Diposkan pada Hari Besar Islam

idul fitri 1436 hijriah

Bruchfeldplatz - Frankfurt am Main
Bruchfeldplatz – Frankfurt am Main

sebelum berangkat tadi pagi liat sih langit agak-agak gelap. wah sempet berdoa-doa mudah-mudahan aja gak ujan. gak asyik bener kalo sendalnya pake acara basah. selama perjalanan sesekali papasan dengan umat muslim dari negara lain yang terlihat jelas dari cara berpakaiannya. alhamdulillah sampe di tujuan gak kena setetespun air hujan. nyampe di Mainfeld sekitar jam 7.15-an, seperempat jam lebih cepat dari perkiraan. masih sepi dan panitia sholat ied terlihat masih sibuk mengatur tikar untuk sembahyang.

Mainfeld Kulturzentrum - Frankfurt am Main
Mainfeld Kulturzentrum – Frankfurt am Main

mendekati jam delapan berangsur-angsur aula tempat sholat ied mulai dipenuhi oleh peserta sholat. tapi gak berapa lama ada halo-halo kalo sholat ied-nya baru akan dimulai jam 9 #hadaoookepagiandeh. jadilah sambil menunggu sambil ngobrol-ngobrol dengan mbak n dan juga sebelah-sebelahnya. usai sholat dilanjutkan dengan kotbah idul fitri. bagian yang paling berkesan untuk saya adalah ketika sampai kepada bagian cobaan.

berlawanan dengan apa yang kadang terlintas di pikiran kita, ujian dan cobaan justru merupakan bentuk kasih sayang allah kepada kita. semakin berat cobaan yang kita hadapi, semakin besar pula kebaikan yang akan kita terima ketika berhasil melaluinya, ketikaΒ kita menerima dengan ikhlas segala cobaan atau kesulitan tersebut sekecil apapun itu #amin

selesai kotbah ada pengumuman lagi dari panitia untuk bersama-sama melakukan sholat ghaib untuk salah satu aktivis pengurus masjid yang baru saja meninggal dunia di pasadena. tidak mengenal beliau, tapi tidak ada salahnya mendoakan saudara kita yang kembali kepada khaliknya. semoga diampuni dosa-dosanya dan diterima segala amal baiknya #amin

Mainfeld Kulturzentrum - Frankfurt am Main
Mainfeld Kulturzentrum – Frankfurt am Main

beres sholat ghaib panitia meminta jamaah untuk tetap tinggal ditempat dan menginformasikan kalau panitia yang akan membagikan makanan kecil yang sebagian dikemas didalam kotak styrofoam dan sebagian lagi dibungkus alufoil. heheheheh ini dia bagian yang ditunggu-tunggu. sambil nunggu sambil nebak-nebak dapet apa ya kali ini. dan seneng pas ngliat didalam ada pastel dan spring roll mininya. kalo kue coklat dan roti yang ada lapisan sosisnya, hehehhe untuk suami aja πŸ˜€ lho tapi pas kita noleh ke bagian belakang kog ada beberapa yang kebagian dadar gulung ijo dan kue pandan, lho kog beda-beda ya? halaaah rewel deh minta ditampol juga nih udah bagus dapet ya kan…

***

ketupat sayur padang
ketupat sayur padang

nyampe rumah langsung bergegas nyantenin sayur ketupat padang yang udah disiapin dari kemarin. walau jauh dari tanah air tetep gak aci kalo lebaran belum makan yang ada ketupat-ketupatnya. dan dengan ketupat-ketupatan yang seadanya itu, hasilnya beda-beda tipis dengan ketupat sayur padang langganan di jakarta #hahahahahaha soal rasa memang soal seberapa rasa bersyukur bisa menikmati makanan yang butuh perjuangan untuk bisa sampai ke atas meja makan ini… #alhamdulillah

Iklan

38 tanggapan untuk “idul fitri 1436 hijriah

    1. terima kasih za, sama-sama ya. begitu juga rizza dan keluarga di tanah air. met lebaran mohon maaf lahir dan batin.

      salam
      /kayka

    1. jadi maruk ya hahahha

      cuacanya gak asyik, bakalan kena badai panas lagi mbak nel walo gak separah yang kemarin.

      salam
      /kayka

  1. “Soal rasa memang soal seberapa rasa bersyukur bisa menikmati makanan”
    Really nice words, mbak kay. Terkadang makanan udah enak dan mahal bukan kepalang, malah sedikit dimakan dan dibuang begitu saja. Bersyukur melihat kebawah adalah kuncinya, bahwa tak semua orang dapat menikmati makanan yang kita hidangkan didepan kita saat ini.
    Selamat makan..

  2. Met idul fitri mbak Kayka,mohon maaf lahir dan batin, maaf telat ngucapin nih,hehe
    kalo di KBRI Roma kemarin menunya lontong sayur *pdhal berharap di kasihnya rendang* πŸ˜›

    1. gak telat lagi dhy, lebaran kan berhari-hari. terima kasih dan met lebaran juga, mohon maaf lahir dan batin πŸ˜€
      dhyyy bisa dapet lontong sayur udah seneng banget lagi itu… :p

      salam
      /kayka

  3. “Ujian dan cobaan justru merupakan bentuk kasih sayang Allah swt kepada kita.”
    Sesuatu yang tidak membuatmu mati akan menguatkanmu. Setelah mengalaminya, barulah saya mengerti hal itu.
    Kalau di kampung saya belum lebaran kalo belum makan dengan rendang, kalio daging+kentang, acar mentimun+kacang tanah+kerupuk merah, dan….lamang tapai. #rindumasakankampung
    Selamat hari raya idul fitri 1436 H. Maaf lahir dan batin.

    1. kena banget tuh da, masih survive namanya kalo gak sampe koit.

      terima kasih uda, selamat idul fitri mohon maaf lahir dan batin juga.
      hahahaha iya tuh belum lebaran ya rasanya kalo belum menikmati hidangan kampung halaman.

      salam
      /kayka

    1. terima kasih em, sama-sama ya. met lebaran mohon maaf lahir dan batin juga kalo selama ini ada salah-salah dalam menulis ya.

      salam
      /kayka

    1. hallo lu, minal aizin wal faizin maaf-maaf kalo ada salah-salah komen selama ini ya.

      bagus deh gak jadi lu, lagi angin badai disini sejak kemarin malam.

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s