Diposkan pada Lifestyle

sarapan

 

2014-12-20 09.01.08Morgens essen wie ein Kaiser, mittags wie ein König und Abends wie ein Bettler

Eat breakfast like a king, lunch like a prince, and dinner like a pauper

semua tau kan ya sarapan itu penting banget. nah saya termasuk golongan tidak suka sarapan. tapi berhubung saat kontrol darah yang terakhir tingkat gula darah saya lumayan tinggi jadi cedag-cedug sendiri. dokternya tanya apa di kerjaan ok2 aja, maksudnya apa saya ada stress atau gimana. saya jawab sejauh ini sih ok2 aja ya. yah namanya juga kerja mesti ada seneng gak senengnya. yang udah dijamin seneng apalagi kalo bukan saatnya gajian 😀

pertanyaan lain soal olahraga, nah yang ini memang on and off, dokternya minta agar saya lebih banyak berolahraga dan menurunkan berat badan minimal lima kilo. dokternya tidak ingin buru-buru memutuskan kalo itu diabetes dan akan kontrol lagi awal tahun depan. sama satu lagi deh soal sarapan. adaooo soal yang satu ini terus terang minta ampyun deh karena saya kan subuh-subuh udah cabut dari rumah. sampai di rs paling cepet bisa sarapan sekitar jam setengah sembilan pagi. judulnya gak boleh nunggu kelaperan baru makan. harus konsisten makan di jam yang sama. begitu suami tau langsung ngomel-ngomel karena saya kamsok banget belum makan kalo belum makan pake nasi. duh biyung saya ngerti lah nasi adalah salah satu makanan utama yang dihindari kalau gak mau gula darahnya tinggi. gak mesti puasa makan nasi sih tapi paling gak harus variasi mengganti beras dengan yang lainnya. begini kali ya kalo udah diatas kepala empat mau kepala lima harus banyak pantangannya.

kapok deh jadilah jadwal bangunnya harus diatur lagi karena obat tyhroid saya harus dikonsumsi saat perut masih kosong. kalo saya kebangun sebelum waktunya langsung deh minum obat. jadi kalo waktunya bangun betulan tinggal sholat dan ganti baju. sisanya berjuang untuk menelan sarapan. sarapannya apa sih? kepengennya sih bubur ayam, lontong sayur atau ketoprak dan teman-temannya ya. tapi kenyataan berkata lain makan-makan enak begini cuma mimpi aja. ya gitu tuh ujung-ujungnya toaster lagi toaster lagi. kepengen juga sih makan Brötchen tapi gak enak kalo gak fresh from the oven. demi demi akhirnya ngunyah toaster sambil didorong teh anget. ini juga lamaaa banget rasanya. olahraga juga males gak males harus dipaksain.

di rs kalo waktunya pause tiba ya ikut model sarapannya orang sini, Brotchen, Müsli, Joghurt dan teman-temannya. saya suka sekali makan Knäckebrot atau sejenis crakers gitu, tinggal toppingnya diganti-ganti plus sayuran seperti paprika dan tomat. oh ya karena takut kolesterol kadang butter saya ganti dengan selai paprika. kalo ada sup pake sup juga. hal lain mau teh mau air mesti saya pilihnya air panas. oh ya teh disini pilihannya sangat banyak dan kurang enak kalo diminum dengan gula kecuali teh hitam. dan udah dari lama deh konsumsi gula juga udah jauh berkurang. kalaupun pake gula maksimal satu sendok ukur.

ok walau sarapannya masih belum kelas raja tapi ada kemajuan dari gak sarapan sama sekali jadi mau sarapan…

Iklan

21 tanggapan untuk “sarapan

  1. klo masalah olahraga sama mbak,saya juga paling males kalo di suruh olahraga:-D
    waktu msh di indonesia sya juga jarang banget sarapan tp pas tinggal disini jd sering sarapan,hehe
    mudah2an mbak kayka tetap sehat selalu ya,amin

    1. kayanya gitu ya kita gak terlalu gimana gitu sama olahraga, sukanya makaaan hahaha

      terima kasih ya dhy doanya, sama-sama adhy juga… amin yra.

      salam
      /kayka

  2. Hrs 5 kg turunnya..??? Waah banyak sekaliii hehe

    Sudah seusia kita memang hrs disiplin makan dan hrs OR yaah mbak… mari kita olah ragaaa 😁😃

      1. Saya juga hrs turun bbrp kilo nih..emak-emak sudah turun mesin 6 kali ya kalau nambah ko ngga ikut faham pemerataan, senangnya dibagian tertentu, yg bikin badan kurang enak dipandang hihi

          1. Betuul… Meski baju pada longgar, teteeep ngga nyaman rasanya, trs suka dicolek-colek nih sama anak gadis saya “mamaaaa dein Bauch” katanya hihi

            1. hahahahha jd inget waktu jaman masih muda ya teh, ketika belum ada masalah menganggu pemandangan.

              klo saya lagi duduk kadang iseng suka ngrasa-ngrasain sebrapa besar tuh lipatan? #heleeep

              salam
              /kayka

              1. Hihi beneeer…pas duduk berasa sekali ada lipetan … Ayo atuh kita mulai olah raga… mau nyoba Taekwondo nih tiap hari Senin pagi… 😀

                    1. kalo punggung sering sakit mendingan yoga kali ya teh. taekwondo kalomsalah gerak bisa tambah sakit kali ya.

                      btw teteh sakit punggungnya kronis kah? harus pake obat penahan sakit gitu gak?

                      salam
                      /kayka

                    2. Alhamdulillah ngga perlu minum obat, paling kasih yg anget2 saja.
                      Lowback pain itu mbak Kaykaa… Kalau sudah jalan dan berdiri lama, trs duduk..مَا شَاءَ اللّهُ sakit sekali :((

                      Sekarang lagi coba rajin tidur di matrase yg ada kaya kelopak bunga yg agak tajam gitu aaah apa ya namanya.. Lumayan enak juga…
                      Ini sakit punggung bawah itu udah lamaaaa disini dipijat trs senam buat nguatin punggung sama becken ya..?? Tp ya itu ngga rutin, jd sering kambuh.. :((

                      Iya mau ikut Yoga saja deh..

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s