Diposkan pada Hari Besar Islam

Idul Fitri 1437 Hijriah

Idul Fitri 1437 H
Idul Fitri 1437 H

walau sudah seminggu berlalu pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan selamat merayakan hari yang fitri bersama keluarga. mohon maaf lahir dan batin kalau selama ini ada tulisan yang kurang berkenan.

lebaran di jerman tahun ini dirayakan tanggal 5 Juli, sehari lebih cepat dari perayaan hari idul fitri di indonesia. berhubung tinggal disini saya mengikuti edaran yang bersumber dari lembaga yang ada disini. logis karena pemerintahan disini pemerintahan non muslim maka penentuan awal atau akhir ramadan diambil alih lembaga lain yang berbadan hukum seperti misalnya majelis fatwa eropa dan persatuan ulama jerman. pun begitu selama dalam perjalan menuju tempat sholat ied diselenggarakan, orang-orang yang terlihat berbusana khusus hari raya dari berbagai negara tidaklah seramai tahun-tahun sebelumnya. hari rabunya baru deh jalanan diramaikan oleh warga muslim yang mengenakan aneka busana dari negaranya masing-masing. dari semuanya hari apapun lebarannya yang penting saling mendoakan semoga amal ibadah selama bulan suci ramadan diridhoi dan diberkahi Allah. dan juga saling memaafkan atas segala kesalahan dan kekhilafan selama ini…


oh ya bagian ceramah idul fitri yang paling melekat di dalam ingatan saya adalah seorang mukmin hendaknya hidup di dunia seperti yang disabdakan Rasulullah yaitu hidup ibaratnya seperti seorang musafir. „apabila engkau berada di sore hari, maka janganlah menunggu hingga pagi hari. dan apabila engkau berada di pagi hari maka janganlah menunggu hingga sore hari. pergunakanlah waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu. dan pergunakanlah hidupmu sebelum datang kematianmu” (HR. Al-Bukhariy no. 6416)…

Idul Fitri 1437 H
Idul Fitri 1437 H
Idul Fitri 1437 H
Idul Fitri 1437 H

selesai ceramah idul fitri apalagi yang ditunggu kalo bukan kotakan. sambil nungguin bagian sambil salam-salaman sama sebelah-sebelahnya. nah saya ngincer yang ada asin-asinnya nih tapi kebagiannya cemilan manis. lumayan gregetan juga karena sebelah saya bukannya mratiin flow pembagian kotakan eh malah sibuk melentikan bulu matanya #lontooongbangetgaktuh. sampe dicolek-colek sama mbak n, tapi yang gak tergugah gitu dan masih sibuk aja sama pelentik bulu matanya #grrrr. alhasil jadi beberapa kali kelewat dan kebagian lumayan paling belakangan…

Idul Fitri 1437 H
Idul Fitri 1437 H

yasut gapapa untuk bisa merasakan hidangan khas idul fitri masih ada kesempatan di acara halal bilhalal yang diadakan hari Sabtu ini tanggal 16 Juli mulai dari jam 11 siang di Mainfeld Kulturhaus Frankfurt 🙂

Iklan

8 tanggapan untuk “Idul Fitri 1437 Hijriah

  1. Selamat Idulfitri Mbak, mohon maaf lahir batin. Tetep ya sepatunya banyak banget nangkring di depan pintu, hehe. Saya penasaran perayaan halal bihalal di konsulat jenderal itu, mungkin semua orang Indonesia yang ada di Jerman pada datang ya… kapan lagi kumpul dengan orang-orang seperantauan. Ah pasti agak mengharukan.

    1. terima kasih garaaa…

      hahahaha iya gak dikita gak disini. saya juga penasaran belum pernah soalnya. mudah-mudahan kali ini bisa. yang tinggal deket-deket Frankfurt saya rasa mesti dateng ya gar.

      seneng memang lho bisa ketemu sesama orang kita di tempat yang jauh ini.

      salam
      /kayka

Komentar ditutup.