Diposkan pada Travel Story

Metz

Le Temple-Neuf, Metz
Le Temple-Neuf, Metz

lagi gak enak bodi gegara cuaca gak menentu disini. dingin, angin, ujan dan temen-temennya alhasil sekarang flu berat. kepala berat, kuping sakit dan rasanya otakpun berceceran dimana-mana akibat bersin non-stop #teleeer… bosen juga gak ngapa-ngapain, jadi ngrapiin foto-foto dan video-video pas ke Metz akhir agustus yal. selama kunjungan singkat di ibukota region Lorraine tersebut asli panasnya minta ampun. jadi sempet mengeluh-ngeluh kepanasan juga. sekarang begitu udah dingin balik mengeluh-ngeluh kedinginan… #paraaah

Fêtes de la Mirabelle
Fêtes de la Mirabelle
Mirabelle de Lorraine (pic. credit www.rdvartsculinaires.com )
Mirabelle de Lorraine (pic. credit http://www.rdvartsculinaires.com )
Mirabelle aus Lorraine
Mirabelle aus Lorraine

Metz 2015

Tarte traditionnelle aux Mirabelles de Lorraine (credit to http://www.mirabelles-de-lorraine.fr/--project/tarte-traditionnelle-aux-mirabelles-de-lorraine/)
Tarte traditionnelle aux Mirabelles de Lorraine (credit to http://www.mirabelles-de-lorraine.fr/–project/tarte-traditionnelle-aux-mirabelles-de-lorraine/)

oh ya jjl di Jerman atau di negara-negara di sekitarnya paling asyik kalo kebeneran jatuhnya pas ada festival atau kegiatan sejenis. jadi tetep bisa cuci mata dan merasakan kemeriahan di daerah tersebut walau hari minggunya pada tutup. ceritanya pas kita ke Metz pas banget lagi ada Fétes de la Mirabelle, Festival Plum Mirabelle. katanya sih Mirabelle ini adalah simbol region Lorraine. gak heran juga karena 80% Mirabelle dari seluruh di dunia dihasilkan di Lorraine. buah kecil kekuningan yang lezat ini selain bisa dimakan begitu saja, sebagian besar diolah menjadi selai (la confiture de mirabelles), plum brandy (eau de vie de mirabelle) dan tentu saja ratu dari semua pai, la tarte aux mirabelles.

Metz 2015

Fêtes de la Mirabelle
Fêtes de la Mirabelle

di perayaan Mirabelle ini ada ondel-ondelnya juga lho. yang menarik ondel-ondel ini lebih hidup dan dinamis dari ondel-ondel yang selama ini saya kenal. video di atas adalah penampilan ondel-ondel oleh warga negara Perancis asal Brazil. seperti pesta-pesta apapun yang ada ada brazil-brazilnya memang membuat suasana jadi lebih rame aja 😀

Gare de Metz
Gare de Metz
Gare de Metz
Gare de Metz
Le feu d'artifice des Fêtes de la Mirabelle
Le feu d’artifice des Fêtes de la Mirabelle

oh ya bisa dibilang kami hampir tidak pernah keluar malam termasuk jalan-jalan seperti ini. biasanya puas muter-muter dan selesai makan malam, tepar dan balik lagi ke hotel untuk istirahat. nah tengah malemnya saya kebangun gegara bunyi petasan. jadi penasaran dan melongok keluar… #huaaa dari belakang stasiun kereta ada pertunjukan kembang apinya segala. kebetulan kami menginap sepelemparan batu dari Gare de Metz jadilah ikutan menikmati dari balkon hotel sampai pertunjukan kembang api selesai.. #jadiserasatahunbaru hahahahaha

Metz 2015

ngomong-ngomong soal Perancis yang ada di benak saya adalah seni, café dan toko-toko kecil dengan sentuhan personal. pas keliling gak sengaja nglewatin toko yang menjual segala keperluan untuk penari balet #kewl. baru sekali ini nih saya ngliat toko seperti ini. hal lain yang bikin kaget itu pas liat harga macarons model pyramid, 68 Euro untuk 40 potong #ealaaah nyaris sejeti sendiri. jujur aja sampai hari ini saya belum pernah nyobain yang namanya macarons dan gak penasaran juga mungkin gegara ngliat warnanya yang kemungkinan terlalu manis untuk lidah kami :p

Metz 2015

Metz 2015yang rada-rada nyesel itu gak punya foto Plum Mirabelle yang didisplay di toko-toko bahan makanan ataupun yang tart Mirabelle yang disajikan festival Mirabelle. kepengen juga sih tapi takutnya gak boleh. suka aja ngliat cara mereka ngedisplay jualannya #cantiiik. oh ya harga sayur dan buah-buahan di toko seperti ini umumnya lebih mahal daripada harga di supermarket biasa. ini foto hasil nyuri-nyuri foto dari samping aja jadi Mirabelle yang ada di tengah-tengah gak terlalu keliatan….

Iklan

27 tanggapan untuk “Metz

  1. Padahal aku mau nanya rasanya macarons seperti apa, eh Mbak Kayka belum pernah makan hehe. Aku juga ga penasaran Mbak. Mengira2 pasti rasanya manis sekali.
    Semoga cepet membaik Mbak. Disini seperti biasa, cuaca tak menentu. Sehari hujan panas bisa ganti2 dalam hitungan menit. Duingiin. Beberapa waktu lalu malah sering hujan es.

