Diposkan pada Nikah Campur

menikah secara sipil di denmark

seperti yang telah saya singgung di postingan sebelumnya, dibawah ini adalah sumbangan tulisan dari salah satu pembaca blog dunia kayka, sebut saja r, tentang bagaimana caranya menikah di catatan sipil Denmark. tulisan yang sekalian bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terus terang saja tidak bisa saya jawab karena tidak punya pengalaman soal menikah tanpa melalui birokrasi SKBM eks KUA. dan sepengetahuan saya pun sampai saat ini di tanah air kita belum ada jalur resmi menikah dengan mempertahankan agamanya masing-masing. artinya kalau mau ikut jalur resmi salah satu harus rela mengorbankan kepercayaannya.

oh ya sempat dilanda keraguan juga lho saat menurunkan tulisan ini, tapi akhirnya positif aja karena pasti udah lebih banyak yang tahu bahwa di negara-negara lain seperti di negara dimana saya menetap sekarang untuk bisa mengikat janji suami istri itu syarat mutlaknya itu cuma satu, harus punya dokumen yang valid yang menjelaskan status yang bersangkutan apakah single, pernah bercerai atau status janda/duda ditinggal mati suami/istrinya. artinya gak ada drama gak lama menikah ada wanita atau pria yang claim sang pengantin adalah istri atau suaminya. namanya juga menikah sipil gak bakalan ada pertanyaan soal agama. agama itu penting diklarifikasi saat pertama mengisi formulir data warga saja. selain untuk keperluan statistik, positifnya untuk yang non katolik dan protestan penghasilannya tidak dipotong pajak gereja. that’s all.

untuk r, sekali lagi terima kasih ya untuk tulisannya yang super lengkap ini dan kesediannya untuk berbagi.

***

menikah secara sipil di denmark
menikah secara sipil di denmark

Sebelumnya aku blm menyarankan org lain untuk meniru cara ku, tetapi berbagi pengalaman ga ada salahnya,  bisa dibilang langkahku belum sukses,memang berhasil menikah beda agama di Denmark, berhasil mendaftarkan di Jerman dan di Indo, tetapi visa kumpul keluarga blm di dapet. Ini juga yg bikin aku ketar-ketir takut kedutaan mempermasalahkan pernikahan ku, padahal memang secara hukum di Jerman pernikahan kami sah. karena  intinya aku melakukan pernikahan supaya bisa hidup bareng dengan pasangan setelah bertahun-tahun menjalanin hubungin long-distance tanpa memaksakan kayakinan satu sama lain, Alhamdullilah jika  suatu hari nanti suami ku bisa menjadi mualaf..

Berdasarkan pengalaman aku menikah di Denmark bisa di urus sendiri dengan email ke komune setempat dimana kita ingin melakukan pernikahan, dangan cara ini bakal menghemat biaya banget, waktu itu aku pake agent karna pasti bakalan ribet banget kalo ngurus sendiri. Agentnya pun aku pilih dengan random dengan cari-cari di internet www.getmarriedindenmark.com, tapi mereka sangat profesional kok. Kenapa aku memlilih mereka karena pernikahan di laksanakan di pulau kecil di Ærø tepatnya di Ærøskøbing. dan kebetulan sekali aku pengen banget mengunjungi pulau ini jadi momentnya pas. Cuman mereka tidak melayani pernikahn di kantor komune setempat, tetapi pernikahan di selangarakan di ” Old Merchants Court ” biayanya €990 dengan flowers dan champagne. untuk pernikahan yang dilaksanakan kurang dari 2 minggu ada biaya tambahan sebesar €200. Mereka juga punya beberapa paket pernikahan yang lebih komplit misal dengan membawa tamu undangan, di laksanakan di pantai dll, pasti nya ada biaya tambahan lagi. untuk lebih lengkapnya silahkan cek di websitenya . Kebetulan pernikahan ku cuma di hadiri adik kandung suami ku, jadi kita memilih paket yang paling simple, toh juga nantinya kita akan merayakan kembali, untuk opsi ini tergantung masing-masing pasangan keinginan mereka apa bisa di diskusikan dengan agent.nya.

