Diposkan pada Health

bronkitis

yap saya kena bronkitis. ada2 aja deh. saya sendiri gak terlalu memperhatikan karena kan udah masuk musim semi jadi bersin2 bukan hal yang aneh. nah minggu lalu ditambah dengan tenggorokan mulai agak2 gatel, tapi kog ya dicuekin aja. padahal biasanya langsung tak minumin kecap plus jeruk nipis. hari sabtu malam kejadian batuk gak brenti2 pake ngik2 spt orang kena asma sampe gak bisa tidur. itu aja tetep hari minggunya masuk kerja. tapi selesai laporan kog badan jadi meriang dan batuknya ndilalah tambah heboh aja. rencana saya tetep kerja dengan catatan hari seninnya saya baru mengajukan sakit. kalau saja kolega saya tidak meyakinkan saya tetep kerja tuh.  kolega saya meyakinkan kalau lebih baik pulang sekarang dan seninnya telefon jadi tidak seperti direncanakan. dia sendiri akan menginformasikan kalau saya sakit. iya juga sih.

pas mudik terakhir saya juga kena batuk hebat model begini. sampai akhirnya saya ketemu dokter yang praktek di daerah Bendungan Hilir. tapi beliau gak bilang sih kalo itu bronkitis. cuma ya gitu gak lama minum obat yang harus diracik dulu itu saya sembuh. sebenarnya sebelumnya saya juga udah dapet resep dari Prof. Suyono tapi gak mempan. apa krn Prof. Suyono canggihnya di endrokologi aja kali ya 😀

***

 

ok balik ke bronkitis ini lagi, pas lagi nungguin susternya nglengkapin data untuk surat keterangan sakit, baru ngeh kalo dibagian Kostenträger-nya tercantumnya „Privat“. waduh, mesti nanya dulu nih daripada nanti kaget sendiri. dan bener aja ternyata obat2 yang dicantumkan dokter saya tsb memang tidak ditanggung oleh Krankenkasse, oalaaah. yasut tapi tetep deh kalo begini harus ke dokter krn saya memerlukan surat keterangan sakit. ya gitu deh dari yang harusnya bayar cuma 5 Euro (Rp 78 ribu) per resep kalo saja obatnya ditanggung oleh Krankenkasse akhirnya harus mengeruk dompet agak dalem jadi 17 Euro (Rp 264 ribu). btw saking batuk beratnya sampe gak inget nanya di apotik apa kedua obat ini bisa dibeli bebas tanpa resep.

Iklan

4 tanggapan untuk “bronkitis

  1. Cepet sembuh yaaa, boleh sharing lg ya mengenai bronchitis….anak kedua saya wkt usia 3bln kemarin jg divonis dokter kena bronchitis, dan dokter memberikan berbagai jenis obat antibiotik sampai obat asthma ventolin. Setelah saya browsing ternyata bronchitis itu penyebabnya virus krn penyakit yg muncul seringnya dipicu oleh udara dingin. Dan sudah jelas bahwa virus hanya bs sembuh dengan antibody di tubuh kta saja, jd obat paling ampuh hanya perbanyak cairan (jd sang virus bs keluar via air seni atau keringat) dan istirahat total. Perbanyak makan buah dan sayuran segar (rawfoods) aja biar bdn tdk terlalu berat bekerja 🙂 salam hangat ^_^

    1. ami yang baik,

      terima kasih banyak doa dan juga tipsnya ya. seneng deh jadi ada masukan. memang harus digeber diminum, buah dan sayuran. kadang suka gak inget minum krn jarang berasa haus disini.

      iya bener banget tuh, penyebab bronkitis salah satunya virus. kalau saya krn alergi. konon sih bronkitis akan sembuh dgn sendirinya. tapi lama2 berbahaya juga kalo kita punya penyakit menahun spt jantung misalnya.

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s