Diposkan pada Health

Diabetes Tipe 2 #2

diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

buat yang baru terdampar disini sejak akhir tahun lalu saya divonis kena diabetes tipe 2. nah bagian kedua tentang penyakit gula ini sudah sejak lama ingin saya turunkan tapi baru serius saya garap setelah membaca soal meninggalnya ketua KPU, Husni Kamil Malik yang mempunyai riwayat penyakit diabetes, akibat abses. sebelum meneruskan membaca harap dicatat tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya saya sebagai penderita diabetes, semoga bermanfaat…

sedikit tentang diabetes mellitus tipe 2: diabetes tipe 2 merupakan kelainan metabolisme yang ditandai dengan tingginya tingkat gula di dalam darah. kelainan yang menyebabkan ketika penderita diabetes mengkonsumsi karbohidrat, pankreas tidak melepas cukup hormon insulin yang berfungsi menyebarkan gula dalam darah ke seluruh sel tubuh untuk diproses menjadi energi. karbohidrat yang didapat melalui proses kimiawi antara CO2 dan H2O sifatnya manis. karbohidrat yang seharusnya di dalam tubuh manusia sehat diubah menjadi energi hanyut begitu saja didalam darah penderita diabetes. jadi tidak heran mengapa karbohidrat adalah musuh utama penderita diabetes. kegemukan adalah penyebab utama diabetes tipe 2 yang secara genetis memiliki kecenderungan penyakit ini. jadi kalau di dalam keluarga sudah ada penderita diabetes sebaiknya sejak usia 25 tahun mulai memeriksakan diri ke dokter.

diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

sebagai penderita diabetes saya diharuskan mengikuti kelas diabetes karena hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar gula darah yang tidak dikontrol dan terus menerus tinggi akan menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya seperti: penyakit jantung, stroke, terganggunya penglihatan, gagal ginjal dan gangguan sirkulasi darah di kaki. judulnya luka apa saja susah sembuhnya kalau saat luka terjadi pas gula darah ybs sedang tinggi-tingginya. kursusnya berlangsung total empat hari @ 90 menit. di sekolah diabetes penderita diabetes belajar bagaimana caranya tetap bisa hidup normal dan berkualitas asal bisa mengontrol gula darahnya. caranya sederhana saja harus diet karbohidrat, menurunkan berat badan dan berolahraga. untuk merubah gaya hidup ini harus melibatkan pasangan dan keluarga. pengalaman adviser diabetes saya tingkat keberhasilan merubah pola hidup ini lebih tinggi jika melibatkan keluarga. jadi disaat kendor ada yang ngingetin. jadilah disetiap termin suami ikutan mendengarkan perubahan-perubahan yang harus dilakukan. di akhir khusus saya menerima satu paket alat pengukur gula darah.

diabetes melitus tipe 2
diabetes melitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes melitus tipe 2
diabetes melitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

setelah mengikuti kelas diabetes suami dan saya lebih aware dan pelan-pelan harus mengubah stok di dapur. jangan ditanya capek dan bingungnya mikirin mau masak dan belanja apa. disinilah penderita dan keluarganya harus saling mendukung untuk memilih makanan yang bisa dimakan bersama dengan penderita diabetes. versi roti, beras atau tepung gelap (wholemeal) misalnya selain bikin kenyang gulanya tidak terlalu cepat masuk ke dalam darah. tapi ini tetap jumlahnya gak boleh banyak-banyak dan konsumsinyapun  harus dibatasi antara jam 11-14 siang, disaat tubuh bekerja maksimal. protein nabati maupun hewani adalah salah satu sumber yang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil energi dan zat pembentuk sel tubuh. hindari makanan dengan lemak jenuh yang tinggi. untuk tumis menumis misalnya cuma dua minyak yang direkomendasikan, yaitu minyak zaitun dan minyak rapeseed (rapeseed oil). hal penting lainnya adalah minum sekurang-kurangnya dua liter air per hari agar tubuh cukup ternutrisi dan bisa membantu ginjal dalam mengeluarkan gula darah tersebut dari dalam tubuh.

biar gampang mengingatnya komposisi sayur lebih banyak dari yang lain-lain. tidak makan bahan mengandung karbohidrat lagi setelah jam 14…

diabetes mellitus tipe 2 (credit to medipresse.de)
diabetes mellitus tipe 2 (credit to medipresse.de)

selain kelas diabetes saya harus rutin cek gula darah biasa dan hemoglibin (HbA1c), hemoglobin yang ditemukan dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. ketika gula darah kita terus menerus tinggi maka gula akan menumpuk dalam darah dan menggabungkan diri dengan hemoglobin. dengan mengukur tingkat HbA1c jadi tahu berapa jumlah rata-rata gula dalam darah selama 2-3 bulan terakhir. jika gula darah terus menerus tinggi selama rentang waktu tersebut maka hasil pemeriksaan HbA1c akan tinggi.

