Diposkan pada Daily Life

panasnyaaa….

eropa termasuk jerman sejak kemarin dilanda tekanan hawa panas sahara langsung dari bawah. menurut ramalan hawa panas ekstrim ini berlangsung sampai dengan hari minggu #hadaooo benar-benar cobaan di bulan ramadan. belum lagi delikan kolega kog gak minum.

disini ada yang namanya Hitzefrei, terutama untuk anak-anak sampai kelas 10. jadi gini kalau jam 11 siang temperatur mencapai 25ºC anak-anak diizinkan pulang. bagaimana kalau untuk orang-orang yang bekerja? gak mungkin diliburin kan. yah paling gitu deh diberi kebebasan untuk berpakaian yang tidak bikin gerah. nah untuk yang berseragam nih yang repot, gak mungkin pake pakaian bebas kan. judulnya gitu deh tanggung jawab kantor dimana yang bersangkutan bekerja untuk menyediakan alat pendingin dan minuman. di rs tempat saya kerja misalnya hari ini semua ruangan termasuk kamar pasien dilengkapi kipas angin. oh ya disini ac bukan hal yang lazim. isolasi bangunan yang bagus membuat kalau udara diluar panas di dalam ruangan tetap adem, begitu juga sebaliknya kalau cuaca diluar dingin cuaca didalam ruangan suhu kamar…

2015-07-02 18.01.49

panas-panas begini paling enak itu langsung pulang ke rumah, asli langsung adeeem padahal gak pake ac lho. berbicara soal temperatur adalah temperatur di tempat sejuk, jadi bisa dibayangkan bagaimana panasnya ditempat-tempat yang langsung kena terpaan cahaya matahari. belum lagi pantulan panas dari aspal dan beton… benar-benar seperti terbakar kulitnya.

hal lain kalau panas begini harus banyak minum. terus makan juga gak bisa yang berat-berat, gak nafsu makan memang. kepengennya cuma makan buah, es krim…

sang kodokpun sedih gak berhasil mintain ujan.... :(
sang kodokpun sedih gak berhasil mintain ujan…. 😦
Iklan

35 tanggapan untuk “panasnyaaa….

    1. huaaa mau dinginnya mar… kalau dingin tinggal ngumpet di bawah selimut. kalau panas begini asli meleleeeeh….

      salam
      /kayka

  1. Gak kebayang deh didera suhu 41°C.
    Saya yang bekerja di suhu sekitar 36°C (dipinggir pantai) panasnya terasa menyengat, badan cepat merasa lelah. Tapi tubuh kita biasanya cepat beradaptasi.
    Semoga puasanya lancar jaya, aamin.

    1. 41 iitu di bagian yang pas kena mataharinya da. suhu di tempat yang tidak terkena mataharinya 36 derajat…

      benar-benar KO nih da hari ini. besok nih puncaknya…

      terima kasih ya uda.
      gara-gara lancar jaya jadi inget restoran padang jaya di blok m deh #glekglek

      salam
      /kayka

  2. Itu pengaturan teknik bangunannya perlu dicontoh ya bagi bangunan2 di Jakarta atau kota besar lainnya di Indonesia, tidak pakai AC tapi sirkulasi udara bisa adem 🙂

    Berarti kebalikan ya dengan di Indonesia, saat saya menulis komentar ini, saya harus pakai jaket karena hawa dingin.

        1. iya ji ini juga kebeneran off asli ngumpet gak kepengen kemana-mana.

          hahahha iya payung, kog gak inget ya. mungkin karena gak ada yang pake payung kalo panas ya. orang-orang pake payung kalo ujan aja. ada juga sih liat panas orang payungan tapi turis asia 😀

          salam
          /kayka

  3. Empat puluh satu derajat? Wow, dagang es krim pasti laku banget ya di tengah cuaca seperti ini :hehe. Tapi bangunan di sana agaknya sudah bersiap dengan konstruksi yang sangat apik ya Mbak, langit-langitnya saya duga tinggi banget, seperti bangun-bangunan kolonial di Jakarta, apakah memang benar begitu?

    Hee… semoga gelombang panas ini cepat berakhir ya Mbak, dan cuaca kembali nyaman :amin.

    1. iya gar es krim laku banget. 41 itu ditempat yang terkena langsung matahari gar. suhu aslinya 36 derajat.

      langit-langit bangunan barunya gak tinggi kog gar, normal aja. cuma memang sistem isolasi bangunannya yang agak beda dengan kita. ada lapisannya gitu. begitu juga dengan jendelanya.

      sampe hari minggu nih gar. besok puncaknya. gak kebayang deh hari ini aja saya udah KO.

      salam
      /kayka

        1. hahahah pastinya gar, panasnya lain tidak seperti di tanah air.
          btw asyik juga lho kadang kalau pas lewat gimana tukang-tukang disini kerja. sak jalan-jalannya juga diaturin supaya gak bikin macet.

          salam
          /kayka

  4. Aku baru baca juga kemarin tentang hitzefrei mba kayka, ternyata yaa ada pulang setengah hari dari kantor atau pun sekolah. Sayangnya, senengnya sesaat, soalnya langsung dapet sms Paksu kalo bakal pulang malam krn sesuatu hal -_-” jadi ga berlaku hitzefrei nya deeeeh 😀

      1. anakku bukan ganztagschule jadi pulang tetep siang hari. Paksu ngabarin kudu pulang malem, jadi info hitzefrei ga ngaruh juga hihihihi 😀

  5. beneran panas banget mbak, suami saya beberapa hari ini pulang dengan badan lemas gk bertenaga dgn keringat bercucuran sepertinya dehidrasi, katanya diluar panas banget (makanya saya gk mau keluar rumah,hehe) kasian dia puasa juga soalnya,begitu buka puasa langsung minum air es satu botol penuh.

    1. berapa suhu di roma dhy? pasti lebih panas lagi ya karena itali lebih deket lagi ke afrika.

      iya dhy harus banyakin minum. minuman dingin bener-bener menyegarkan kerongkongan disaat-saat seperti ini. padahal biasanya saya kalo buka mesti pake teh panas…

      salam
      /kayka

    1. di india sih yang saya denger beberapa waktu yal. banyak yang meninggal.

      alhamdulillah sampai hari ini puasanya masih poll… terima kasih ya.

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s