Diposkan pada Work Life

update perjanjian kerja

kalo yang ini saya update soal situasi dan status kerjaan saya di rs.

pertama situasi di rs. selama musim panas kemarin bagian bedah dimana saya bekerja sempat rada-rada gonjang-ganjing karena dokter kepalanya, seorang profesor ahli bedah bariatrik terkenal, yang juga presiden IFSO, federasi asosiasi nasional ahli bedah bariatrik memutuskan untuk pindah ke klinik sana di offenbach. artinya dokter-dokter dan juga pasien-pasien profesor ikutan pindah, pasien-pasien tajir majir yang kebanyakan datang dari timteng. keresahan dan pertanyaan-pertanyaan seputar bagaimana dampak kepindahan prof. tsb. untuk bagian bedah, dokter-dokter mana aja yang ikutan profesor dan tentu saja siapa kandidat dokter kepala yang baru.

buat gambaran aja bedah bariatrik ini dibagian kita baru ada setelah jaman profesor, sebelumnya cuma bedah tulang dan abdomen aja. nah beberapa waktu yang lalu dokter kepala yang baru sudah keliling dan memperkenalkan diri, dokter spesialis onkologi. infonya udah dari sebulan sebelumnya. ini juga gak kurang ramenya, apakah nantinya klinik bedah kita menangani onkologi juga. para suster bereaksi negatif gak setuju karena nol pengalaman berurusan dengan kemo dan juga tidak mau berurusan dengan kemo. bagian bedah abdomen dan ortopedi sendiri tidak terkena efek kepindahan profesor. untuk bagian bedah bariatrik walau tidak seheboh sebelumnya dilanjutkan oleh dokter lain. dokter kepala yang baru efektif mulai bekerja awal bulan depan.

saya sendiri tidak mengurusi pasien obesitas tapi bersyukur aja dengan bedolnya pasien-pasien dengan berat ratusan kilo ini. walau tidak sering terjadi, kalau rekan lain sedang benar-benar overload, bagian lain harus paling tidak menanyakan apa yang diperlukan pasien kalau melihat bel dari kamar ybs tidak ada yang menjawab. OMG, persentuhan yang cuma sesekali ini sudah cukup memberikan pengalaman kurang menyenangkan. perlu background psikiatri atau psikologi untuk bisa menghandle pasien-pasien dengan kelebihan berat badan ekstrim ini.

***

hal lain soal kontrak pertama saya di rs yang berakhir tanggal 31.12.2014 yad. masa percobaannya sendiri sudah lewat juni kemarin dan lulus. untuk perpanjangan kontrak berikutnya harus ngelamar lagi selambat-lambatnya tiga bulan sebelum masa kontrak berakhir. tapi buat jaga-jaga gak kelewat bulan agustus saya udah masukin lamaran alias kecepetan satu bulan. akhir bulan agustus saya mendapat jadwal interview dengan Pflegedirektorin. kali ini sendiri gak didampingi bos. gak lama hanya 20 menit saja. sebelum mengakhir pembicaraan beliau mengatakan kalau tidak melihat halangan untuk memberikan unbefristete Arbeitsvertrag untuk saya. saya hampir tidak mempercayai pendengaran saya karena tidak memperhitungkan sekali kalau langsung dapat permanen tapi saya malu untuk menegaskannya kembali. nyampe rumah suami pun sempat geleng-geleng kepala. besoknya saat diselamati bos dan teman-teman baru deh saya benar-benar percaya, alhamdulillah. normalnya perpanjangan kontrak satu tahun dulu, tahun berikutnya kalau semuanya ok baru dapat permanen.

***

 

2014-11-12 10.43.55untuk pendidikan tambahan yang diadakan rs, dari awal sebetulnya saya udah boleh ikutan tapi males karena rata-rata kursusnya setelah jam kerja. saya ngantukan orangnya, tema-tema kering membuat saya harus berjuang membuka mata. tapi setelah lulus masa probation sukar untuk menghindar karena beberapa kursus wajib harus dihadiri, oalah… tapi yasut setiap selesai selalu dapet sertifikat. lumayan bisa dikoleksi selain tentu poin-nya. tapi kemarin saya gak ngatuk deh karena temanya lumayan masih hangat, ebola. rs kita gak jauh-jauh amat dari airport jadi kemungkinan pasien ebola dilempar ke rs ada. ngeri amat mudah-mudahan aja gak kejadian, alamat bisa-bisa gak bisa pulang ke rumah.