    1. hehehehe iya den saya belum pernah nyobain. harusnya dicobain aja ya 😀
      terima kasih deni. wah udah dapet ujan es ya disana. disini belum deni. pagi-pagi aja sih kalo brangkat kliatan putih-putih di atas kap mobil.

      salam
      /kayka

  2. Lumayan bisa menikmati kembang api. Untung nggak ketiduran kwkk kwk kwwk

    Kalau boleh tahu perayaan mirabelle itu diselenggarakan untuk apa ya?

    1. iya untung bener gak klewat bisa menyaksikan kembang api.
      soal perayaan mirabelle ini udah saya tulis lho mas, ayo dibaca sampe qatam dulu 🙂
      ok, festival mirabelle ini untuk merayakan penjualan mirabelle segar, kue-kue dan liquor yang menggunakan bahan mirabelle. ya festival gitu deh ada pertunjukan musik, kembang api, parade bunga, kompetisi dan penobatan Ratu Mirabelle.

      salam
      /kayka

  3. Get well soon ya mbaa… iya nih cuaca memang ga nentu, tapi ada yang bilang begini “cuaca dan suhu itu ga pernah salah, yang salah hanya kita yang biisa jadi saltum alias salah kostum” , Jadi aku slalu beralasan ini kalo bojoku ga mau diajak keluar hihihihi 😀

    1. terima kasih melly, gak enak bener rasanya klo flu begini 😥
      bener mel, gak ada cuaca yang salah, yang salah adalah cara berpakaian kita…
      salam untuk keluarga ya…

      salam
      /kayka

    1. hallo mbak ika,
      terima kasih ya, semoga suatu hari bisa mengunjungi Metz juga.

      btw gws itu apa ya mbak? ada yang nulis gws gitu tapi saya gak ngerti…

      salam
      /kayka

  4. Waaahh Indah sekali suasananya. oh plum bisa dijadiin brandy ya? aslinya rasa buah plum itu apa mba Kay?
    Hapaaaahh macaron sejuta?? di sini macaron dr toko kue terkenal aja 10ribu/ pcs termasuk mahal sih untuk kue se petite itu. hehe… klo disini bentuk nya uda dimodifikasi juga lho jadi ada bentuk kepala hello kitty, piyo-piyo, penguin, pokonya kartun2 gitu bikin pengen gigit. haha

    Btw, rani ikut nge jawab in soal “gws” itu ya mba Kay…
    GWS = Get Well Soon (semoga lekas sembuh)
    pengucapannya ya secara bahasa Indonesia gitu GE-WE-ES bukan pengucapan dari serapan bahasa inggrisnya JI-DOUBLE YOU-ES.

    Disini lg usum istilah bahasa inggris yg disingkat-singkat, jadi bahasa gaul juga sih ceritanya, selain GWS ada lagi ini:
    HWD : Happy Wedding Day
    HBD : Happy Birth Day
    WYATB : Wish You All The Best.
    Jadi ya gitu deh mba Kay, asik2 bikin singkatan dr bhs inggris sekenanya 😀

    1. aroma buahnya harum dan rasanya manis. iyaaa sejeti untuk 40 biji gile sampe mlongo liatnya. kemarin-kemarin gak mratiin harga macaron disini, penasaran jadinya.
      hahahahha iya orang indonesia memang sangat kreatif jago bener memodifikasi apapun #salut, gak ada akar batangpun jadi #kebalikyak hehehhe
      hwaaaa terima kasih rani soal singkatan ini, akhirnya ada yang ngejawabin. tsk tsk tsk bener-bener ketinggalan nih saya. siiip sekarang bisa ikut-ikutan pake singkatan ini juga #lebaaay hahahahhahaha trims berat yaaaa…
      *) usum apaan lagi tuh ran?

      salam
      /kayka

      1. Aduh aku jd ngences bayangin plum 😀
        Bukan tebalik tapi kurang tepat mba Kay aturan “Tak ada rotan akar pun jadi” 😀

        Iya sama-sama mba Kay. Tapi mba, ada juga yg kurang seneng sama singkatan ini, perna ada yg sms rani gini : HBD WYATB!! kan kesannya ga niat gitu ya, tp ya gitu deh lucu2an aja. hehe

        usum=musim (bhs.sunda)

        1. hahahaha just kidding cicak di dinding 😀
          iya lho itu ngucapin met ultah kog gak niat banget ya pake ngirit begitu. jawabannya juga kudu ngirit dong ya: TY!!!

          salam
          /kayka

          1. Gyahahahaa… kok jd pengen ketawa mulu ya gegara peribahasa itu yaa 😀
            Aturan sih bales ngirit tp kan rani ga pendendam gitu orangnya jadi dibales panjang x lebar plus didoain juga *ciyeehh sok bijak* 😀

            1. hahahaha tararengkyu tapi ran udah bikin ketawa-ketawa sendiri kog gak ide sama sekali itu singkatan apa.
              syukurlah rani tetep baik hati walau yang ngucapin pelit kata ya.

              salam
              /kayka

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s