Diposkan pada Kursus Bahasa Jerman

gulai tahu tauco

tauconya
tauconya

wah asli deh bete ketika dua hari yang lalu bikin gule tahu tauco. satu bahan paling penting yaitu tauconya sendiri ternyata udah abis. begini ini deh kalo masak gak pake ngecek2 alias cuma pake perasaan, perasaan masih ada. perlunya gak banyak sih cuma 2-3 sdm saja. tapi tanpa tauco, gule tahu ini rasanya gak ada bedanya dgn sayur lodeh. enak kata suami saya, tapi berhubung yg ada dikepala saya gule tauco, gak komplit aja rasanya. grrr-nya itu sabtunya belanja di toko asia dan belanjanya juga udah pake daftar biar gak ada yang ketinggalan. parah deh gak mungkin juga bolak balik hanya utk sebotol tauco. untung bener kemarin adalah jadwal Einstufungstest di StartHaus Offenbach. jadilah pulang dari sana kita mampir juga ke asia mekong. nyampe disana sempet ragu2 mau ngambil yg mana. yg jelas bukan kemasan besar krn jarang2 masak dgn bahan tauco. ada kemasan kecil gambar anak kecil cina tapi rasa cabe. akhirnya pilihan saya jatuh ke tauco buatan thailand ini. alhamdulillah rasanya spt biasa, sedap.

sarapan bersama
sarapan bersama

balik ke soal tes penempatan di StartHaus Offenbach, saya dan suami akhirnya sepakat, saya tetap ikutan tes dan ikutan kelasnya juga yang dimulai tgl 19 agustus nanti. biar ngerasain sendiri cocok enggaknya. kalau udah tau baru bisa dijadikan dasar kalau pada akhirnya memilih mengundurkan diri dari sana. oh ya kursus B2/C1 saya di VHS dimulai tgl 9 september. saat perpisahan kelas jumat kemarin (baca: sarapan bersama), hal ini saya bicarakan juga dgn guru utama kami Frau A. beliau mendukung keinginan saya dan berharap yg terbaik untuk saya *Hertzlichen Dank Frau A* hal lain sudah dipastikan semester berikut guru kami dua guru lain. Frau A menambahkan kalau kami tdk perlu khawatir soal guru, krn guru yang mengajar dari rabu-jumat adalah salah satu guru terbaik yang dimiliki VHS, alhamdulillah. pengalaman saya yg disetiap semester memiliki dua guru disini, guru yang betul2 bagus hanya satu. guru satunya lagi lebih ke arah membosankan. untungnya hanya dua hari saja per minggu. btw hari terakhir dgn Frau A, memperlihatkan kalau Frau A guru yang disukai murid2nya krn dedikasinya yang tinggi.

ok balik ke Einstufungstest, a sohib saya insist menemani. saya senang2 aja tapi bilang muss aber nicht. dan a bilang kalo dia ada yang dicari juga di Offenbach. kalau begitu ok banget. sesuai rencana saya dan a nyampe 30 menit dari jadwal yang ditentukan. oh ya saya juga udah izin tidak masuk kerja krn tesnya dari jam 1345. spt yg udah2 tesnya terdiri dari lesen & hören, schreiben und sprechen. tes bagian pertama sprechen dilaksanakan sebelum testnya sendiri dimulai. tes-nya model wawancarasambil kita di-interview sambil Prüferin-nya mengisi formulir. dilanjutkan dengan hören, yang terdiri dari 2 bagian. bagian pertama diputar hanya sekali (pilihan ganda) dan bagian kedua diputar dua kali (R/F). kemudian lesen, soalnya spt biasa pemahaman teks, termasuk memilih iklan dan surat yang sesuai. ujiannya diakhiri dengan schreiben, menulis surat. soalnya Terminverschiebung. yang saya rasakan soal ujian ini agak sulit kalau kita benar2 baru lulus B1. ada untungnya juga saya sudah tiga bulan mengikuti kelas B1+ (B1/B2). alhasil alhamdulillah ujiannya bisa saya selesaikan lebih cepat dari waktu yang diberikan 90 menit. hasil penempatannya dikirim lewat dua minggu sebelum kursus dimulai.

total yang ikutan tes termasuk saya lima orang. yang satu datang 15 menit stl tes berjalan, satunya lagi 30 menit setelah tes berjalan, unglaublich. judulnya gak usah heran lihat hal2 spt ini dikelas2 sejenis. satu hal yang masih membuat saya takjub itu: hari begini dan disini, gak hanya sekali dua kali ketemu orang yang kertas jawaban mau diapain aja gak tau. belum lagi berisiknya. ok, berdasarkan pengalaman pribadi, saya bisa bilang wanita2 asia pada umumnya adalah wanita2 kuat dan cerdas, pintar menempatkan diri, tau persis keinginannya dan tahu/berusaha tahu cara mewujudkan keinginannya tsb.

***

gule tahu tauco
gule tahu tauco

oh ya untuk resep gulai tahu tauco-nya bisa diklik disini.

Please feel free to share your thoughts.

