Diposkan pada Eating Out, Frankfurt

shopping in frankfurt

hahaha bingung postingan ini mau dijudulin apa. kita gak shopping cuma harus nyari dua kado natal lagi. jadilah dan lain2nya juga 😉 kebetulan gak dingin2 amat, tanpa terasa kita udah menjelajahi dari ujung ke ujung Einkaufsstraßen, jalan perbelanjaan di Frankfurt a.M. dari Conrad di Konstablerwache s.d. ujungnya Fressgass’ dan Goethestraße di Alte Oper.  sebelum hunting kita makan dulu di Palmengrill yang ada di Klingerstraße 26 yang letaknya gak jauh dari Conrad. untuk ayamnya menurut saya lebih enak di Palmengrill yang ada di Offenbach, sepertiyang pernah saya tulis disini. di Offenbach memang khusus ayam aja, jadi gak ada menu burgernya. disebelah Palmengrill Frankfurt ini ada toko yang menjual daging halal, ikan segar, sayuran dan bahan2 makanan dari timur tengah dan laut tengah (Mediterania). sekalian deh nyetok persedian daging dan teman2nya…

***

PalmenGrill Frankfurt

***

Einkaufsstraßen

peta jalan perbelanjaan di frankfurt: Zeil, Fressgass' dan Goethestraße
peta jalan perbelanjaan di frankfurt: Zeil, Fressgass’ dan Goethestraße

disebut jalan perbelanjaan karena disepanjang jalan2 yang ditandai hijau berdiri pusat2 perbelanjaan dan toko2. untuk yang gila merek misalnya, Goethestraße-lah tempatnya, 5th Avenue-nya Frankfurt. sementara Fressgass‘ asyik untuk yang mau tur kuliner.  gak hanya yang ditandai hijau, kalo kita belok ke jalan2 kecil2nya juga penuh dengan toko2. jalan2 terkenal lainnya di area ini adalah Neue Kräme, buat yang nyari2 piring dan teman2nya. Töngesgasse, dari Wein dan minuman keras lainnya s.d Mode. Schillerstraße, toko2 dan gastronomi. dan masih banyak lagi. judulnya sehari gak bakalan cukup untuk mengekploitasi tempat ini. oiya Zeil dan sekitarnya bukan satu2nya tujuan belanja di Frankfurt a.M. masih banyak tempat2 di bagian2 kota Frankfurt lainnya.

***

Zeil

sama halnya seperti lebaran dikita penuh orang dimana2 apalagi hari ini adalah hari sabtu terakhir menjelang natal. semuanya ada termasuk pengemis, khususnya di Zeil. namanya kota besar dimana2 sama, gak hanya bagus2nya aja mesti ada sisi2 mengenaskannya juga. gaya pengemisnya macem2. cuma gak jelas aja apa pengemis betulan atau pengemis yang ada mafianya. ada dua pengemis yang lengkap ada kompor gas buat kempingnya segala. pengemis yang kita lewatin ini lagi ngerebus telur. kepengen moto sebetulnya, tapi takut krn disini gak bisa sembarangan moto. ada artis jalanannya juga. lazimnya artis jalanan di eropa mereka tidak menganggu. kalo bagus banyak yang ngrubungin dan ngasih uang. mereka juga jualan cd. yang berminat langsung pada beli.

***

My Zeil

***

Weihnachtsmarkt

***

20121222-04a

balik ke kado. menurut survei terakhir untuk kado natal rata2 orang jerman menghabiskan kurleb € 285. apakah angka tersebut mewakili sangat relatif. buat saya nyari kado natal bikin pusing kepala. karena pada dasarnya orang2 gak memerlukan barang2 yang mau dibeli. sayang kalo dibeli juga karena saya yakin akan jadi hiasan gudang. mau dikasih mentahnya aja, seperti kurang usaha ditambah susah menentukan batas minimal buat orang2 yang udah kebanyakan uang. padahal praktis bener. akhirnya seperti yang udah2 saya dan suami sepakat memberi kado berupa hal2 yang bisa dinikmati, seperti voucher kuliner, voucher perawatan diri dan produk2 perawatan kulit musim dingin. untuk produk perawatan kulitnya kita beli di Douglas, toko parfum jerman. praktis semuanya ada dan ada layanan bungkus kadonya juga.

***

Alte Oper

btw nyampe di Alte Oper, udah mulai gelap dan mulai rintik2 hujan. saya juga udah capek. saatnya mengakhiri perjalanan hari ini…