Ada juga opsi agent lain berdasarkan info dari temen melalui email yaitu http://www.heiraten-leicht-gemacht.de/en/marriage-in-denmark/ which is lebih murah, jasa mereka apa aja bisa di cek di website ya.

ok jadi prosesnya:

– Pertengahan april suami ku email mereka mengenai dokumen apa saja yang di butuhkan, suami ku cukup aktif email mereka untuk menayakan atau memberitahu setiap ada update dari ketersediaan dokumen, dan agent nya sangat profesional membalas satu persatu pertanyaan dll, untuk menghindari additional charge €200 sebaiknya di urus sebelum keberangkatan :

mereka membalas dengan email ini

DOCUMENTS – In order to marry here we would ask you to scan, label and e-mail the following documents (with a translation into English or German) to us in advance:

Your passports (& Schengen tourist visa for your fiancee) Copies of birth certificates Documentation for your marital status – this can be a standard certificate from your local authorities stating that you are single and free to marry. Germans can use an Aufenthaltsbescheinigung or Meldebescheinigung. Whichever document you use it must be less than 4 months old at the wedding. Under exceptional circumstances it may be possible to waive this requirement – please ask us.
Divorce decrees (if relevant – and apostille or legalisation, depending on the country of origin of the decree) Notice of marriage & booking form – I have attached these forms. You would need to fill them out, sign them, and e-mail them back to me.

– Untuk dokumen suami aku tidak tahu proses sampe dia dapetin gimana, intinya ketika aku udh berangkat kesana dia udh siap dengan semua dokumennya. dan dokumen dia dalam bahasa Jerman

sedangkan dokumen-dokumen aku semua aku terjemahin dalam bahasa Inggris karena lebih murah. (oh ya untuk case ku, aku lumayan lucky) :

– Akte lahir (kutipam akte lahir yang baru, terjemah akte lahir dalam bahasa inggris dgn penerjemah tersumpah) seperti yang mereka email, mereka tidak menyebutkan apakah aku harus mengkutip lagi akte kelahiran ku, tetapi akhirnya aku bikin juga untuk jaga-jaga dan kutipan ini yang di serahin.

– Schangen Tourist Visa ( aku punya schangen tourist visa yang masih berlaku 1 tahun, tetapi dari kedutaan Belanda)

– SKBM , (diganti Kartu Keluarga )

untuk minta ini dokumen yang aku bawa:

akte lahir, Foto copy ktp, Foto copy kk, surat pengantar RT/RW (dibuatin RT.nya), KTP Mama, Surat kematian Bokap, isi form pernyataan dikasih dari keluarahan pake meterai,

Ini salah satu dokumen yang lumayan bikin stress ngedapetinya, jadi waktu itu aku dateng ke kelurahan minta skbm, ditanya mau menikah dimana, mau ke KUA mana ( i have no idea yet), aku bilang jujur mau menikah di luar negri (tidak menyebutkan akan menikah beda agama) petugas nya lumayan curiga2 gak jelas, kaya gak mau kasih tuh skbm atau mungkin dia malah gak tau gimana proses menikah di luar negri (aku jelasin blablabla), trus dia tanya hampir 3 orang di kelurahan itu, mereka bilang di kasih aja yang penting nanti di laporin kalo sudah menikah, terus dia kasih suggestion sendiri untuk dateng ke KUA Grogol (aku iya in aja, padahal aku tahu kalo mau menikah beda agama mana mungkin KUA mau tanda tangan surat dll, tanapa keterangan mualaf dari calon suami), setelah itu petugas nya bilang suruh aku pulang dengan meninggalkan no hp, nanti di hubungin kalo suratnya udah jadi,karena lurah ga ada di tempat. (gratis)

aku tunggu selama satu minggu blm ada sms dr pihak kelurahan, mulai galau donk, akhirnya aku punya inisiatif untuk menterjemahkan Kartu Keluarga yang baru, ini yang kebetulan banget, jadi pertengahan april itu dokumen pindah alamat ku baru jadi, jadi baik ktp, kk, dan keterangan alamat yang ada di paspor ku baru, aku terjemahin kartu keluarga ku yang baru yang ada keterangan status “Single”  ke bahasa inggris dengan penerjemah tersumpah, trus aku cerita ke suami tentang susahnya dpt skbm, suruh dia email Kartu Keluarga yg asli dan terjemahnaya ke agent ku, (mungkin mereka tanya dulu ke komune ya ) Alhamdullilah banget mereka terima dokumen aku karena kebetulan dokumen itu gak lebih lama dr 4 bulan sesuai yang di minta.

