan yang punya radar utk mengetahui datangnya marabahaya, manusia tidak punya radar untuk mendeteksi kejahatan setan. jadi kalau kita kurang ibadahnya setan misalnya dgn mudah menghembus kebencian dan permusuhan didalam keluarga dan dilingkungan2 yang lebih besar lagi
  • orang yang mengasihi dan mencintai sesamanya akan dikasihi dan dicintai allah….

oh ya selain soal ceramah di Mainfeld, saya ingin berbagi sebuah link yang bagus untuk para pembaca yang  ingin menyegarkan ingatan seputar ibadah di bulan suci ramadan: http://www.miit-toronto.org/tuntutan_puasa.htm

***

usai sholat dilanjutkan dgn acara bermaaf2an kemudian santap bersama, tx to MMI. jadi bersyukur walau jauh dari tanah air tetap bisa merasakan kebersamaan dihari kemenangan…

oh ya berbeda dgn tahun sebelumnya, tahun ini seusai sholat ied tidak ada acara open house konsulat melainkan acara halal bilhalal yang diselenggarakan hari sabtu besok tgl 10.08, jam 11.00 di Mainfeld.

***

piring saya :) risolnya enak banget...
piring saya 🙂 risolnya enak banget…

***

nyampe rumah lagi udah jam stengah satu siang, istirahat sebentar habis itu siap2 berangkat kerja… sebenernya mau nulis: „keluar dari Mainfeld kembali kekehidupan sehari2 lagi. deep deep down rindu akan suasana lebaran di tanah air…

Diposkan pada Hari Besar Islam

sholat ied 1434 Hijriah

gak kerasa tau2 perjalanan bulan suci ramadan sudah mendekati akhir aja…

keken2 di website kjri frankfurt (kjriffm.de) belum ada pengumuman soal sholat ied-nya.

2013-08-04.01

tapi barusan keingetan kalo info seputar sholat dan pengajian bisa dilihat langsung di website masyarakat muslim indonesia (indomuslim.org) dibagian Veranstaltungen-nya. statusnya: sholat ied 1434 Hijriah dilaksanakan tanggal 08.08.2013 (hari kamis).

tempatnya masih sama seperti yang udah2 di: Mainfeld Raum für Kultur, Im Mainfeld 6, D-60528, Frankfurt a.M.

tapi tentativ kali ya, tetep harus nunggu pengumuman jatuh idul fitri disini kapan.

***

petunjuk jalan menuju Mainfeld Raum für Kultur

Foto

halte2 terdekat dgn Mainfeld Raum für Kultur adalah Schwarzwaldstraße & Odenwaldstraße. Tram yg nglewatin halte ini diantaranya  Tram 15 dan Tram 16.

***

ngliatin daftar pengajiannya  jadi mengingatkan kepada tahun lalu ketika gak lama stl di-op, saya berkenalan dgn seorang suster indonesia yang kerja disana. sebelum pulang kerumah dan pamitan, suster yang ramah ini ngajakin ikut pengajian bulanan di Mainfeld. cuma sekali sebulan tapi tidak pernah benar2 terealisasi. saya berjanji utk menjadi lebih baik soal ini…