Diposkan pada Health

menghindari kembung

picture: credit to carapedia.com
picture: credit to carapedia.com

saya termasuk sering punya masalah dengan kembung. nah orang-orang yang sering kembung pada dasarnya sensitif dengan makanan kaya karbohidrat. artinya saat kita memakan makanan yang kaya karbohidrat, tubuh bereaksi dan melakukan proses fermentasi yang mengakibatkan produksi gas berlebih. ditandai dengan perut bergolak (malu-maluin banget nih kalau ruangan sedang hening) yang kemudian diikuti mencret atau sebaliknya susah BAB…

nah bahan makanan apa aja sih yang bisa memproduksi banyak gas ini? paling umum itu pasta, buah-buahan, roti dan susu.ย wah payah bener deh makanan kesukaan semua. tapi yaitu pilihannya enak tapi pake kembung atau mulai mencoba mencari alternatif lain yang lebih ramah dengan perut kita. cara terbaru untuk mengatasi masalah kembung ini adalah dengan diet FODMAP (Fermentable Oligo-Di-Monosaccharides and Polyols) yang dikembangkan Monash University di Australia. dietnya terbukti efektif untuk orang-orang berperut sensitif.

kategori bahan makanan sebaiknya dihindari bahan makanan pengganti
sayur-sayuran asparagus, artichoke, bawang, daun bawang, arcis, bit, kol, seledri, jagung manis toge, bok choy, wortel, caisim, ketimun, tomat, zucchini, daun selada
buah-buahan apel, watermelon, buah persik, buah-buah yang dikeringkan, nektarin buah blueberry, stroberi, pisang, nenas
susu dan produk susu susu sapi, yoghurt, keju lunak, krim, es krim, custard susu bebas laktosa, yoghurt bebas laktosa, keju keras
sumber protein polong-polongan daging, ikan, ayam, tahu, tempe
roti dan sereal gandum hitam, roti gandum, sereal dengan buah kering, pasta gandum roti bebas gluten, havermut, pasta bebas gluten, beras, rice bubbles, biji gandum
biskuit dan makanan kecil crackers, biskuit gandum biskuit bebas gluten, rice cakes, corn thins
kacang-kacangan dan biji-bijian kacang mete, kacang pistasi amandel, biji labu kuning

frustasi abis deh liat daftarnya…. #semangaaat

sumber:ย http://www.med.monash.edu/cecs/gastro/fodmap/low-high.html

Iklan

28 tanggapan untuk “menghindari kembung

  1. Kalau masalah saya, jika terlalu banyak makan makanan ringan atau makan es krim suka panas dalam dan akhirnya radang tenggorokan, demam deh :hehe. Eh tapi itu makanannya diganti semua ya Mbak? Tabelnya lumayan menggemparkan juga ya :hehe :peace. Semoga berhasil Mbak dengan perubahan makanannya, semoga masalah kembung ini bisa segera diatasi.

    1. lain-lain gak enaknya ya gar….

      mesti bertahap nih ngegantinya gar, susaaah. tapi ya itu kalo sayang perut harus care dengan apa yang kita masukkan ke dalam mulut.

      amiiin….

      salam
      /kayka

      1. Iya Mbak, kata pepatah, jadikan makanan sebagai obat, bukan obat dijadikan makanan :hehe. Semangat terus ya Mbak :)).

    1. iya da, kalo disini sih lebih gampang ya ngaksesnya. kalo susu di indonesia banyak yang jual susu kedelai bisa diganti dengan susu kedelai aja…
      klo gluten… mmm harus cari tepung lain yang gak mengandung gluten seperti tepung kentang, tepung tapioka dan tepung jagung.

      salam
      /kayka

    1. iya saya juga baru tau semangka bikin kembung padahal enak banget kalo lagi puasa dan panas-panas begini.

      btw saya edit water melon jadi semangka, trims ya.

      salam
      /kayka

    1. itu dia ji, susah banget kan bikin makanan tanpa bawang #hadeuuu

      payah ya yang enak-enak kog bisa bikin kembung begini…

      salam
      /kayka

      1. Saya malah rutin makan bawang putih yang sudah direbus satu siung tiap hari sejak 5 bulan lalu. Menurut informasi yang saya baca kalo gak diimbangi dengan makan daging kebanyakan makan bawang putih juga gak baik, yaitu satu zat dalam bawang putih akan memakan sel darah merah dalam darah.
        Sewaktu sakit kemaren darah saya sempat drop menjadi 90/70, akhirnya saya makan bawang putih dua hari sekali. Manfaat yang saya rasakan rutin selama 5 bulan itu saya gak pernah sakit, bahkan flu sekalipun. Alhamdulillah. Tapi yang joss buat kesehatan minum madu lebah 1 sendok makan sebelum tidur.
        #curcol

        1. trims sharingnya ya uda.

          banyak memang sebenarnya khasiat bawang putih. tapi ternyata juga gak boleh berlebih-lebihan ya. begitu juga dengan bawang merah gak kurang banyak khasiatnya. sayang banget buat yang perutnya gak kuat sama bahan-bahan seperti ini ๐Ÿ˜ฆ

          iya madu lebah juga. wah sayang gak inget beli madu asli kemarin. next time deh..

          salam
          /kayka

    1. hahahah betul mas datuk susah mengamalkannya, tantangannya berat… untuk tidak makan yang tidak diperbolehkan…

      salam
      /kayka

  2. dan untuk mendukung model diet itu, seharusnya saya buka cafe diet biar rame, soalnya nama-nama makanan penggantinya euh jarang kali ditemuin di kehidupan indah ini…

  3. Hai Kay. ๐Ÿ™‚
    Beberapa pasienku juga ada yang mengalami gangguan pncernaan sprti kamu ini. Flatulensi namanya atau perut kembung (beda sama kentut/flatulens).
    Hindari juga umbi-umbian selain kentang ya Kay. Kaya ubi, singkong, talas. Trus kurangi makanan tinggi Natrium & pengawet, terutama vetsin. Tingginya kandungan garam di tubuh kamu bisa memperparah kondisi kembung yang kamu rasakan.
    Semangat menerapkan pola hidup sehat, Kay ๐Ÿ˜€

    1. hallo chichi,

      terima kasih sudah mampir dan juga inputnya ya. lengkap banget… dan pas baca-baca ternyata kamu ahli gizi #kewl

      harus semangat memang ya chi untuk menerapkan pola hidup yang sehat…

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s