Diposkan pada Tips & Tricks, Travel Story

cara hemat keliling jerman

gimana caranya bisa keliling jerman tapi pake ngirit? walau masih gedek gara-gara denda yang harus dibayar kemarin harus diakui banyak tawaran murmer dari Deutsche Bahn.

kalau alternatif perjalanan menggunakan bus, sekali waktu pernah juga sih direkomendasikan oleh salah satu anak kedokteran yang kerja ekstra di rs kita. orangtuanya dari vietnam dan tinggal di Köln. tapi setelah saya keken-keken gak murah juga. makanya cara ini belum pernah saya coba sampai kemarin jalan-jalan ke Trier.

2014-08-11 18.33.23dari yang tadinya mau ambil Schönes-Wochenende-Ticket (tiket akhir pekan), tiket seharga 44 Euro untuk maksimal lima orang yang bisa dipakai seharian di akhir pekan keliling jerman dengan semua kereta kelas dua kecuali ICE, jadi berubah naik bus gara-gara ngliatin jadwal pp Frankfurt-Trier di homepage Deutsche Bahn dan nemu yang namanya IC Bus yang harganya ternyata lebih murah lagi, 28 Euro untuk berdua. cocok sekali kalau hanya berdua saja. dah gitu biar di Trier-nya juga gampang sekalian beli tiket sekali jalan dari stasiun di Trier yang berlaku s.d. 90 menit setelah jam kedatangan disana. total jadi 33,40 Euro.

***

2014-08-12 19.28.35IC Bus merupakan kerjasama Deutsche Bahn dengan Fernbusse atau bus-bus jarak jauh yang beroperasi di jerman maupun di beberapa negara eropa. per 1 Agustus perusahaan kereta jerman ini memberikan tawaran mulai 14 Euro untuk jarak pendek, contohnya dari Frankfurt ke Trier. seperti terlihat pada screen shoot diatas rute IC Bus ini belum begitu banyak. tapi bisa diakses dari beberapa pelabuhan udara dan stasiun kereta penting di jerman.

saya gak keberatan naik bus asal jaraknya gak terlalu jauh. kalau kejauhan suka ngeri ngebayangin gimana kalau kebelet. ditambah share pengalaman orang-orang yang menggunakan jasa bus jarak jauh ini. gak dimana-mana namanya bus jarak jauh, toilette-nya memang gak nahanin.

***

tiket IC Bus bisa pesan di homepage DB atau beli langsung di Reisezentrum. point-point parkiran bus jarak jauh di Frankfurt ini letaknya di sekeliling area parkiran stasiun di pintu selatan (Hbf Südseite).

pada hari H-nya, berhubung kurang tau persis posisi Bereich D, dimana IC Bus diberangkatkan. jadilah kita datang agak lebih awal. sampai lima menit menjelang jam keberangkatan kog IC Bus-nya gak muncul-muncul juga. untungnya di menit-menit terakhir disaat mulai gelisah mata saya tertumbuk pada logo IC Bus yang dari kejauhan terlihat terpampang di kiri bawah kaca depan shuttle bus Bohr. wah nyaris aja tiket busnya angus karena kita gak pilih tiket yang flexi. judulnya matanya kudu awas karena gak bakalan ada IC Bus berseliweran. begitu juga halnya dengan IC Bus jurusan Frankfurt Hahn-Frankfurt kita naik bus lain yang namanya shuttle bus Flibco.