***

 

2014-11-09 12.27.08dari semuanya yang saya hepi banget bisa mengajukan dan mengatur sendiri jadwal cuti yang saya inginkan. begitu ada info permohonan cuti udah bisa dimasukin dari awal november kemarin wah langsung deh tak masukin karena memang suami dan saya udah selesai mlototin cuti tahun depan. mudah-mudahan aja langsung disetujui.

oh ya jadwal libur sekolah dan libur resmi di jerman agak berbeda tergantung Bundesland masing-masing. berhubung saya tinggal di Hessen maka saya memilih kalender Hessen. untuk cuti sebisanya kami memilih menghindari tanggal libur sekolah dan tanggal libur resmi. dimana-mana kalau hari libur sama aja, semuanya jadi mahal dan apa-apa susah dibooking dadakan mesti jauh-jauh hari. belum lagi di jerman hari minggu dan tanggal merah gak ada yang buka. biar gak kecele ada baiknya cek ricek libur sekolah dan tanggalan merah masing-masing daerah. caranya mudah sekali:

1. unduh link ini atau kopi alamat http://schulferien.org/kalender_drucken/ dan pilih „Kalender Download NEU”

2014-11-12 18.34.49

2. klik gambar kalender di samping kiri tulisan „Jahreskalender”

2014-11-12 18.36.13

3. pilih opsi yang ingin ditampilkan di kalender seperti tahun, kalendernya dimulai dari bulan apa, pilihan apakah satu halaman untuk satu tahun, setengah tahun atau empat bulan; apakah dengan libur sekolah atau tidak, Bundesland yang diinginkan (bisa satu atau lebih),  apakah info libur sekolahnya mau lebar atau kecil, apakah plus hari libur resmi, apakah dengan info minggu keberapa dan info tentang fase terang bulan. setelah selesai tekan „jetzt PDF erstellen

2014-11-12 18.38.45

 

4. lanjutkan dengan memilih „Kalender konstenlos herunteladen

2014-11-12 18.39.01

5. taraaa langsung jadi dan tinggal diprint (warna hijau adalah libur resmi sekolah di Hessen tahun 2015)

2014-11-12 18.39.32

ngomong-ngomong soal cuti beda banget dengan cara cuti saya di indonesia dulu. dulu semasa kerja di jakarta gak pernah ngerasain yang namanya bisa masukin draft cuti. yang bisa cuti lama cuma bos-bos asingnya aja. kalo anak buahnya, gak manager gak yang dibawahnya cuma kebagian cuti bersama lebaran. sisanya rebutan ngambil cuti tanggal kejepit, cuti ngambil tiga hari tapi bisa 7-8 hari libur. bisa dapet cuti seminggu diluar hari sabtu minggu aja udah bagus, itu aja boss mesti pake cemberut ngasihnya. libur sekolah jangan ditanya, emak-emak yang punya anak masih sekolah suka egois selalu minta diprioritasin gak peduli yang singel juga kepengen libur. tapi itu dulu, kalo disini cuti itu hak. mau rencana ngambil cuti tinggal diajukan jauh-jauh hari. karena saya kerja di rs yang tidak mengenal hari libur, maka khusus hari-hari libur keagamaan seperti paskah, natal dan tahun baru harus gantian liburnya. kalau tahun kemarin udah dapet libur paskah, tahun depan giliran rekan kerja lainnya.

14 tanggapan untuk “update perjanjian kerja

  1. wah hebat mbak bisa kerja di rs disana,,caranya gimana ya?saya juga pengen kerja nih jadi apoteker di Italy tapi kok kayaknya persyaratannya harus kuliah lagi, disana kayak gitu juga gak?

    1. hallo adhy,

      terima kasih sudah mampir.

      kalo di itali saya kurang tau. di jerman ijazah2 tertentu bisa diurus supaya mendapat pengakuan. kebanyakan gak perlu ngulang hanya perlu praktikum enam bulan s.d. satu tahun habis itu ujian pengakuan.

      IMO, italia salah satu negara EU harusnya peraturannya juga sama ya.

      salam
      /kayka

    1. gak semuanya mas, sebagian aja.
      sekarang udah normal lagi penggantinya juga udah ada 🙂 patah tumbuh hilang berganti gitu deh, pergi satu datang seribu 😀

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

