Diposkan pada Travel Story

Strasbourg #7

2015-04-19 10.46.40

gak hanya kota tua yang bisa diliat di Strasbourg tapi juga The European Quarter yang juga berkedudukan disana. kalo naik tram, pilih Tram E. turunnya kalo gak di halte ‘Parlement Européeen’ yang ada pas didepan gedung parlemen eropa atau di halte sesudahnya ‘Droits de l’Homme’, halte Mahkamah HAM Eropa. seperti perempatan gitu, jadi semuanya kliatan. seightseeing boat juga lewat kompleks yang dipisahkan oleh sungai ini, tapi kalo gak salah gak pake acara turun alias cuma numpang lewat aja.

Parlemen Eropa

2015-04-19 14.19.17

gedung parlemen eropa diresmikan sehari sebelum hari natal tahun 1999 oleh Presiden Jacques Chirac dan Presiden Parlemen Eropa ketika itu, Nicole Fontaine. di bagian pintu masuk ada hiasan patung simbol eropa ‘Europa a Coeur’ karya Ludmila Tscherina. sedangkan di bagian dalam, persis ditengah-tengah gedung yang berbentuk bulat tersebut, dihiasi patung gelas bola dunia ‘United Earth’ hadiah dari kota Wroclaw Polandia hasil karya Beata & Tomasz Urbanowicz. etapi saat mengamati bola ijo ini lebih dekat ternyata dibagian dalamya berserakan koin dan lain-lainnya juga seperti plastik, potongan kertas, koran dan bungkus rokok… #paraaahbener. kalo koin ok ya biar bisa balik ke sana lagi tapi lain-lainnya… #ternyatatanganjailadadimanamana. dan jadi ikutan nglemparin koin juga 😀

***

nah kalo ini adalah bagian belakang Parlemen Eropa. harmonis sekali berdiri berdampingan dengan rumah-rumah penduduk setempat. ada tempat rekreasinya juga bisa mancing atau turun naik kapal dari sini. sambil istirahat bisa memandangi kegiatan yang ada di sekitar gedung Dewan Eropa yang ada diseberangnya.

2015-04-19 14.19 (1)

dalam perjalanan menuju ke gedung Dewan Eropa ada stasiun tv kerjasama Perancis dan Jerman, arte. plus tulisan segede gaban di sebelah pintu masuknya ‘Je suis Charlie’

***

Dewan Eropa

2015-04-19 15 (1)
patung HAM sumbangan dari Region Murcia, Spanyol

untuk penyuka karya seni, asyik nih banyak sekali patung-patung dari yang bentuknya umum sampe yang kontemporer di bagian Institusi Eropa ini. oh ya Der Parc de l’Orangerie, taman terluas yang ada di Strasbourg (26 ha) ada persis diseberang gedung Dewan Eropa. tinggal selangkah lagi sebetulnya tapi sebaiknya memang harus disediakan hari khusus supaya bisa puas-puas mengunjungi empat taman yang ada di kota parlemen eropa ini. yah harus nunggu sampai kesempatan berikutnya. yasut akhirnya sambil jalan sambil cuma ngliatin pemandangan pengunjung taman yang tengah menikmati hangatnya sinar matahari musim semi saja…

2015-04-19 15.52.06

dari bagian ini, di pinggiran jalannya sudah mulai keliatan plakat-plakat orang yang pernah mengadakan aksi menuntut keadilan di Mahkamah HAM Eropa.

***

agora, tempat pertemuan terbuka di kota di jaman yunani kuno. ketika Dewan Eropa mengadakan forum warga di Brüssel November 2013, acara tersebut dihadiri 54 anak muda dari seluruh eropa yang ingin bersama-sama mendiskusikan masalah paling mendesak di Uni Eropa, pengangguran usia muda!

***

Mahkamah HAM Eropa

2015-04-19 16.03.57

 

kunjungan diakhiri dengan membaca plakat-plakat aksi menuntut keadilan yang bergantungan di seberang gedung mahkamah. ada yang bahkan berbulan-bulan mengadakan aksinya disana. bagaimana kelanjutannya…. mmm gak ngerti juga karena bukan nama-nama yang diekspos di media. paling hanya dikenali dari nama negara yang telah melanggar hak asasi ybs…

Iklan

6 tanggapan untuk “Strasbourg #7

  1. Gedung parlemen Eropah cakep ya.
    Mungkin ada anggota parlemen Indonesia yang sempat kesini, lalu pulang dari sana ngotot minta anggaran supaya bangun gedung megah juga sekalian ada fasilitas hiburannya, haha…

    1. hahahah jangan-jangan ya da.

      coba itu kerjanya dulu yang digetolin. nanti kalo tambah enak tambah ngantukan terus dan jadi tambah gak produktif deh.

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s