hari senin depanya aku dateng ke kelurahan untuk tanya skbm dgn petugas yang sama, buat jaga-jaga seandainya memang nanti aku butuh dokumen ini , sebenernya petugasnya ramah kok, dia tanya kenapa baru di ambil, yah aku sendiri aja nunggu dia sms untuk ambil dokumen, dengan ngelesnya dia bilang lupa karen lg banyak banget dokumen yg di urus, tp emang bener sih pas dia cari skbm ku di situ ada setumpuk dokumen-dokumen yang nunggu di ambil pemiliknya.

waktu itu di kasih dokumen N1,N2,N3, dan dia berpesan untuk di bawa ke KUA yang sudah di saranin, aku iyain aja, tp engga aku bawa ke KUA, dgn alesan Kartu Keluarga yang aku kasih ke Agent diterima. tp dokumen ini nantinya aku bawa ke Jerman. mereka juga saranin https://www.onehourtranslation.com/  kalau aku butuh penerjemah, tp ya terjemahin di indonesia lebih murah kok.

Proses Berangkat dan menikah

– Juni Aku berangkat Ke Belanda dengan visa turis (bikin itenarary, hotel booking dll, seperti turis-turis biasanya, ini ditanyain juga lho di imigrasi Belanda), suami ku jemput ke Belanda, kita liburan dulu di Belanda, baru tanggal 19 dari Belanda kita menuju Hamburg, (menginap semalem)

– Tgl 20 sebelum jam 3 sore kita harus hadir di komune untuk ketemu sama penghulu dan di cek kelengkapan dokumen ( semua yang urus agent, mengenai dokumen dll, kita tinggal dateng aja ke komune sebelum jam 3, dan Agent nya udah nunggu di sana), Tgl 20 kebetulan aku nunggu adik suami dr Berlin ke Hamburg, setelah ketemu kita bertiga pake mobil sumaiku berangkat menuju Ærøskøbing, ini nih yang seru haha, jadi untuk menuju ke Ærøskøbing cuma ada 2 Kali penyebrangan dengan Fery pertama jam 7.45 pagi dan 13.20, kita ga mungkin banget bisa sampe dermaga jam 7.45 dr Hamburg, akhirnya kita pilih Jam 13.20 dengan asumsi perjalanan dgn Fery 70 menit, dan setelah menyebrang dengan Fery dari Fynshav ke Soby,  kita masih ada bebrapa menit untuk sampe ke komune sebelum jam 3, aku agak lupa tp waktu itu kita sampe komune kira-kira 5 menit sebelum jam 3,untungnya jam disana ga kaya jam indonesia.

tips untuk tiket fery kalo bisa di booking dulu karna takutnya penuh ( http://www.aeroe-ferry.dk)

sesampainya di komune kita duduk sebentar, udh ada agent yg urus dll, trus ga lama kemudian penghulu samperin kita buat pastiin dokumen dan konfirmasi kalo besoknya kita menikha jam 11 di ” old merchant court ” sesuai rencana. Selesai.

– Kemudian Agent ku anterin kita dimana kita kan menikah, kebetulan ga jauh dari hotel kita menginap lho, jd bisa jalan kaki dr hotel ke tempat pernikahan, pernikahan di lakukan dalam bahasa Inggris. selesai itu kita ke hotel buat taro-taro barang, dan maen-maen di sekitar pulau, pulaunya bagus banget, cuma yang special dr pulau ini, hotel ga banyak pilihan, dan restaurant pun bukanya di jam-jam special haha, mereka terima unag dalam bentuk Euro.

– tips kalo bisa hotel booking jauh-jauh hari ya, soalnya banyak banget yang menikah di sini, dan kadang hotel banyak yg penuh.

– tgl 21, di hari pernikahan. aku juga booking penata rambut sama make up, yg urus jadwalnya  agentnya juga mereka dateng ke hotel dimana kita menginap, kita bayar ke orang nya langsung jd agent ga sebutin harganya berapa, waktu itu aku bayar make up 80 Euros, sama Rambut 120 euros. 2 jam sebelum pernikahan mereka dateng ke hotel buat bantu aku siap-siap.

– setelah selesai, jam 11 aku dateng ke old merchant court, penghulu sudah berada disana, pernikahn di laksanakan selama kira2 15 – 20 menit, minum champagne, selesai. sertifikat menikah nanti akan di kirim ke alamat kita karna akan di apostile dulu, saksi di sediakan, waktu itu saksi ku adik suami dan  dr pihak agent.

