Diposkan pada Frankfurt

tunnelsperrung

credit to fr-online.de
credit to fr-online.de

dari hari sabtu kemarin, 25 juli s.d. 25 juli agustus, tiga terowongan kereta paling sibuk di Frankfurt ditutup. taunya sesaat sebelum bubaran kerja hari jumat kemarin dari kolega yang tau kalau saya sehari-hari nglaju pake kereta. wah kelewat, padahal woro-woronya udah dari lama ternyata tapi saya sama sekali tidak memperhatikan. bisa jadi juga karena hanya pelanggan kartu tahunan yang dikirimi informasi tertulis plus satu voucher taxi senilai 15 Euro.

S-Bahn Frankfurt - Tunnelsperrung
S-Bahn Frankfurt – Tunnelsperrung

acara tutup-tutup terowongan ini sebetulnya udah dari tahun lalu tapi gak berasa-berasa banget karena biasanya dilakukan tengah malam antara sabtu dan minggu. berhubung wikennya harus kerja, mau gak mau harus langsung ngecek saat itu juga. hasilnya untuk bisa nyampe ke Frankfurt harus lewat Südbahnhof. untung perubahan hari pertamanya akhir pekan jadi kalau telat tidak terlalu mengganggu. nah hari sabtu pagi pas nyampe di atas baru ngeh masuk ke jalur yang salah. gak hanya saya tapi sesama pelaju yang lainnya juga karena sama sekali tidak mengira kalau keretanya ternyata gak lewat jalur biasanya. biar udah lelarian turun dan naik lagi ke jalur dimana kereta tujuan Frankfurt berhenti tetep gak kekejar. asli ke ubun-ubun rasanya karena jadwal keretanya hanya setengah jam sekali. ya gitu deh akhirnya yang ditinggal kereta ini termasuk saya sibuk halo-halo karena disini kalau udah tau bakalan telat harus segera telepon.

pulang kerja juga begitu, nyampe di Frankfrut Südbahnhof informasinya gak jelas harus nunggu di jalur mana. daripada mondar-mandir dan ditinggal kereta lagi akhirnya nanya salah satu petugas yang keliatannya memang udah dipersiapkan sehubungan dengan perubahan jalur ini. ini juga informasinya dodol jadi bikin lelarian lagi. ceritanya penumpang kereta yang saya tumpangi diarahkan ke jalur sembilan. gak lama nunggu disana eh kereta yang ditunggu lewat di jalur yang lain. reaksi semua orang hampir sama, marah gondok kesel saat menyadari kereta yang kita tunggu bergerak meninggalkan Frankfurt Südbahnhof. mau dikejar juga percuma karena kalau kereta udah bergerak alamat gak bakal berhenti lagi. tapi sebagian penumpang yang berdiri didekat tangga bereaksi cepat langsung lelarian turun ke bawah. baru deh yang lain juga ikutan berlarian turun ke bawah dan naik ke jalur enam di mana seharusnya kita menunggu. senang campur-campur kaget pas ngliat kereta yang kita kejar barusan ternyata tidak jadi meninggalkan stasiun. mungkin supir keretanya juga nyadar kali ya kog gak ada yang naik dari Frankfurt Südbahnhof atau berspekulasi bisa jadi yang ngasih informasi bereaksi cepat mengbungi masinis kereta ketika menyadari kalau infonya salah.  yasut biar kesel tetep alhamdulillah gak harus nunggu kereta berikutnya yang datang tiga puluh menit kemudian.

