Diposkan pada Send Money Online

ngirim uang

kalau tidak mau berakhir dengan pertengkaran, membantu keluarga secara finansial adalah salah satu tema yang harus diluruskan sebelum menikah dengan orang sini. maklum aja orang sini dari kecil sudah dididik mandiri, ditambah hampir disemua sektor bisa mandiri alias bisa dijalani tanpa bantuan keluarga. jadi jangan heran kata2 membantu keluarga secara ekonomi adalah hal yang asing buat mereka. tapiii ya gitu kan kalo sudah memutuskan untuk menikah dengan pasangan lain negara banyak hal yang harus disesuaikan. turut2an aja dan ambil sisi yang baik2nya aja.

walau gak berlebihan keluarga saya hidup berkecukupan. jadi kalo gak ngirim uang juga apa2. tapi ya gitu deh kebiasaan memberi sudah mendarah daging ditambah pula tinggal berjauhan dan tidak bisa secara fisik ikutan menjaga dan merawat orang tua. dan alhamdulillah berhubung sudah dibicarakan dari awal saya tidak menemui kesulitan soal satu ini. begitu juga dikala saya belum bekerja. tetap walau gak banyak2 amat bisa rutin mengirim uang ke jakarta. intinya jangan sekali2 pernah bohong soal uang, bisa jadi bom waktu.

segala cara ngirim uang sudah pernah saya coba, entah lewat MoneyGram, WesternUnion baik yang cash maupun lewat WU Pay dan tentu saja lewat Bank sendiri. menurut yang saya baca konon MoneyGram dan teman2nya ini diperlukan para pengirim uang yang ingin mengirim uang kepada kerabatnya yang belum tentu punya akun bank. sejam ngirim udah bisa diambil dinegara tujuan dgn menggunakan kode yang diberikan. tentunya ditempat2 yang ada logo MoneyGram atau WesternUnion. kalo saya sih lebih kepada milih cara yang paling murmer saja.

***

melalui bank sendiri

saya menyukai cara on-line karena praktis. sayang bank suami saya dan bank kita di negara yang dulu gak ada opsi pilihan kirim uang ke indonesianya. makanya abis ngulik2 website bank saya yang sekarang dan menemukan ternyata bisa ngirim uang on-line langsung ke akun kakak saya di jakarta, horeee bener dan jadilah ngirim dari sana. tapiii begitu lihat print-annya halaaah bener2 bikin kita gregetan, total2 kita dikenakan biaya 36,55 Euro (Rp 568 ribu). gak lagi2 deh!

***

WU Pay

WU Pay

cara lain yang baru2 ini saya gunakan adalah kirim uang lewat WU Pay. pilihan kirim uang on-line dari WesternUnion. tapi maksimal hanya bisa 500 Euro sekali kirim, caranya:

  • registrasi dulu di WesternUnion on-line money transfer
  • pilih negara tujuan dan jumlah uang yang ingin dikirim
  • pilih bank transfer sebagai metode pembayaran
  • pilih WU Pay sebagai opsi pembayaran
  • sesudah itu kita menerima imel detail transfer dari WU Pay
  • lanjutkan dengan membuka akun bank kita dan transfer sejumlah uang yang ingin dikirim menggunakan data yang diberikan oleh WU Pay tsb
  • kalau uang sudah masuk di akun WU Pay, kita akan menerima konfirmasi lewat imel uang sudah bisa diambil plus info nomer transaksi yang digunakan saat pengambilan uang
  • dan sekali lagi imel kalau uangnya sudah diambil

untuk lebih jelasnya lagi silahkan diunduh disini.

nah kalo bakalan sering ngirim dari sini kita harus verifikasi data ke kantor pos. harus apply on-line dulu dan 2-3 hari kemudian terima surat dari WesternUnion. habis itu baru deh ke kantor pos bawa surat tadi plus paspor dan Ausweis.

 

***

RIA Money Transfer

2014-04-04 13.33.12

nah kalo ini adalah cara terakhir yang saya gunakan untuk mengirim uang ke jakarta. infonya saya dapat dari salah satu kolega yang berasal dari Republik Dominika. ternyata mereka juga punya kebiasaan berkirim uang 🙂 gak ada salahnya dicoba. ditambah info biaya kirimnya jauh lebih murah dan bisa kirim uang sampai kedepan pintu rumah.