rentang Graubereich (gray zone) HbA1c disini adalah 5,7% – 6,4%. oh ya hasil pemeriksaan Hemoglobin ini juga dapat dipengaruhi oleh penyakit yang mempengaruhi hemoglobin seperti anemia, kolesterol tinggi, ginjal dan hati. kadar kolesterol baik HDL yang normal adalah diatas 45 mg/dl. kadar HDL yang rendah bisa mempertinggi resiko terkena penyakit jantung koroner. sebaliknya kadar kolesterol jahat LDL yang tinggi menjadi penyebab utama pembetukan ateroma, tumpukan plak lemak yang menumpuk di arteri pembuluh darah, yang pada akhirnya jadi pemicu penyakit jantung ateroklerosis (pengerasan pembuluh darah).

saat diketahui saya terkena diabetes, kadar Hemoglobin (HbA1c) saya adalah 6,3% dan kolesterol baik HDL-nya 31 mg/dl. tes kedua HbA1c setelah menjalankan diet adalah 5,4% dan berat saya turun 6 kg. hasil tes ketiga baru Hausarzt saya puas karena angka HbA1c-nya berhasil ditekan menjadi 5,1% dan berat saya berhasil turun total 10 kg. btw berat badan suami juga ikutan turun 10 kg lho. badan memang terasa jadi ringan dan lebih hepinya lagi ketika menyadari ukuran celana jadi turun empat nomor 😀 btw berat badan suami juga ikutan turun 10 kg lho. nah yang masih kurang bagus itu kadar kolesterol baik HDL masih dibawah kadar normal yaitu 40 mg/dl, schau ma mal…

diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

yang rada-rada susah olahraga, mualesnya minta ampun. solusinya adalah kalau lagi kemana yang ada tangganya saya bela-belain naik turun tangga. dan biar gak bosen harus rajin-rajin nyobain resep diet rendah karbohidrat edisi pemalas. judulnya gak boleh ndut. dengan mengikuti diet rendah karbohidrat artinya bisa bikin perut kenyang lebih lama. serangan lapar ekstrim yang diderita penderita diabetes diakibatkan oleh fluktuasi  insulin yang tinggi. nah fluktuasi insulin biasanya ditandai dengan timbunan lemak terutama di bagian perut. semakin ndut semakin deh resistensi insulinnya. itulah sebabnya pengukuran bagian perut menjadi salah satu rutinitas kontrol pasien diabetes. jadi inget nyokab sering bilang gak boleh banyak-banyak makan nasi perutnya bisa buncit. ternyata ini penjelasannya…

dibawah ini adalah bahan-bahan yang MEMICU tingginya gula darah:

  • susu dan produk-produknya (yoghurt, buttermilk, kefir)
  • buah-buahan → catatan: apel adalah satu-satunya buah yang lumayan aman dimakan dalam jumlah terbatas
  • gandum dan produk-produknya (roti, tepung, semolina, bahan pengental, beras, mie, jagung, flakes)
  • kentang dan produk-produknya (french fries, mashed potatoes, kroket, dumplings) → goreng-gorengan gitu lah
  • gula (gula pasir, sirup gula, madu, gula-gula, kue, es krim)

bahan-bahan yang TIDAK MEMICU tingginya gula darah:

  • bahan-bahan kaya air: sayur, salad, jamur, tanaman herbal
  • bahan-bahan kaya lemak: butter, margarin, minyak, mayonnaise, double cream
  • bahan-bahan kaya protein: daging, ikan, ayam, telur, keju, quark, sosis

catatan: walau tidak memicu meningkatnya gula darah harus hati-hati dengan bahan-bahan kaya lemak. sebisanya pilih versi miskin lemaknya dan tidak banyak kandungan lemak jenuhnya. untuk protein paling aman itu ayam dan ikan.

diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

harus diakui kadang-kadang serangan untuk makan coklat, es krim dan chips kerap mendera. tetep sih makan coklat juga tapi edisi yang banyak kandungan coklatnya. saya bahkan udah nyobain yang kandungan coklatnya 99% lho tapi tobat deh gak ada bedanya dengan coklat bubuk ewww. paling pol itu bisanya coklat 85%.  kalo ngebet makan chips saya bikin kacang edamame rebus aja. nah es krim nih yang masih belum ada penggantinya. gapapa deh sesekali bikin dosa #nawar

diabetes mellitus tipe 2
diabetes mellitus tipe 2

kalo aja gak gegara dm angka-angka di belakang kemasan ini tidak pernah betul-betul jadi perhatian saya. tapi sekarang harus selalu berpikir berapa karbohidrat yang saya konsumsi. takut kalau tidak bisa mengendalikan gula darah secara alami akan berakhir dengan suntik dan tablet. cara-cara yang bikin pabrik insulin tambah rusak karena dipaksa untuk produksi melebihi kapasitas. atau lebih buruk lagi lama-lama beneran kena komplikasi diabetes.

tulisan ini saya akhiri cara gampang ngitung asupan karbohidrat sbb: 10 g karbohidrat setara dengan tiga gula bit. jadi kalau satu papan coklat yang beratnya memang 100 g ini saya makan sekaligus artinya saya nelen enam gula bit…. ini contoh aja ya, prakteknya paling banyak makan cuma dua potong kecil aja (klo lagi bandel kadang-kadang tiga deh). baca informasi nutrisi ini harus dengan seksama karena pada umumnya informasinya adalah untuk per 100 g. jadi kalau sekantong chips 200 g dimakan sekaligus harus dikaliin dua dulu tuh info karbohidrat di belakang kemasannya untuk mengetahui berapa gula bit yang terkandung didalam chips tersebut…

ah memang yang enak-enak itu lebih sering menyembunyikan hal yang tidak enak ya…

Iklan

11 tanggapan untuk “Diabetes Tipe 2 #2

  1. Selamat ya Kayka sudah berhasil menormalkan gula darahnya kembali dan berhasil juga menurunkan berat badan sampai 10 kilo. Saya tahu prosesnya pasti sulit. Tapi kalau sudah berhasil seperti ini pastinya jauh lebih happy

    1. hallo uni, terima kasih ya. bener uni proses yang tidak mudah karena menyangkut kebiasaan bertahun-tahun. tapi terbayar saat ngliat hasilnya.

      salam
      /kayka

  2. Sedikit melengkapi saja. Aneka pepes, pecel, gado2, selat solo, karedok, dan sejenis itu sekarang jadi menu yg lg sering kubuat. Karena suami kolesterol tinggi. Kalo sayur dikukus paling jagung sama uni aja, lainnya seperti: labu, terong, dan buncis bisa juga jd pilihan tapi aku belum cobain.

    1. terima kasih frany. wah liat nama-namanya jadi inget sayuran seger di tukang sayur saya di jakarta #ngimpi. harus diganti dengan sayuran yang tersedia disini. klo jagung termasuk yang saya hindari fran, karbohidratnya juga tinggi.

      salam
      /kayka

  3. Selamat ya Kayka. Semoga tetap sehat.

    Saya membayangkan sulitnya tak boleh makan karbohidrat setelah jam 14.00. Betapa menyiksa. Saya kadang jam 12 malam masih makan nasi Padang. Habis, gimana lagi karena tuntutan kerja sebagai “mandor” konstruksi yang sering mengawasi kerja di lapangan sampai dinihari. Untuk sehat memang harus berkorban. Sekarang saya “berkorban” untuk sehat: sekali seminggu One Day No Rice; mengurangi asupan gula; olahraga jogging seminggu minimal 150 menit; berusaha makan banyak sayur; puasa sekali seminggu (kalo ini motivasi ibadah) sering juga bolong. Berusaha tak makan setelah jam 18.00 adalah hal sulit masih tertanam dalam mindset saya, 🙂 Sulit karena saya belum berusaha maksimal.

    1. eh si uda, terima kasih ya.

      asli sulit uda apalagi saat serangan lapar mendera. tapi karena tau konsekuensinya harus disiplin. harus bisa memanipulasi otak dengan makan makanan yang direkomendasikan. makan nasi padang tengah malam? sebaiknya jangan diteruskan, diganti gado-gado atau sejenisnya aja plus tahu dan ayam.
      memang harus berkorban untuk bisa sehat. klo udah sakit baru kerasa lho uda sehat itu segalanya.

      salam
      /kayka

  4. Susah juga ya Mbak, kualitas hidup otomatis agak menurun karena jadi nggak bebas makan segala macam. Tapi demi kesehatan ya memang harus dijalani sih ya

    1. itu dia mas memang gak bisa makan seenaknya lagi 😦
      tapi demi bisa sehat harus berkorban. mau makan enak apa terus terdampar di situasi yang menakutkan.

      salam
      /kayka

    1. hallo puji,

      terima kasih ya. suatu kebahagiaan klo ternyata bisa membantu orang-orang dengan situasi yang sama.

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s