Diposkan pada Kursus Bahasa Jerman, Work Life

Praktikum & Anerkennung

2013-12-08-01berikut adalah terusan tentang tulisan praktikum beberapa waktu yal (tulisannya bisa diunduh disini). alhamdulillah kamis minggu lalu praktikum di rs-nya selesai juga. empat minggu adalah waktu yang sangat singkat utk sebuah praktikum. kesempatan yang betul2 saya manfaatkan semaksimal mungkin. sangat menguras pikiran sebetulnya (baca: kemampuan berbahasa) untungnya personal di rs katolik ini rata2 baik dan banyak membantu. terjun langsung begini memang membuat progress kemampuan berbahasa berlangsung lebih cepat 😀

***

berhubung waktunya mepet, hari terakhir saya putuskan untuk bawain praline aja dan kartu ucapan terima kasih. siangnya pas lagi dengerin report, Abteilungsleiterin-nya telefon. selain membicarakan hasil praktikum dan menyerahkan surat keterangan soal sepatu kerja *cihuiii* bos bagian bedah yang cantik ini menanyakan rencana saya kedepan. saya jawab setelah menyelesaikan kursus bahasa februari tahun depan saya ingin bekerja. dan menambahkan kalau boleh kepengen ngelamar disini. sebenarnya saya udah tau kalau bos akan menanyakan soal ini krn beberapa kolega info kalau mereka merekomendasikan saya kpd sang bos. hal yang membuat saya sempat tidak mampu berkata2 dan terhura sekali. hari rabunya mereka sempat2nya mengingatkan kembali utk menyiapkan berkas lamaran.

gak berpanjang2 sang bos menanyakan apakah saya membawa berkas lamaran. langsung aja berkas lamaran yang sudah saya siapkan dari kemarin tsb saya serahkan. setelah selesai melihat2 berkasnya, sang bos memberitahu kalau mereka akan mengirimkan jadwal interview saya dgn Pflegedirektorin dan saat interview nanti dia akan mendampingi saya…

***

oh ya ngomong2 soal praktikum beberapa kali saat Pause saya dengar kalau tahun depan keluar peraturan baru soal praktikum. bukan rahasia lagi kalau praktikum banyak disalahgunakan pemberi kerja utk memanfaatkan para praktikan. entah itu tanpa bayaran sama sekali atau kalaupun praktikan mendapat kompensasi nilainya gak cukup utk hidup mandiri standar disini. balik2 lagi selain gak mudah menemukan tempat praktek, kalaupun ada yang bersedia memberikan tempat praktek, kerjaan pemberi kerja jadi bertambah. mereka harus bikin program karena praktikan tidak boleh menggantikan posisi personal yang ada. hal lain diakhir masa praktek mereka harus memberikan penilaian. disisi lain praktikum dijadikan pemberi kerja sebagai salah satu cara untuk rekrut pegawai baru.

dalam kasus saya, saya tidak merasa dimanfaatkan krn diakhir masa praktek saya diminta utk melamar. lamaran yang notabene hanya formalitas saja. mungkin kalo cuma dapat ucapan terima kasih aja dan tschüss lain lagi ceritanya. oh ya sistem pendidikan di jerman mementingkan sistem duale Ausbildung, tidak hanya teori saja tapi prakteknya juga. soal ini pernah saya tulis disini.

***

balik ke soal sepatu, saya senang sekali akhirnya bisa mendapatkan selembar surat sakti untuk sepatu yang saya beli disini ini. maklum dari sekolah infonya gak ada budget. setelah sempat berargumentasi soal ini, akhirnya pihak sekolah bilang mereka akan mengganti biaya pembelian sepatu saya asal ada surat soal ini dari rs.