S-Bahn Frankfurt - Tunnelsperrung
S-Bahn Frankfurt – Tunnelsperrung

nyampe di Offenbach Ost juga begitu penumpang disambut oleh personal Rhein-Mein-Verkehrsverbund (RMV) yang siap dengan informasi, juga minuman dan snack gratis #oalah yang tadinya jengkel jadi lumayan gak terlalu jengkel lagi hahahaha. sambil nanya-nanya sebenernya harus nunggu keretanya di sebelah mana dsb, saya memilih caffe latte dingin 😀

***

credit to: deutschebahn.com
credit to: deutschebahn.com

ok sebagai informasi aja s.d. tahun 2018 Deutsche Bahn menginvestasikan lebih dari 95 juta euro untuk sinyal elektrik dan teknik keamanan termoderen di terowongan-terowongan kereta yang merupakan rute tersibuk di jerman ini. menggantikan sinyal yang sekarang yang berumur hampir empat puluh tahun yang terbentang dari Frankfurter Hbf s.d. Lokal Bahnhof Frankfurt dan atau Mühlberg Bf. terowongan kereta dengan total panjang lebih dari 6 km ini memiliki tujuh stasiun yang dilalui oleh 8 S-Bahn (S1, S2, S3, S4, S5, S6, S8 dan S9) atau 24 kereta per jam ke masing-masih tujuan dengan kecepatan 80 km/ jam.

Iklan

43 tanggapan untuk “tunnelsperrung

  1. Sbg pengguna transportasi umum sejati I can feel what you feel, mbak. Repot dan kelimpungan liat jadwal/jalur kan ya 😂 semoga besok2 udah lancar lagi ya

    1. terima kasih ge udah lancar sekarang. kelimpungan selalu diawal-awal, kalo udah ketemu caranya baru deh tenang.

      salam
      /kayka

    1. penggantian sitem sinyal gitu uni.

      sebenernya jatuh waktunya sama aja uni. cuma yaitu hari pertama kedua harus menyesuaikan diri dengan perubahan. hari seninnya sih lancar jaya… 🙂

      salam
      /kayka

    1. pake telat juga kadang-kadang da tapi biasanya karena terjadi sesuatu.

      terowongannya ditutup untuk penggantian jaringan sinyal gitu uda.

      salam
      /kayka

        1. heheheh bisa jadi ya da, dananya itu lho udah pake dimark up tapi belinya barang kw gimana gak sebentar aja udah rusak

          salam
          /kayka

  2. Oalah, ternyata ada perbaikan sistem persinyalan ya Mbak, keren banget, meski sempat harus main kucing-kucingan dengan keretanya yang muncul di jalur yang satu kemudian berangkat dari jalur yang lain. Salut dengan otoritas kereta di sana yang menyediakan makanan dan minuman gratis, jadi pelanggan yang gondok jadi tidak terlalu gondok lagi, soalnya kan semua orang suka makanan gratis :hihi *kabur*.

    1. soal invest untuk infrastruktur memang mengagumkan.

      hahahah iya gar soal kucing-kucingan ini hanya wiken kemarin aja. seninnya alhamdulillah lancar, informasinya bisa liat sendiri di display.

      bener hahahah yang gratis-gratis memang bisa bikin semua senang ya 😀

      salam
      /kayka

      1. Syukurlah kalau semua sudah kembali normal, Mbak, habisnya transportasi massal ini vital banget ya di sana :)).

  3. wah asik banget ada di sediakan snack dan minuman gratis, boleh mondar mandir 2 kali gak minta snacknya? :-P. btw ditutupnya krn ada perbaikan sistem ya mbak? kalo disini krn sudah masuk liburan sekolah dari bulan lalu jadwal keretanya sudah mulai dikurangi, jadilah jadwal nunggu keretanya lebih lama, keretanya gak dtang sesering mungkin.

    1. hahaha bisa aja kali ya dhy kalo gak tengsin kegep.

      iya dhy terowongannya ditutup untuk mengganti sistem signal yang lama dengan sistem paling baru.

      disini untungnya jadwal kereta gak dipengaruhi libur sekolah dhy. cuma memang penutupan terowongan ini waktunya memang sengaja jatuhnya di jadwal libur musim panas.

      salam
      /kayka

      1. biar penumpang juga pada gak numpuk kali ya makanya di tutup pas libur musim panas. kalo di Roma sini begitu libur sekolah semua jadwal kereta pasti berubah, nunggunya makin lama krn jadwal kereta makin jarang, sebagai pengguna sejati transportasi umum harus banyak2 tarik nafas,hehe
        mending kayak di t4 mbak Kayka msh ada dpt snack dan minuman gratis 😀

