Diposkan pada Frankfurt

jalan-jalan di frankfurt (2)

oiya sebelum nerusin nulis saya mau info soal ada dua Frankfurt, yang satu Frankfurt am Main yang letaknya di Bundesland Hessen, satunya lagi Frankfurt (Oder) yang terletak di Bundesland Brandenburg. misal orang nyebut Frankfurt tok, kebanyakan yang dimaksud adalah Frankfurt am Main bukan Frankfurt (Oder). saya tulis soal ini karena saya pikir berguna saat nyari2 penginapan di Frankfurt misalnya. biar hasil pencarian gak kecampur dengan Frankfurt (Oder) sebaiknya ditulis lengkap Frankfurt am Main.

***

nyampe di Five Elements Hostel el belum sarapan. adaoooo kenapa darling?? el bilang gak asyik dan beraaat mesti bawa gembolan sambil ngambil makanan. ok deh… pas ditanya enak gak tidurnya, temen2 sekamarnya modelnya apa aja, plus mandi dsb. el bilang kalo tidur nyenyak, temen2 sekamarnya muda2 dan cantik2. ada yang mau nglanjutin perjalanan ke norwegia, ke inggris dsb. intinya kalo el gak ngajak ngobrol yang modelnya saling menjaga saja supaya tidak menganggu privasi masing2. pas mandi krn gak ada yang jagain gembolannya, terpaksa el mandi sambil ngebawa gembolannya juga. yang enak memang yang punya temen jadi bisa tunggu2an. oh ya tidak ada kamar mandi didalam kamar share enam orang ini. jadi harus keluar dari kamar. kamar mandi dan toilette-nya terpisah dan bersih. kebiasaan orang sini, kalo kepengen kamar mandi dan toilette bersih saat akan diperlukan, ya sesudah digunakan harus dibersihkan untuk kenyamanan pengguna kamar mandi dan toilette berikutnya…

***

rencana hari kedua (27.02.2013): beli tiket kereta Berlin (pp), ngelanjutin daftar kemarin Frankfurter Wertpapierborse dan Kleinemarkthalle dan mengunjungi ibukota Bundesland Rheinland-Pfalz, Mainz dan ibukota Bundesland Hessen, Wiesbaden yang dihubungkan oleh sebuah jembatan panjang diatas sungai Rhein.

***

tiket kereta ke Berlin

untuk tiket berhubung el gak punya gambaran gimana dan berapa harga tiket ke Berlin. jadilah kita langsung saja menuju ke DB-Reisezentrum yang ada di Frankfurt (Main) Hbf. disana mesti ngambil nomer antrian dulu. begitu giliran kita dapetnya mbak2 masih muda yang langsung menyapa dalam bahasa inggris yang sangat fasih 🙂 tapi saya jawab pake bahasa jerman dong heh ehe… langsung deh mbak2nya senyum manis. ok untuk pertanyaan tiket murah pake kereta biasa, mbaknya jawab begini:- lama lho baru nyampe sembilan jam-an dan pake ganti2 kereta, mau? ketika saya tanya el… he he he el langsung gak mau.

saya: ok kalo pake kereta cepat jarak jauh kelas dua mbak?

mbak db: kapan berangkatnya?

saya: besok (maksudnya hari kamis tanggal 28.03.)

mbak db: ok, 120 Euro untuk sekali jalan, pp 240 Euro.

saya dan el: waduh mahal bener. gak ada cara murah apa mbak untuk bisa ke Berlin tapi pake cepet?

mbak db: temennya dari negara mana dan tinggal berapa lama disini?

saya: dari indonesia dan rencananya dua bulan disini.

mbak db: ok, kalau begitu ada tawaran dari German Rail Passdengan tiket ini teman anda bisa keliling jerman dengan kereta cepat jarak jauh atau kereta2 lainnya. ada tawaran tiga hari, lima hari dst. bisa digunakan kapan saja selama sebulan. dan menyebutkan tawarannya bla bla… saya gak hafal lagi daftarnya…

tinggal naik kereta yang diinginkan dan cukup menunjukkan tiket German Rail Pass-nya saja. tapi sebelum naik kereta, tanggal keberangkatan sudah harus tercantum pada kolom yang disediakan dilembaran tiket tsb. khusus ICE keberangkatan jam 6 pagi atau 18 sore harus booking sehari sebelumnya di DB-Reisezentrum dan dikenakan biaya kurang dari 12 Euro.

saya: kenapa memang mbak jam segitu harus booking?

mbak db: karena keretanya springer, non-stop langsung ke Berlin.

saya: achso…

saya dan el minta waktu untuk diskusi spy el bisa ngitung kota2 mana aja yang dia mau kunjungi. selesai ngitung2 el ngambil tawaran lima hari.

saya: temen saya ambil yang lima hari saja mbak.

mbak db: ok, 217 Euro bitte… dan minta paspor el.

catatan: hitungan per hari ini adalah kita bisa turun naik ICE atau kereta cepat lainnya seharian sampe teler kalo mau dari ujung ke ujung jerman…

tambahan: dengan menambah sedikit uang teman anda bisa mengunjungi Venice, Verona, Bologna dan Bolzano (Italia), Brussels (Belgia), Innsbruck (Austria) dan Prague (Republik Ceko), caranya: kombinasikan German Rail Pass dengan German Rail Pass Extension.

***

Mainz/Wiesbaden

rencana yang ambisius sebetulnya mengingat jam dua aja kita masih di Frankfurt. tapi buat saya lebih baik begitu daripada cuma maksain lelarian kesana kemari ngikutin rute turis harus ke Heidelberg. ya gitu deh Wiesbaden kalah ngetop dari Frankfurt. jadi kalo udah ke Frankfurt kebanyakan larinya ke Heidelberg. padahal Wiesbaden hanya 40 menitan saja dari Frankfurt.

berhubung berdua lebih untung kalo beli Gruppentageskarte. belinya langsung di Fahrkarteautomat. jangan takut gak bisa bahasa jerman, ada pilihan bahasa inggrisnya juga.  Gruppenktageskarte ini bisa untuk s.d. maksimal lima orang. Tageskarte Mainz/Wiesbaden berlaku disemua line Bus, Straßenbahn, S-Bahn ataupun Regionalzüge yang ada dikedua kota tersebut. kenapa Tageskarte? jadi gak perlu pusing mikirin mesti bayar2 lagi tinggal naik turun aja dan memperlihatkan tiketnya pada saat diminta sama Kontroller aja.

Mainz lebih dekat dan kecil jadi kita kesana dulu, abis itu  baru ke Wiesbaden. kalo gak punya gambaran mau kemana gampang aja turun di Hauptbahnhof. didekat2 sana ada pusat informasi turisnya. jadi bisa tanya2 atau ngambil brosur tempat2 yang bisa dikunjungi. jangan berharap banyak dari nanya2 orang dijalan. rata2 turis lebih mengenal kota ybs daripada yang punya kota 🙂

di Wiesbaden waktunya sempit sekali. el masih penasaran krn begitu banyak yang harus dilihat. rencananya sebelum balik ke indonesia el ingin menyelesaikan pe-er Wiesbaden… ok d… 🙂

Iklan

4 tanggapan untuk “jalan-jalan di frankfurt (2)

    1. ada kamar singel dan dobelnya juga kog mbak indri kalo mau tapi mahalan sedikit. ya gitu deh buat yang budgetnya terbatas cara share ini memang yang paling praktis dan menguntungkan.

      selain orang2 sini, dari asia cewek2 jepang yang saya perhatikan banyak jalan sendirian.

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s