sempat bolak balik dua kali, pertama kali gak berhasil karena untuk transaksi pertama mereka meminta paspor (mereka tdk terima Ausweis). yang kedua baru deh berhasil. begitu transaksi selesai dapat detail pengiriman plus kartu dari mereka. jadi kalau lain kali kirim tinggal memperlihatkan kartu tsb saja dan jangan lupa paspor. kenapa harus bawa paspor lagi? ternyata disetiap transaksi kita tetap diminta memperlihatkan paspor juga, halaaah repot bener yak. ana gak demen nih bawa paspor kemana2, barang berharga kalo ilang repot bener. oh ya hal lain untuk indonesia tidak ada pilihan kirim sampai ke pintu rumahnya. saat saya tanya kenapa, mereka jawab kalo gak semua negara punya perjanjian seperti itu dgn mereka.

di Ria Money Transfer jerman ini kita bisa kirim uang s.d. 1 800 Euro. untuk 500 Euro dikenakan biaya 17 Euro dan untuk s.d. 1 800 Euro dikenakan biaya 49 Euro. bisa ambil tunai di bri atau dikirim langsung ke penerima yang punya akun di bni. membingungkan juga krn saat saya cek sendiri melalui websitenya disini, kalau memilih daerah penerimaan di jakarta selatan muncul alfamart dan kantor pos segala. hal lain bisa kirim on-line juga ternyata, tapi berhubung saat mau ngitung2 kog pilihan uangnya cuma USD jadi gak jadi deh.

oh ya selain di Frankfurt, Ria Money Transfer ada di Berlin (4 tempat), Bremen, Hamburg, Köln (2 tempat), Bonn, Düsseldorf, Dortmund, Nürnberg dan München plus 650 Authorized Agents.

oh ya namanya ngirim biaya murah pake agak2 serem juga karena banyak sekali orang kulit hitamnya. entahlah kenapa juga kog pake serem segala padahal orang2 ini gak ngapa2in dan sama2 kirim uang juga. tapi yasut demi keamanan kali kedua suami pake ikut nganterin. hal lain saya gak puas dengan nilai tukarnya, rate 1 Euro hari saya mengirimkan uang tsb Rp 14,694. ya gitu deh gak ada yang murah sebetulnya, semua ada harganya. judulnya sesaat sebelum mengirim kudu menyediakan waktu utk mengecek rate dimasing2 tempat ini.

***

updated 09.04.2014

WorldRemit

kalo ini info dari Iing, tx Iing 🙂

paling murah dari semuanya, tampilan sitenya ok banget dan friendly, pilihannya banyak dan yang paling penting dari semuanya rating bagus dari penggunanya *cihuiii*

34 tanggapan untuk “ngirim uang

  1. Klo boleh sharing, saya di Turki pake caranya mahasiswa di sini…jadi, saya buka rekening di bank lokal, trus kartu atm nya saya kirimkan ke Indonesia (nitip tmn yg mo ke Indo), trus kartu atm itu dipegang sm adek saya. Jadi rekening tsb sengaja saya kosongkan (alasan keamanan aja sih), nah pas waktunya kirim uang saya kontek adek saya tsb, dia tinggal tarik tunai di semua ATM berlogo visa or mastercard, biasanya sih di atm nya B*A. Biayanya cuma kena biaya tarik per tarikan sekitar 25rb, maksimal sekali tarik 2,5jt (di pecahan 100rb, klo pecahan 50rb maksimal sekali tarik cm bs dpt 1,25jt). Trus ratenya ga gtu jauh, paling misalkan ku cek kurs hr itu 1Rp nya sekitar Rp 5200, pas ditarik kenanya cm bs dpt Rp 5rban (misalkan tarik 2,5jt paling cm selisih 10rb kan dr rate per hr itu). Saya rasa cara ini bs jg diberlakukan di sana 🙂

              1. nah itu kebalikannya sya udah dari lama gak fesbukan. enakan ngeblog aja 🙂

                sippp mudah2an segera punya celah buat ngeblog lagi yaaaa

                salam
                /kayak

                1. Hihihi iya sebenernya enakan ngeblog biar puas curhat or sharingnya, tp apa daya kadang merangkai kata di blog tidak semudah mengupload foto or pasang sebaris status di fesbuk hihihi….berhubung byk sekali group yg saya ikuti di fesbuk seperti group asi, group kawin campur, group room for children, group food combining en so on jd mau ga mau tetap kudu update di fesbuk 😀

                  Salam jg deh dr Amalia 😉

                  1. oalah banyak benerrr 😀

                    heehheh kog kebalikannya siiihhh. saya justru gak merangkai2 kalo ngeblog. makanya jangan heran isi dan format blognya gak jelas begini hihihi

                    salam
                    /kayka

    1. wah boleh banget alternatifnya, insya allah jadi pertimbangan.

      oh iya kartu atmnya itu bukan kartu kredit kan ya?