– kalo mau sewa fotografer juga di sediain , cuma waktu itu aku engga. foto-foto sendiri di pulau, keliling pulau, dan kebetulan iklimnya lagi bagus banget.

– tgl 22 nya kita pulang ke Jerman

oh ya aku juga minta jasa legalisasi di kedutaan indonesia di copenhagen biayanya 300 euros, sebenernya ini opsional ya, bisa urus sendiri juga, aku ga tau  waktu legalisasi ini ribet apa engga, tp agent ku lumayan kesel sih sama pihak kedutaan yang bertele-tele, dan lumayan memakan waktu, sampe aku harus pulang ke indo tanpa dokumen itu. mereka sampe 3 kali ke copenhagen buat tanya dokumen ku, untung saja mereka tetap profesional dan bertanggung jawab.

Setelah sertifikat di terima (tanpa legalisasi tetapi sudah apostile), satu minggu kemudian kita daftarin di rathaus dan standesam (aku agak lupa haha, tp kayanya bener, cuma kita gak dateng ke Burgeramt), waktu itu sih aku sempet di tanya-tanya, dan mereka sempet nanya apa aku bisa bahasa Jerman, suami ku bilang belum begitu bisa, dan aku masih akan balik ke Indo, kasus kaya aku gini lumayan langka di kota kecil tempat suami ku tinggal (menikah di denmark, beda agama, visa touris belanda ?), jadi mereka sempet nunggu keputusan dll. setelah aku sampai indo suami ku email mereka apakah status dia udh berubah, mereka bilang udah, dan gak perlu ke burgeramt.

jadi kurang lebih kaya gt prosesnya Kayka, mungkin buat yang lain yg ga pengen ribet bisa menikah di Denmark pilih tempat yang ga di pulau, contohnya Tonder, banyak juga kok yang menikah di sini…

===

udpate!

alhamdulillah visa r akhirnya minggu yang lalu keluar juga. r sempet stress karena dijutekin abis saat diinterview di kedutaan soal visa belanda, suami orang jerman tapi nikahnya di denmark dst dst… total2 r harus menunggu 10 minggu sampai visanya keluar. suami r juga sempat menghubungi ABH utk menanyakan status permohonan visa r. Herzlichen Glückwünsch R! 

 

12 tanggapan untuk “menikah secara sipil di denmark

  1. Hallo mbk….aq minta tlg d jelasin lg secara jelas. Aq kn menikah di Denmark dan qta bda kyakunan.. Aq islam dan suami kristen.. Dia kn dtg k jkt tuk menjemput saya menikah d denmark… Minta tlg d jelaskn, visa apa yg sya apply dan sya jga blm pernah k demark… Minta tlg penjelasannya… Makasi.. Tlg email k putriseruni753@gmail.com
    Saya sgt tggu responya.. Mkasi

    1. hallo putri,

      nikahnya kalau boleh tau dengan orang mana ya?
      klo negara suami masuk kedalam negara schengen, sebaiknya apply visa schengen. applynya dimana, saya sarankan ke kedutaan dimana suami tinggal.

      salam
      /kayka

      1. Calon aq adalah warga denmark, lebih mudah menikah di indonesia atau di denmark…minta tlng penjelasannya…bingung nih…makasi….

        1. hallo putri,

          gak usah bingung. mau menikah di indonesia bisa, mau menikah di denmarkpun gak masalah. coba dimulai dengan melihat persyaratannya dan kesepakatan putri dan calon maunya menikah dimana.

          salam
          /kayka

    1. hallo feny,

      menikahnya sama orang denmark atau gimana?

      klo hanya utk menumpang nikah di capil (kamu dan calon bukan orang denmark), share dari kontak saya disini hanya menggunakan terjemahan kartu keluarga saja.

      salam
      /kayka

  2. Hallo Mbak.

    Rencananya saya akan menikah di bulan oktober tahun ini dan sudah menghubungi agen di Denmark. Tempat nikah di Aeroskobing. Tunangan aku orang inggris. Kristen dan aku Muslim. Ada yang aku mau tanyakan.
    1. Dokumen yg perlu kita lampirkan hanya KK yang sudah di translate ke bahasa inggris oleh penerjemeh tersumpah. Apakah ada dokumen lain?
    2. Berapa lama sertifikat nikah kita dapatkan setelah selesai menikah?
    3. Untuk pelaporan pernikahan ke Kedutaan Indonesian di kopenhagen dokumen apa saya yang di lampirkan?
    3. Akte nikah bisakah translate di Kedutaan Indonesia.?
    4. Berapa lama Kedutaan Indonesia melegalisasi akte nikah?
    5. Pengalaman mbak agen membantu untuk melegalisasi akte nikah di Kedutaan Indonesia di Kopenhagen kalau boleh tahu biayanya berapa?
    Kalau aku yang urus sendiri ke Kedutaan Indonesia waktunya tidak cukup karena aku cuma seminggu di Denmark.

