Diposkan pada Kursus Bahasa Jerman

Stufe B2/1

bukunya...
bukunya…

hari ini jadi hari pertama saya di kelas Stufe B2/1. teman2 baru di sekolah baru. suasananyapun berbeda dengan waktu di kelas kursus integrasi dulu.

ceritanya selasa kemarin saya udah ke VHS Offenbach tapi saya gak sreg. pertama kursusnya cuma dua kali seminggu terus Fachberatin-nya eleh2 juteknya. model sekolah yang gak perlu murid. terus ingat kalo jumat kemarin pas saya lagi ngobrol2 sama guru dan personal ditempat kursus yang lama mereka pada bilang kenapa gak ngelanjutin di VSH Dreieich saja. memang jadi agak jauh tapi sekolahnya bagus. jadilah akhirnya saya telepon kesana. dua kali telepon kesana dua kali orangnya yang harus saya hubungi tidak ada ditempat terus. akhirnya saya imel saja, tanya point2 yang ingin saya ketahui. eh gak lama jawabannya masuk.

kelasnya udah jalan dari tanggal 18 februari. 300 Unterrichstunden, tiap hari dari jam 08:30 s.d. 11:45. perkiraan selesainya pertengahan juni 2013. krn saya testnya baru aja kemarin, masih diberi kesempatan untuk bergabung tanpa perlu mengikuti test penempatan. alternatif kedua adalah harus nunggu sampai bulan september. nah kalo ikut kelas september, berhubung udah kejauhan harus ikutan test penempatan lagi. adaooo gak deh kapok sudah ikut test penempatan. setelah menimbang2 untung dan ruginya dan mendiskusikannya dengan suami, akhirnya saya putuskan untuk join kelas yang udah jalan ini saja. jadilah untuk kedua kalinya saya mendaftarkan diri dikelas yang udah berjalan ditengah jalan. tapi gapapa deh susah2 sekarang daripada harus deg2an nunggu s.d. bulan september nanti.

sesudahnya grabak-grubuk deh cari buku teksnya, paket untuk Stufe B2/1 dulu. pertama nyari di Hugendubel ada cuma Kursbuch-nya saja dan orangnya bilang kalo mau bisa bukunya bisa dipesenin dan besok bisa diambil. tapi saya bilang mau lihat2 ditempat lain dulu. ndilalah ditempat lain malah gak ada sama sekali. orang2 disana juga juga bilang hal yg sama bisa pesenin bukunya tapi berhubung udah kesorean bukunya baru nyampe hari kamis. itupun gak janji tergantung cuaca. oalaaah… mau cepet malah tambah lambat. yasut akhirnya daripada mundur lagi saya pesen lewat mereka saja.

ketika matahari sejenak memberi kehangatan ditengah kekelabuan hari...
ketika matahari sejenak memberi kehangatan ditengah kekelabuan hari…

sebenarnya dari kemarin saya udah bisa langsung mulai ikutan kelas B2/1. Fachberatin-nya minta saya datang lebih awal untuk melengkapi formulir pendaftaran. saya udah berangkat agak pagian tapi bis jurusan ke sekolahnya gak dateng2. sempet memang saya perhatiin anak2 sekolah pada balik lagi tapi saya pikir ok gak apa2 deh tunggu sekali lagi siapa tau bis jadwal berikutnya dateng. ternyata beneran gak dateng. nyesel juga udah nunggu dan pake kedinginan pula. harusnya begitu lihat anak2 itu pada balik harusnya ikutan balik juga. mesti mereka udah lebih pengalaman. yasut lain kali…

oiya bagi yang mau latihan soal ujian penempatan, bisa latihan disini. utk bisa nge-load harus daftar dulu, cukup dengan alamat imel dan password saja.

VHS-Lernstufen nach dem „Gemeinsamen Europäischen Referenzrahmen für Sprachen“

  • Die Stufen A1–A2 sind leichter.
  • Die Stufen B1–B2 haben mittelschwere Aufgaben.
  • Die Stufen C1–C2 sind schwerer.

Stufe B2: am Ende dieser Stufe können Sie längeren Redebeiträgen und komplexer Argumentation in der Standardsprache sowie den meisten Nachrichtensendungen folgen. Sie können sich im privaten und beruflichen Bereich so spontan und fließend verständigen, dass ein normales Gespräch mit Muttersprachlern möglich ist, und können sich an Diskussionen beteiligen. Darüber hinaus können Sie klare detaillierte Texte über eine Vielzahl von Themen schreiben, Aufsätze verfassen, persönliche und formelle Briefe schreiben und deutlich machen, was wichtig ist.

jadi iseng lihat2 daftar ujian2 yang ada di Goethe juga. dan baru memperhatikan kalau ternyata untuk jenjang B2 ada dua test yang berbeda:

  1. TestDaf/Test Deutsch als Fremdsprache: ujian untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi,
  2. ZDfB/Das Zertifikat Deutsch für den Beruf: ujian sertifikat bahasa jerman untuk bekerja.

oalaah harusnya ini udah dilihat2 sebelumnya. pengalaman saya orang sini akan memperlihatkan kekesalan dan kehilangan kesabarannya nih kalo kita udah diberi kesempatan nanya, tapi keluar dari sana masih balik nanya lagi, nanya lagi. persiapan… persiapan… kata kunci urusan apapun disini. siapkan daftar pertanyaan spy gak ada yang kelewat.

yasut lain kali kalau ada kesempatan baik saya ingin memastikan saja kalo kursus ini tidak hanya mempersiapkan kita untuk ikutan TestDaf tapi juga untuk mendapatkan ZDfB. karena tujuan saya insya allah sesudah ini adalah mencoba peruntungan didunia kerja… آمِّيْنَ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Iklan

21 tanggapan untuk “Stufe B2/1

        1. Tenang tam insya allah belajar disini lebih cepet krn tiap hari denger dan kesempatan utk praktek bicara juga jauh lebih banyak ketimbang di indonesia.

          salam
          /kayka

  1. Mbak kelas2nya masih panjang ya? Ini khusus yang mau jadi wn kan ya? Kalau cuma tinggal sementara belajar ga pake ikut kelas2 begini kan?