***

kelebihan IC Bus kita harus reservasi tempat duduk. disetiap kepala tempat duduk yang dibooking khusus untuk penupang IC Bus ditandai dengan pelapis kepala DB yang ada nomor tempat duduknya. kurleb 20-an tempat duduk di bagian depan. penumpang selain penumpang IC Bus bisa duduk dimana saja. tapi kalau penumpang yang udah reservasi datang penumpang tersebut harus menyerahkan tempat duduknya kepada kita 🙂

rute IC  Bus menuju Trier ini berhenti dua kali. pertama di Frankfurt Airport, kedua di Frankfurt Hahn Airport. di Frankfurt Hahn harus turun dan ganti bus. nah berbeda dengan yang tercantum di print-an tiket DB, nomor halte jurusan Trier di Frankfurt Hahn adalah nomor 15. jangan sampai salah halte bisa-bisa balik lagi ke Frankfurt 😀 untuk yang mau ke Frankfurt nunggunya di halte 14. kedua halte ini persis di depan bangunan utama airport Frankfurt Hahn.

btw tiket bus ini gak mesti mesen lewat DB bisa langsung naik bus-nya aja. kalau naiknya dari Frankfurt bayarnya nanti sesampainya di Frankfurt Hahn. kalau naiknya dari Frankfurt Hahn bisa beli di loket yang ada di depan airport. cuma harganya hampir dua kali lipat lebih mahal,14 Euro. dari Frankfurt Airport juga bisa naik bus ini.

oh ya dari Trier balik ke Frankfurt bus kita terlambat hampir 15 menit. waktu nanya supirnya soal kita hanya punya waktu transit lima menit di Frankfurt Hahn jawabannya gak profesional sekali. pas udah duduk suami bilang kalau dia dengar supir ini halo-halo dengan personil di Frankfurt Hahn, yasut. bener juga deh sesampainya kita di Frankfurt Hahn sudah ditunggu oleh petugas disana. orang-orang yang akan melanjutkan perjalanan ke Frankfurt dikumpulkan disatu tempat. antrian yang menunggu dari Frankfurt Hahn udah seperti ular naga. sepuluh menit kemudian baru bus yang akan membawa penumpang ke Frankfurt datang. eh ternyata kita yang dari Trier yang dipersilahkan naik duluan 😀

sebentar aja semua tempat duduk udah penuh dan penumpang-penumpang yang ngantri belakangan  tidak diperbolehkan naik lagi. wah kasihan juga tapi peraturannya disini memang ketat. lewat Autobahn gak boleh ada penumpang yang berdiri. gak soal kita mau lagi buru-buru apa enggak harus menunggu bus berikutnya.

pesan moralnya kalau harus ganti pesawat atau ganti bus harus punya spare waktu yang cukup buat jaga-jaga aja kalau bus-nya gak on-time dan juga buat yang jijikan, selama transit bisa beser ditempat yang lebih memadai.

***

2014-08-09 09.49.28hal lain ngomong-ngomong soal Frankfurt Hahn Airport. letak pelabuhan udara yang melayani penerbangan pesawat-pesawat budget seperti Ryanair ini biar ada frankfurt-frankfrutnya bukan di Frankfurt. kurleb dua jam-an dari Frankfurt dan bukan di Bundesland Hessen lagi melainkan di negara bagian lain yang namanya Rheinland-Pfalz 🙂

***

oh ya untuk yang memerlukan daftar alamat Fernbusse di jerman dan juga share pengalaman orang-orang yang pernah menggunakan bus-bus jarak jauh disini bisa dilihat di alamat sbb: http://www.fernbusse.de/fernbus-anbieter/

***

TagesTicket DeLux
TagesTicket DeLux

bagi pembaca yang belum pernah mendengar soal Trier. Trier dalah kota tertua di jerman dan letaknya tidak begitu jauh dari Luxemburg. jadi kalau udah di Trier bisa sekalian mampir ke Luxemburg juga. cara murmer mengunjungi Luxemburg dari jerman adalah dengan menggunakan tiket yang namanya TagesTicket DeLux atau tiket harian untuk mengunjungi Luxemburg. tiket ini bisa dibeli di Reisezentrum Trier, harganya 11,50 Euro per pax. dengan tiket ini kita bisa naik kereta regional kelas dua dan bebas naik turun bus yang beroperasi di Luxemburg. nama stasiun kereta di Luxemburgnya, Luxemburg Gare. hampir semua bus dari stasiun kereta ini melewati pusat kota Luxemburg.

Iklan

4 tanggapan untuk “cara hemat keliling jerman

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s