        1. hahahah cuma hari pertama itu aja kog dhy…

          disini sebenernya musim panas juga ada efeknya tapi hanya bus sekolah. disini jam berangkat dan pulang anak sekolah ada jalur tambahannya. kita juga bisa naik sih. nah kalo musim libur sekolah jadual bus ini gak ada.

          salam
          /kayka

  4. Di php sambil lari-larian, tapi berhubung dikasi gratisan snack jadi adem, so tricky. Layanan publik memang mestinya punya standar ini biar customer ga bikin surat terbuka 🙂

    1. iya lah za layanan publik seperti ini kan selain dibiayai pajak kita sendiri juga harus bayar tiketnya… jadi udah sewajarnya customer diberi kompensasi yang sedikit menghibur 😀

      salam
      /kayka

    1. hihihi saya juga meragukan ru. belum selesai ditarok di meja udah raib duluan. atau yang bagiin: -katongin ah buat yang dirumah… 😉

      salam
      /kayka

  5. Naaah ngomongin S-Bahn, U-Bahn, dan hbf, sy tuh heran ama Dortmund! Kota gede tapiiii aufzug aja gak ada di hbf!Repot bgt dulu bawa Kinderwagen! Padahal kota lebih kecil dr Do ada aufzug! Kata orang Jerman tepat waktu, tapiii kadang juga verspätung ya heheh apalagi pas jalan musim gugur atau dingin.

    1. oalah yang bener lu? perjuangan banget deh itu lu bawa Kinderwagen tapi gak ada Aufzug.

      heheheh soal Verspätung ini diluar salju, kecelakaan atau masalah teknis, yang sering itu saya perhatikan ulah penumpangnya sendiri lu terutama di jam-jam Hauptverkehrszeit. pintu keretanya kan otomatis kalo pada mpet-mpetan berdiri di deket pintu pas dibagian yang ada infra red-nya itu, wah pintunya gak ketutup-tutup. belum lagi yang maksa masuk pas pintu kereta udah mau ditutup. kebayang kan lu setiap berhenti setiap telat akhirnya time tablenya bubrah.

      salam
      /kayka

  6. Kompensasinya seru juga ya mba kayka ^^, dan ada kejelasan informasi transportasi yg bisa digunakan. Aku kadang suka iri deh liat pembangunan disini, pembangunan yang dilakukan pemerintah tuh selalu berkaitan dengan fasilitas untuk rakyat, seperti ini misalnya, jalan dan yang di kota Mannheim saat ini, sarana pemadam kebakaran.

    Semoga tanah air ga mlulu pembangunan mall yak *penuhharap*

    1. iya mel memang bikin iri. harusnya pembuat keputusan harus ngrasain tinggal disini dulu kali ya untuk bisa membangun infrastruktur di negara kita.

      duh mall-mall di tanah air itu jumlahnya bener-bener deh. padahal daya beli mmm gak tau deh. ujung-ujungnya cuma ngadem cuci mata abis itu makan atau nonton. gak lama kliatan deh butik-butiknya satu-satu tutup. mana juga kuat bayar sewa kalo gak ada yang beli.

      salam
      /kayka

  7. Jadi pengen berkereta api nih Mbak…
    Saya berkereta api hanya untuk santai dan jalan-jalan saja. Sekarang kereta Sukabumi – Bogor sudah bagus, sudah ber-AC. Beda banget dgn kondisi ketika masa saya SMA saat sering berkereta ke Bogor.

    Salam,

    1. enak naik kereta kang gak kena macet 🙂
      alhamdulillah ya ada perbaikan di dunia perkeretaan di tanah air. syukur-syukur kedepannya bisa jadi transportasi utama seperti disini…

      salam
      /kayka

    1. hehehehe lama-lama biasa aja ridha. enakan di indonesia deh…

      insya allah kalau diniatin suatu hari bisa nyampe kesini juga…

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s