Diposkan pada Guest Post, Menikah & Tinggal di Jerman

proses pengajuan eAT 2017 (Aufenthaltstitel)

hallöchen,

postingan pertama di tahun 2017, thanks to NH! tentang proses mengganti visa nasional yang berlaku tiga bulan ke visa izin tinggal tiga tahun di tempat tinggalnya di Bundesland Bayern. thanks yaaa… mudah2an saya jadi ikutan semangat posting lagi.

oh ya dua bulan belakangan ini saya ikutan olahraga beban, tiga kali seminggu. gak lama-lama sih cukup satu jam aja. maklum selain diabetes saya juga kena kolesterol (suka merinding nih klo inget gimana lahapnya makan gulai otak dan soto yang ada jeroannya). yasut gak ada kata terlambat, olahraga juga merupakan cara terbaik yang dilakukan untuk menurunkan kolesterol. mudah-mudahan klo kadarnya udah ok gak perlu lagi minum obat kolesterol. oh ya waktu pertama ikutan BMI saya 25,7 – dua bulan sesudah itu 25,2 – turun 0,5 gak banyak tapi ok deh sedikit lagi bisa masuk ke range normal (18,5-25). targetnya bisa nurunin berat badan ke angka 55 sebelum berusaha mencapai target utama 50 kg…

====

Proses Pengajuan eAT 2017 (Aufenthaltstitel)

 

Setibanya di Jerman (Bayern) aku langsung daftar pernikahanku ke Standesamt tempat tinggalku sekalian proses penambahan nama keluarga dari suami. Setelah urusan dokumen tentang penambahan nama selesai dilanjutkan dengan dengan pembuatan Aufenthaltstitel (ijin tinggal / residence permit).

Pengalamanku sendiri adalah menunggu surat undangan dari Ausländerbehörde, suamiku sempet telepon juga ke ABH menanyakan tentang proses selanjutnya. Ga lama setelah dokumen penambahan nama selesai, datanglah surat undangan / panggilan untuk menghadap ABH alias untuk apply Aufenthaltstitel (ijin tinggal / residence permit) ini. Di surat tersebut dijelaskan dokumen apa saja yang wajib dipersiapkan –> Invitation letter from Ausländerbehörde (surat undangan dari ABH)

Dokumen yang dibawa ASLI dan COPY nya sebagai berikut :

1 Passport yang masih berlaku + halaman yang ada visa kumpul keluarga JERMAN
2 1 lembar photo biometrik
3 Slip gaji 3 bulan terakhir dari suami
4 Kartu asuransi
5 Formulir pernyataan jika kita tinggal disatu rumah, di isi lengkap dan ditandatangani (Formulir dari ABH dikirim bersamaan dengan surat undangan dari ABH)
6 Formulir permohonan Aufenthaltstitel; diisi lengkap dan ditandatangani (Formulir dari ABH dikirim bersamaan dengan surat undangan dari ABH) –> Form – Antrag auf eAT 1 (formulir pengajuan izin tinggal)
7 Bayar cash EURO 110

Prosesnya kurang lebih 4-6 minggu; eAT ku jadi sebulan. Pihak ABH akan mengirimkan surat mengenai Aufenthaltstitel kita. Jika sudah menerima surat ini dari ABH, maka segera menghubungi ABH untuk buat janji pengambilan kartu Aufenthaltstitel. Waktu pengambilan aku datang sendiri ke ABH. Aufenthaltstitel ini berlaku selama 3 tahun, berhubung saya pendatang baru di Jerman sejak Oktober 2016.

===

terlampir Durschführung des Aufenthaltsgesetzes –> Durchführung des Aufenthaltsgesetzes (AufenthG).. (formulir surat keterangan bahwa pasangan bersangkutan tinggal bersama) – dari surat undangan ABH nya itu ,,Belehrung über die eheliche Lebengemainschaft, sama contoh formulir aplikasi nya, cuma bagian depan aja. formulir aplikasi nya sendiri ada 6 halaman. isinya tentang data pribadi dan data orang tua di indonesia. Sewaktu aku datang aku bawa juga berkas buku nikah plus terjemahannya. Biasanya kalau urusan sama petugas pemerintah Jerman, semua berkas aku bawa semua, seandainya di tanya hehe

Iklan

6 tanggapan untuk “proses pengajuan eAT 2017 (Aufenthaltstitel)

  1. Wuah, gak ribet urus visa lagi. Semacam KITAS gitu ya?

    Toss, aku dan suami pun kolesterol. Hadeuh. Dikit lagi lebaran, alamat bakal konsumsi obat kolesterol nih. Huhu.

    1. iya seperti kitas dikita, hanya sekali aja abis itu permanen. gak ribet sih sebetulnya asal lengkap aja.
      wah welkam 2 d klab lah kalau begitu. menurut disini sih klo ada kolesterol gak ngaruh kita gak makan atau mengurangi makanan berkolesterol, harus dihantem dgn olahraga. walo males jadi takut juga sih maklum resiko kena jantung meningkat secara signifikan.

      salam
      /kayka

  2. Selamat bertambah sehat, Kayka..
    Dam selamat juga telah mendapat dokumen penting tentang ijin tempat tinggal. Lega pastinya ya 🙂

    1. sama-sama uni…
      gak uni ini bukan dokumen saya tapi postingan salah satu pembaca blog dunia kaya 🙂

      salam
      /kayka

Komentar ditutup.