***

sertifikat pengakuan dari Regierungspräsidium Darmstadt
sertifikat pengakuan dari Regierungspräsidium Darmstadt

hal lain permohonan Anerkennung yang saya ajukan ke Regierungspräsidium Darmstadt keluar juga setelah sempat dua kali mengirimkan persyaratan tambahan *alhamdulillah* proses di Darmstadtnya sendiri memakan waktu sebulan. kalo ditambah urusan terjemahan, legalisir di notaris dan mengurus surat2 lainnya total2 jadi 1½ bulan.

***

kelengkapan pertama saya kirim akhir oktober. gak lama setelah itu saya terima surat kalau Präsidium Darmstadt bisa memberikan izinnya dengan catatan saya harus melengkapi dulu persyaratan2 sbb:

  • sertikat integrasi
  • surat kelakuan baik dari polisi,
  • form surat pernyataan dari Darmstadt untuk saya ttd, yang menerangkan bahwa saya tidak pernah terlibat kejahatan atau pernah dihukum
  • form surat sehat yang harus di ttd Hausarzt

2013-12-08-09untuk surat sehat wah pikiran saya harus bayar lagi nih ternyata enggak. maklum berselang tidak lama sebelumnya saya pernah bikin surat sehat juga sebagai kelengkapan sebelum memulai praktikum. kelengkapan persyaratan kedua ini kecuali surat kelakuan baik dari polisi saya kirimkan pertengahan november. untuk surat kelakuan baik dikirimkan oleh Ordungsamt langsung ke Darmstadt.

eh gak lama dapet surat lagi kalau fotokopi sertifikat integrasinya  gak berlaku dan harus dilegalisir di notaris. halaaah sama sekali gak inget kopi apapun yang dikirim ke pejabat disini harus dilegalisir. jadilah saya ke notaris lagi dan dikenakan biaya €23,80 (Rp390,010). kelengkapan ketiga ini saya kirimkan tanggal 26 november.

tagihan dari Darmstadt-nya
tagihan dari Darmstadt-nya

eh cepet loh awal desember sertifikat pengakuannya udah nyampe ditangan plus tagihan €150 (Rp2,458,220) yang harus dilunasi selambat2nya sebulan setelah surat keputusan dikeluarkan. buat catetan aja urusan apapun disini tidak ada yang gratis. tetep garing tapi gak plus sakit hati krn memang resminya segitu.

8 tanggapan untuk “Praktikum & Anerkennung

  1. Wah, keren euy, langsung direkrut sama pemberi kesempatan praktikum. Selamat ya kak. Soal pengupahan udah lah, jangan jadi prioritas toch tinggal di situ turut suami hihihi…… Ikut bahagia ya.

    *pelukan sambil salaman*

    Jadi kapan wawancaranya?

    1. makasih bundaaa 🙂

      soal pengupahan selama praktikum, betul bun saya gak ikut2an ribut, yg paling penting di akhir praktikumnya hehehhe *sambil pelukan sambil cipika cipiki*

      kemarin baru dapat pemberitahuannya bun. pagi ini saya tel utk jadwalnya…

      salam
      /kayka

  2. mbak Kayka, selamattttttt yaaaaaaaa …. Super !!
    smg wawancaranya juga lancar ya….
    *jadi senyum2 sendiri nih, ikutan bahagiaaaaaa…. setelah praktikum langsung kerja*.

    1. hallo lulu,

      lulu udah pernah liat-liat site Anerkennung ini kah?
      http://www.anerkennung-in-deutschland.de/html/de/

      nah intinya lulu harus tau dulu kepengen kerja atau kuliah lagi.

      saya sendiri sebetulnya gak sengaja lu jadi bisa ngurus Anerkennung gegara ditempat saya belajar bahasa terakhir ada semacam jam khusus interview dengan Berater tentang rencana peserta kursus kedepan.

      berhubung saya memang kepengen nerusin profesi sebelumnya. mereka ngecek apakah ijazah perawat yang saya dapat dari salah satu negara eropa tersebut bisa diproses untuk Anerkennung dan ternyata bisa. selanjutnya dikasih tau apa aja yang harus dilakukan untuk Anerkennung.

      semoga membantu ya…

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

