Diposkan pada Daily Life

ngecet

2014-05-12 10.38.03

soal cat dari awal saya udah ngasih tau kalau bosan dengan warna aman alias kepengen sekali bereksperimen dengan warna lain. untung bener suami ayo aja 😀 kita gak beli cat yang udah jadi tapi milih sendiri dari campuran warna yang ditawarkan. terus warnanya juga bisa dibuat matt atau seidenglanz/ glossy. prosesnya cepat bisa tunggu ditempat.

***

2014-05-10 14.43.50

ngomong2 soal ngecat tadinya saya pikir urusannya cuma beli cat dan kuas aja. ternyata gak sesederhana itu.  mantan penghuni sebelum kita menggunakan wallpaper biasa. nah kita gak bisa main tiban ngecet diatas wallpaper tsb, wallpapernya harus dilepas dulu. gampang dong ya tinggal dirobek aja? ternyata enggak, wallpapernya harus dilunakin dulu dengan cairan khusus baru deh dilepas. wallpaper yang udah dilunakin ini saat dikletekin utuh dan bisa digunakan untuk menutupi lantai selama proses pengecatan. lumayan menghemat karena untuk alas lantai selama pengecatan ada lagi materialnya. udah beres dong ya? ternyata enggak. dinding tsb harus ditutupi dulu dengan yang namanya Rauhfaser, mirip2 wallpaper tapi ada strukturnya gitu. proses pemasangannya persis seperti wallpaper. setelah selesai harus didiamkan dulu baru bisa dicat. oh ya gak semua dinding juga sih kita pasangin Rauhfaser.

***

penampakan sebagian kecil peralatan untuk mengecat
penampakan sebagian kecil peralatan untuk mengecat

ditoko bangunan juga begitu pilihan untuk hal2 yang berkaitan dengan pengecatan sangat spesifik. peralatan untuk ngecet dinding dan kayu ternyata berbeda begitu juga dengan jenis catnya. petunjuknya jelas tapi karena harus nyari2 sendiri dan banding2in harga sendiri bikin mata senut2 juga. jadi ingat betapa enaknya kalau beli2 bahan bangunan disepanjang jalan fatmawati-panglima polim. perlu apa tinggal tanya cicinya aja habis itu tinggal nunggu diurusin sama anak buahnya.

***

 

sambil nunggu Rauhfaser-nya kering, tugas saya diantaranya adalah menutupi pinggiran stop kontak dan teman2nya, kisi2 pintu dan jendela, pembatas antara dinding & lantai dan juga batas antara dinding dan atap dengan masking tape. pegel juga deh ditambah jempol juga masih dalam proses penyembuhan. itu juga gak sendirian alias suami juga ikutan ngebantuin mlesterin. hari sabtu kemarin kakak suami dan keluarganya mampir dan ikutan ngebantuin ngecet. ayah mertua juga sebetulnya kepengen ikutan tapi dengkulnya lagi gak ok.

***

ok berikut adalah gambaran pengerjaan pengecatan dinding dengan menggunakan Rauhfaser:

gulungan Rauhfaser
gulungan Rauhfaser

 

catnya
catnya

 

penampakan dinding setelah selesai dicat
penampakan dinding setelah selesai dicat

 

 

Iklan

9 tanggapan untuk “ngecet

  1. rauhfaser nya itu wajib ya mbak? hmm jadinya permukaannya kayak bermotif gitu ya… aku juga mau cat rumah nih cuma nungguin kakak datang dari kampung kalau MB ngecat gawat boros banget …………bisa bangkrut ..

    1. gak wajib sih sit bisa pake wallpaper yang udah jadi.

      heheheh kalo boros betz mending nunggu saudara kita aja 😀

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s