Diposkan pada Jerman

apakah kita bisa dihukum gara2 foto

dipotret di pantai dgn busana minim: barang siapa tanpa sepengetahuan ybs memasang foto semacam ini di facebook yang bisa diakses orang sedunia, harus memperhitungkan kosekuensi hukumnya (Quelle: fr-online.de)
dipotret di pantai dgn busana minim: barang siapa tanpa sepengetahuan ybs memasang foto semacam ini di facebook yang bisa diakses orang sedunia, harus memperhitungkan kosekuensi hukumnya (Quelle: fr-online.de)

apakah kita bisa dihukum gara2 foto? jawabannya iya kalau di jerman dan dibanyak negara lainnya.

makanya sempet kepikiran juga ketika mas chris komen soal suka ada larangan memotret di museum di postingan ini. hal yang gak bisa diabaikan begitu saja disini krn kalau sudah diatur mesti diikuti oleh konsekuensi hukumnya.

2013-08-02-01demi amannya saya langsung cross-check dgn website Städel Museum. alhamdulillah, memang boleh ternyata sepanjang digunakan untuk keperluan sendiri dan memotret tanpa blitz.

waktu di Städel Museum memang gak keliatan ada tanda larangan memotretnya. tapi buat pastinya saya nanya dulu sama mas2 yang jaga daripada kesalahan.

***

masih urusan foto dan potret memotret, berhubung disini masih liburan musim panas jadi dikoran2 mesti aja ada tema2 berlibur baik di jerman maupun diluar jerman. kalau mau berlibur diluar jerman ada website khusus untuk melihat aturan2 umum yang berlaku di negara2 tujuan berlibur:

http://www.auswaertiges-amt.de/sid_C0C68B7AA30A84BC61587E9A1EC2A722/DE/Laenderinformationen/LaenderReiseinformationen_node.html

di yunani misalnya dilarang memotret pelabuhan udara.

***

dan juga sekembalinya dari liburan. diantaranya menyangkut soal foto2 orang yang „dipotret atau „terpotret selama berlibur.

gak masalah sebetulnya kalau foto2 tsb hanya jadi koleksi pribadi alias tidak disebarluaskan di berbagai media sosial tanpa sepengetahuan orang yang ada didalam foto.

***

kiat menghindari hukuman dan aman dgn foto2 (liburan) 

foto2 apa saja sih yang sebaiknya tidak diposting demi menghindari tuntutan hukum di jerman? peraturan yang bikin jereng kalau dibaca satu2. jadi yang saya tampilkan disini hanya peraturan versi sederhananya saja. yuk mari disimak…

Quelle: fr-online.de
Quelle: fr-online.de

utk yang gemar memotret, harus hati2 memotret orang tidak dikenal atau orang terkenal dgn sangat jelas dan mudah dikenali kembali. foto2 semacam ini tidak boleh diposting di facebook dan sejenisnya tanpa persetujuan ybs.

***

2013-08-02.03
Quelle: fr-online.de

yang paling baik adalah memotret objek orang dengan cara tidak terlalu jelas dan mudah dikenali alias hanya merupakan bagian dari pemadangan saja. pemandangan orang banyak spt foto diatas secara hukum tidak akan menimbulkan masalah.

***

2013-08-02.03
Quelle: fr-online.de

untuk foto anak2 terutama foto dipantai, sebaiknya orangtua peka. berikan foto liburan anak2 anda hanya kepada keluarga dekat saja. anak2 dibawah umur delapan tahun tidak bisa memberikan izin utk dipotret harus melalui orangtuanya.

***

2013-08-02-04
Quelle: fr-online.de

sekali posting foto di internet gak bakalan bisa ilang dari dunia digital alias selamanya. sehingga sangat direkomendasikan untuk menyamarkan penampilan anak2 dgn topi dan kacamata hitam.

***

2013-08-02.05

dibanyak negara berlaku larangan memotret hal2 tertentu misalnya bangunan militer, pelabuhan dan pelabuhan udara. bahkan grup2 tertentu spt polisi…

***

Quelle: fr-online.de – Recht: Unerlaubt Fotografiert von Gesa Schölgens.

***

pengalaman disini membuat saya sangat berhati2 memotret objek manusia. tapi kdg2 suka kurang berhati2 juga krn kepancing lihat orang2 motret suatu objek di keramaian jadi ikut2an motret juga. foto2 yg krn saya anggap lucu jadi diposting juga disini. alhasil sekarang harus lihat satu2 lagi muka2 orang yang tidak dikenal yang dgn mudah dapat diidentifikasi. namanya internet, gak tau juga tau2 ybs atau kenalannya nyasar disini, wah berabe urusannya kalo sampai pake acara dituntut segala. wasallam aja…

Iklan

5 tanggapan untuk “apakah kita bisa dihukum gara2 foto

      1. neneknya medina tadinya saya kirimi mms mbak, tp karena posisi di desa sulawesi sinyal ga begitu bagus. mms lama sekali sampai kadang gagal. kalau ayahnya ga mau pakai wa dan segala macam masengger. akhirnya saya bikin akun khusus medina yag kontaknya cuma keluarga murni 🙂

        1. bener bgt deh mbak khusus kel sptnya kitanya yg menyesuaikan ya 🙂 yg penting mereka tau bisa ngakses dimana kalau kangen medina. btw suka banget nama medina, cantik.

          salam
          /kayka

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s