    Minggu depan saya baru apply visa denmark.

    Terima kasih.

    1. Hallo Mila,

      ini saya forward-kan jawaban dari r, yang menyumbang tulisan soal menikah secara sipil di denmark ini. mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan mila.

      untuk r, makasih ya say 🙂

      ===

      Hi kak ikaa…

      Aku baik alhamdullilah.. Semoga kak ika juga baik ya..

      Aku jawab pertanyaan satu2

      Aku sarankan sih minta bantuin agen, karena bakal ribet Kalo urus sendiri. Kalo pake agen mereka yg urus semua dokumen Dan kita tinggal ngikutin aja apa yg mereka minta. Tp Kalo urus sendiri kayanya bakal lebih murah..

      1. Dokumen yg di butuhkan tergantung Kommune dimana tempat akan menikah dilaksanakan, mereka pasti kasih tau apa aja yg di butuhkan. Di Aeroskobing ada beberapa Kommune, Karena aku menikah di Bantu agen jd agen yg urus menetukan Kommune mana Dan sekaligus penghulunya. Jd waktu sampe Denmark agen sudah menunggu di Kommune untuk bertemu penghulu di pastikan dokumennya lengkap Dan selanjutnya pernikahan di lanjutkan keesokan hari di tempat yg berbeda. Tp banyak juga yg menikah langsung di Kommune Cuma kebetulan aku pake agen yg menikahnya di tempat lain. Jd penghulu itu di undang di tempat kita akan menikah. Pernikahan di laksanakan dalam bahasa inggris . Saksi boleh bawa sendiri atau agen yg menyediakan. (waktu itu aku Saksi dari adik suami). Kalo gak pake agen aku kurang tau saksinya gimana atau emang harus bawa sendiri.
      Waktu itu dokumen yg diminta
      Akte lahir asli Dan yg sudah di terjemahin penerjemah resmi ( mereka terima bahasa Jerman atau inggris). Aku pake bahasa inggris. Dan kebetulan akte ku baru di perbaharui.
      schengen visa
      Skbm ( surat keterangan belum menikah) ini yg penting banget aku kebetulan bikin ini lumayan ribet Dan lama. Sambil nunggu Skbm di kelurahan jadi. aku tanya ke agen Apakah bisa pake kartu keluarga karna di kartu keluarga ada Status yg menyatakan bahwa aku single. Dan kebetulan kartu keluarga ku baru di perbaharuin tidak lebih lama dari 4 bulan sampai tgl aku akan menikah jadi mereka terima dokumen ini. Jadi Kasus aku pake kartu keluarga termasuk lucky. Jadi sebenrnya kartu keluarga ini bukan syarat dokumen yg di minta. Yg di minta itu surat keterangan yg menyatakan km single Dan belum pernah menikah. Bikinnya dari rt rw trus ke kelurahan ( Nanti di jelasin di kelurahan prosesnya apa aja)
      Paspor suami
      Aufenthaltsbescheinigung for suami
      Notice of Marriage ( di kasih Dr agen)
      Booking form
      ( dokumen2 tersebut tidak lebih lama Dr 4 bulan)

      2 & 3. Sertifikat aku dapet kira2 sebulan(sudah apostile Dan legalisasi),
      Aku gak lapor nikah di kbri Copenhagen Cuma legalisasi akte nikah.lapornya di capil indonesia. Dan Kalo gak mau legalisasi dikedutaan indo di Copenhagen sebenrnya sertifikat nikah dpt cepet. Waktu itu aku minta agen yg Bantu legalisasi tp mereka lupa jd kira2 5 hari or seminggu setelah menikah mereka kirim sertifikat menikah ke Jerman. Sudah di apostile.
      Trus aku tanya Apakah ini sudah di legalisasi ternyata belum. Jadi aku balikin lg dokumen Dan mereka yg urus di kedutaan indo di Copenhagen. Kira.kira 1 bulan baru jadi..udh lupa juga.. Waktu itu aku udh balik ke indo.
      Waktu Bayar legalisasi ke agen 300€ ga tau skrg biayanya udh naik atau belum.

