Diposkan pada Daily Life

Ausländer-Beiratswahl 2015

Ausländer-Beiratswahl 2015

walau flu berat dan ujan awet seharian hari ini tak bela-belain ikutan pemilihan perwakilan Dewan Pertimbangan Asing (Ausländer-Beiratswahl) tingkat Kommunal di daerah saya. pemilihan perwakilan AB  berlangsung setiap lima tahun sekali. dewan yang mewakili orang asing di Jerman ini dipilih langsung oleh orang-orang asing di daerah tersebut. dewan yang dipilih secara demokratis ini diantaranya berperan dalam menjembatani komunikasi antara orang asing dan pejabat lokal, pengambilan keputusan politik daerah dan integrasi melawan diskriminasi.

Ausländer-Beiratswahl 2015

Ausländer-Beiratswahl 2015dua minggu sebelum pemilihan saya menerima amplop berisi info seputar pemilihan yang berlangsung tanggal 29 November. sempet lama tak anggurin dan beberapa menjelang hari pemilihan baru deh dibolak-balik halaman informasi seputar pemilihan. menarik dan detail informasinya, jadi hari H-nya tinggal nyontreng aja. di tempat saya cuma ada tiga pilihan:

  • pilihan pertama: 6 kandidat asal Italia
  • pilihan kedua: 11 kandidat asal Turki
  • pilihan ketiga: 4 kandidat Internasional (diluar kedua negara tersebut)

Ausländer-Beiratswahl 2015

Ausländer-Beiratswahl 2015

Ausländer-Beiratswahl 2015

di tempat saya cuma ada tiga pilihan:

  • pilihan pertama: 6 kandidat asal Italia
  • pilihan kedua: 11 kandidat asal Turki
  • pilihan ketiga: 4 kandidat Internasional (diluar kedua negara tersebut)

setiap pemilih boleh memberikan 15 suara. kalau gak tau tinggal tinggal pilih judulnya saja, nanti suara kita dibagi rata diantara kandidat. setelah memperlihatkan surat panggilan, paspor dan kartu izin tinggal saya mendapat selembar surat suara. beres menandai lembaran suara, saya memasukkan kertas suara tersebut ke dalam kotak yang disediakan. oh ya pengumumannya sendiri sudah bisa dilihat sejak jam enam sore di http://www.agah-hessen.de/wahl2015/wahlergebnisse/

 

Ausländer-Beiratswahl 2015

di atas adalah hasil penghitungan suara di daerah saya. dari 4.732 orang yang berhak memilih (338 diantaranya pemilih wanita) hanya 338 orang yang memberikan suaranya (2 suara dianggap tidak sah). berarti hari ini hanya 7% yang memberikan suaranya #mmm yasut, yang penting saya senang tidak menyia-nyiakan hak pilih saya…

Ausländer-Beiratswahl 2015selesai memilih, ngobrol-ngobrol sebentar dengan panitianya, kamipun dipersilahkan untuk menikmati kopi, teh dan kue-kue yang telah disediakan. pas mau belok eh ada pameran lukisan anak-anak teka, unyu-unyuuu. jadi inget kalo adik bungsu saya dulu sering sekali memenangkan kejuaran melukis #missyou

Ausländer-Beiratswahl 2015

Ausländer-Beiratswahl 2015

di atas adalah beberapa hiasan yang ada di dinding gedung Rathaus di kota tempat kami tinggal yang sekarang… #sukaaaserasapengentakembatajahahhahahah

15 tanggapan untuk “Ausländer-Beiratswahl 2015

  1. Waaaa… kok kandidat dari Indonesia gak ada mbak? Mbak Kay gak ngajuin diri? 😀

    Disana klo uda pemilihan gitu nyelupin kelingking di tinta kaya di Indo gak mba? 😀

    Itu hasil karya anak TK nya bagus banget, aku aja klo bikin prakarya gamungkin bisa sebagus itu… imajinasiku kan cemen. sama mba rani juga berasa pengen ngambil satu buat dipajang dirumah haha

    1. sepertinya gak ada warga negara indonesia disini rani selain saya. siiip lima tahun mendatang saya akan mencalonkan diri yaaa :p gak ran gak pake celup-celupan klingking gitu.

      btw apakah yang ini karya anak teka juga gak ngerti tapi ada omong-omongan dari teka gitu. mungkin dibantu oleh gurunya juga.
      hahahahahhaa yuuuuk ran dimari, satu untuk rani satu untuk saya okye… #sambilmengendapngendapdanlirikkirikanan 😀

      salam
      /kayka

      1. Waw mba Kay satu-satunya? terus orang-orang liat mba Kay kaya aneh gitu ga? *yakali alien haha* maksud rani, mereka tau Indonesia ga? pd tanya2 ttg Indonesia gitu ga mba?

        Haha… entar kita dihukum apa ya klo nyolong prakarya anak TK? haha

        1. hahahaha gak ran pada b aja karena saya juga biasa-biasa aja 😀
          cuma pada nanya udah berapa lama tinggal disini.
          wah gak jadi nilep dong kita ya hihihihi

          salam
          /kayka

          1. Wah Mba Kay ini pemalu kali , mba suka bawa-bawa palu ya? *halaahh*

            Iya gajadi mba, tar aja minta baik2 ke bapaknya anak-anak TK *lah sama aja 😀 *

    1. wah klo di frankfurt jangan ditanya jumlah wni-nya fran. saya kan kerjanya doang yang di frankfurt. ini pemilihan di daerah saya tinggal 😀

      iya itu lukisannya kog bisa bagus gitu ya…

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