    O iya anak2 sekolah balik knp mbak? G jadi sekolah?

    1. Iya mbak, sesudah kelas ini masih ada dua kelas lagi.

      Saya ambil kelas ini ekstra aja mbak indri biar bisa mengungkapkan atau mengerti pembicaraan yg lebih panjang. Untuk yg mau tinggal sementara utk belajar saya kurang ngerti mbak…

      Kalo utk apply wn cukup dgn Zertifikat B1, satu level dibawah ini.

      iya pada pulang gak jd berangkat ke sekolah tsk tsk…

      Salam
      /kayka

  2. Mbak, saya mau share buku grammar yang saya bisa enjoy bacanya: German – an Essential Grammar, oleh Bruce Donaldson.
    Saya ketemu e-booknya tapi tidak tahu apa gpp dipost full linknya di sini, tapi kalau search google juga full link pdf-nya ada di halaman pertama.

    1. barusan saya udah liat2 tam, terdamparnya di OnlineBooks, tapi harus member dulu e. mau dong im dibagi alamat yg bener2 freenya kalau ada 🙂 gak usah lengkap, nanti saya cari sendiri. terima kasih…

      salam
      /kayka

      1. Ah maaf mbak, saya search dengan term ini: German an Essential Grammar Bruce Donaldson, link ke-4 di page pertama google oleh wnlibrary.org

        1. heheheh gapapa tam, thanks ya. sepertinya referensinya bagus. sippp langsung meluncur kesana 🙂

          salam
          /kayka

          1. tam ada yg kelupaan, untuk On-line Wörterbücher saya pake Pons, Langenscheidt dan Wörterbuch dari Bravolol Limited.

            untuk Wörterbuch biasa saya rekomendasi banget Power Wörterbuch Deutsch dari Langenscheidt.

            salam
            /kayka

            1. Terima kasih mbak 🙂
              Sekarang saya pakai app dari dict.cc atas rekomendasi suami. Tidak harus online, dengan bayar beberapa USD bisa download full database-nya. Kalau lagi di luar bermanfaat karena iPad saya ga saya pasangi simcard jadi ga ada koneksi.

              1. siiip 🙂

                maaf tam lupa bilang kalo saya install-nya di hape buat kalo lagi kepepet. utk kata2 baru kalo disekolah lebih enak nanya langsung. nempelnya lebih lama 🙂

                iPad saya juga gak dipasangi simcard tam. tak install disana just in case males jemput kamus *pemalas*

                salam
                /kayka

  3. Oh iya berhubung sudah punya iPad mini, saya juga mau rekomendasi aplikasi iAnnotate pdf, biasanya saya baca e-book dengan ini karena tool-nya banyak, yang sering saya pakai adalah highlight (bisa ganti2 warna), underline, bookmark, typewriter, comment sama sync ke dropbox. Tidak gratis tapi worth it. GoodReader juga lumayan =)

    1. iya asyik sekali ternyata, nemu macem2 di iPad Apps 🙂 thanks infonya ya. saya lagi download Good Dynamics Edition-nya..

      btw saat ini saya lagi denger Hörbuch tam, Winter der Welt – Kent Follett. ngerti gak ngerti deh 😉 buat latihan intonasi dan pengucapan aja…

      salam
      /kayka

      salam
      /kayka

      1. Belum merambah audio book, masih podcast2 yang beginner saja =) Dengerinnya sambil bersih2 dan olahraga. Sip deh next targetnya audio book =)

  4. Mbak Kayka *maaf nyampah terus nih di blog orang*
    Senangnyaa.. tadi placement test di Goethe Institut mumpung masih ada di Jkt. Dikasih kelas B1.3. Secara tertulis si dapat B1.1 tapi setelah interview dinaikin jadi B1.3 *bahagia* Ekspektasi saya tadinya dimasukin ke A2 😀

      1. Iya mbak saya pernah bilang ke suami mau ambil yang intensif itu, tapi kata dia take it slowly aja dan saya juga pesimis karena gampang frustasi dan bosan belajar bhs jerman ini. Tapi insyaAllah saya coba, toh ga ada kegiatan lain nanti 🙂
        Thanks mba 🙂

        1. hihihi soal take it slowly itu swami saya juga bilang begitu tam.

          tapi semuanya balik kekita lagi tam. yg tau kebutuhan dan kapasitas kita, ya kita sendiri.

          kalau saya memang kepengennya ikutan kelas integrasi biasa aja tam. walau guru saya yg dulu bilang kalo saya udah bisa ikutan test B1. pun begitu tetep aja saya yg lebih tau kemampuan saya. masih perlu belajar banyak soal mendengar dan percakapan. buat apa juga punya ijazah B1 kalau saya masih belum bisa ngomong, begitu…

          nah jadilah selama dikelas tsb saya manfaatkan sekali utk mengasah kekurangan saya tanpa merasa perlu diburu2 waktu. alhamdulillah dgn berjalannya waktu sedikit2 mulai agak pedean memanfaatkan pengetahuan yg telah saya miliki untuk digunakan dalam percakapan sehari2 🙂

          salam
          /kayka

Komentar ditutup.