      terima kasih sekali sudah berbagi soal ini 🙂

      salam
      /kayka

      1. My pleasure 😉 bukan credit card, pake rekening tabungan biasa saja…
        Harusnya bs ya, krn setauku tmn2x Indo yg lg liburan ke Turki jg sering misalkan kehabisan dana mrk tarik tunai di ATM lokal hanya kena charge 25rb rupiah 🙂

        1. sipppp ngerti skarang.

          btw rekening tabungan yang ami buka disana itu dikenakan biaya bulanan gitu gak ya? saya lagi mikir2 bank disini yang gak ngecharge banyak atau free sama sekali.

          salam
          /kayka

          1. Saya jg pilih rekening bank yg termurah aja sih, oia saya tdk buka rekening atas nama pribadi, pake punya suami aja buat menghemat biaya tahunan hihihi…biayanya tahunan klo di sini sih ya…sama aja sih klo diitung2x per blnnya kaya di Indo 😀

            1. ic.

              hehee dulu saya juga pake nama suami aja biar ngirit, ini krn kerja aja jadi kudu punya rekening sendiri 😀

              salam
              /kayka

  2. Bisa buat dimasukkan ke keterangan pajak deh, kita biasa kirim rutin, dan tiap tahun diperhitungkan saat laporan pajak, yg ngurus selalu steurberater sih, kadang ada yg balik, lumayan meski sedikit 🙂

    1. wah bisa ya teh ternyata, lumayan banget kalo bisa balik lagi ya biar sedikit juga 🙂

      trims infonya ya teh.

      salam
      /kayka

  3. Mbak Kayka,

    Saya biasa kirim uang via WorldRemit, cepat, praktis dan murah biaya kirimnya. Bisa dicoba.

    1. alo Iing,

      thanks yaaaa asli jauh lebih murah, tampilan sitenya juga enak *kewl*

      insya allah kiriman berikutnya saya akan menggunakan fasilitas ini.

      salam
      /kayka

  4. kak..kemarin sodara kirim uang pake worldremit. ak uda dapet sms 2x tp isinya sama separti langkah 2. tpi kok belom juga dapt sms terakhir ya ? berapa lama sihh uangnya bisa diambil. makasih

    1. baru pertama kali ya ngirim ke amilanya? ok kiriman pertama butuh waktu sedikit lebih lama tapi gak akan lebih dari 3-4 hari gitu deh…

      salam
      /kayka

  5. kak ternyata aku salah kirim norek nya. blkangnya aja yg salah. hiks hiks. ga teliti aku. jadi status di pengirim masih panding di email nya. bisa diurus kah ??

    makasih kak

    1. waduh gawat juga ya mil jadi was-was juga nyasar ke rekening orang. tapi saya rasa gak deh kan harus cocok juga dengan nama penerimanya. menurut saya harusnya bisa diurus ya. coba minta pengirimnya untuk ngimel ke worldremit untuk mengoreksi nomer rekening.
      https://www.worldremit.com/en/contact-us

      biar cepet di bagian description selain soal koreksi no. rekening penerima, cantumkan juga nomer transaksinya.

      nanti mesti mereka ngasih petunjuk soal pengoreksian.

      salam
      /kayka

    1. waktu ngirim imel dapet konfirmasi mereka udah terima imelnya gitu gak mil, coba deh tanya lagi sama yang ngirim.

      salam
      /kayka

    1. sepertinya begitu ya…
      kalau mau cepat bisa juga telepon sebetulnya. daftarnya ada di link yang kemarin (sebelah kanan).

      salam
      /kayka

  6. kak, aku uda terima uangnya. tp lama banget gara” salah norek nya. jadi telp dan kirim imel berkali” dulu. Alhamdulillah 🙂
    trimakasih kak atas bantuannya

    1. hallo amila,
      syukur ya akhirnya uangnya nyampe juga #jadidonglebaranya 🙂

      pelajaran berharga tuh mel mendingan jereng ngecek berkali-kali sebelum ngirim data.

      siiip
      salam
      /kayka

  7. Salam, saya mau tanya kak. Saya dikirimi uang dari ireland via Ria Finance melalui rekening mandiri saya. Tapi sudah hampir 4hari uang tersebut belum masuk ke rekening mandiri saya. Yang saya mau tanyakan apakah saya harus mengambil uang itu sendiri ke Bank Mandiri atau uang tersebut akan otomatis ditransfer ke rekening tabungan mandiri saya? Terimakasih.

    1. hallo feb,

      hallo febri,

      kalo ngirimnya ke akun masuknya ke akun ya. butuh waktu agak lama memang sampai kita terima. tapi klo seminggu belum masuk juga coba minta yang ngirim menanyakan ke tempat dia ngirim uang waktu itu.

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