      Kalo mau laporin pernikahan di catatan sipil indo. akte nikah nya syaratnya udh di legalisasi di kbri Copenhagen.

      4. Akte nikah ku gak aku translate jd kurang tau Kalo masalah ini. Akte nikah sudah dalam 4 bahasa inggris Jerman spanyol Dan danish.

      5 & 6 legalisasi di Bantu agen Bayar 300€, kira2 satu bulan ( ini sih tergantung kedutaan indo sepertinya). Dokumen yg di butuhkan kurang tau. Karena agen yg urus. Tinggal terima jadi.. Dan kebetulan agen masih Punya dokumen2 yg lain yg menjadi pelengkap syarat menikah trsb. Jd tidak tau apa Saja yg mereka lampirkan. Coba cek website kbri Copenhagen.

      Nb. Aku menikah di Jerman beda agama Dan Diterima di Jerman karena kebetulan Jerman Dan Denmark Punya perjanjian yg mana menikah di negara trsebut di akui. Jd Kalo Kasus km dgn warga negara inggris aku kurang tau.. Cuma Denmark menerima pernikahan beda agama Bahkan Sesama Jenis.

      Oke jd gt aja deh kak ikaa..
      Bantu ka ika yg forwardin yaaa hehe

  3. hai mbak, salam kenal aq ada rencana menikah dengan WN spanyol di denmark meski sm2 seiman. klo abis. nikah bisakah kita apply visa family di spain yg notabene negara lain. aq bs minta alamat email mbak? email aq di e.trifina84&gmail.com. thanks ya mbak 🙂

    1. hallo jonah,

      kog gak nikah di spanyol aja? ok menikah di denmark ini sah menurut hukum disini. spanyol negara eu, kalo udah resmi menikah bisa mengajukan visa kumpul keluarga. yang perlu dicari tau adalah persyaratan di spanyol untuk visa kumpul keluarga disana.

      salam
      /kayka

  4. Halo mbak salam kenal ya,
    Aku ingin Tanya dan minta info nya
    Aku rencana ingin menikah dgn orang jerman tapi aku saat ini bekerja di poland dan aku ada visa kerja yg bisa ku pakai untuk Shengen area…dan kami berniat akan menikah di negara denmark dan setelah menikah kita rencana ingin langsung tinggal di Jerman .
    Pengalaman mbak setelah mendapat sertifikat menikah apa yg di lakukan untuk bisa tinggal di Jerman dan kita harus
    menyerah kan sertifikat menikah di mana ya mbak ?
    Juga document apa yg harus ku siap kan untuk tinggal di jerman setelah menikah di denmark ya ?
    Sebelum dan sesudah nya Terima kasih mbak untuk info nya

    1. hallo vivi,

      salam kenal kembali. kalau vivi baca dengan teliti ini bukan pengalaman saya sendiri melainkan pengalaman salah satu pembaca dunia kayka. ok berikut adalah jawaban dari dia:

      1. Syarat menikah di Denmark salah Satunya Punya visa schangen, Jd Kalo visa km visa kerja Dr negara Poland yg bisa di pake di schangen area saya tidak tau . Kalo km ingin menikah tanpa agent coba tanya Kommune di Denmark. Kalo km mau menikah dengan bantuan agent coba tanya agent yg km pilih.

      2. Kalo ingin langsung tinggal di Jerman, dengan Status visa kerja km yg mana saya tidak tau blue card or dll,mending tanya kedutaan Jerman di indo melalui email. Karna biasanya sih Kalo mau apply resident permit harus pulang dulu ke indo Dan apply di kedutaan Jerman di Jakarta. Sekali lg untuk Kasus km dengan mempunyai visa kerja Dr Poland dan ingin langsung tinggal di Jerman setelah menikah saya kurang mengerti.

      3. Setelah menikah saya daftarkan pernikaha di standesamt di Jerman. Km bisa cari info di standesamt setempat syaratnya apa Saja karna mungkin berbeda2.

      4. Dokumen yg disiapkan setelah menikah untuk tinggal di Jerman, coba buka website kedutaan Jerman di Indonesia, syarat “visa kumpul keluarga”.

      salam
      /kayka

      ***
      catatan: kolom ini saya tutup krn r disebabkan satu dan lain hal tidak bersedia lagi menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. harap maklum.

Komentar ditutup.