Diposkan pada Kursus Bahasa Jerman

Integrationskurs

nah sekarang soal nglanjutin kursus bahasa jerman disini. surat keterangan yang saya dapat dari Ausländerbehörde yaitu Bestätigung über die Berechtigung zur Teilnahme am Integrationskurs, saya bawa ke Interkulturelle Bildung yang letaknya gak jauh dari tempat tinggal kami. sebetulnya kalau mau juga bisa langsung ke Volkshochshule terdekat, tapi mesti pake naik S-Bahn. gak deh saya capean orangnya. mendingan ke Interkulturelle Bildung aja cuma 10 menit jalan kaki dari rumah. pake tes penempatan dan hasil tesnya menunjukkan kalau saya layak masuk jenjang B1. secara teori saya memang ok banget, tapi saya ngerasa masih kurang sekali dalam soal mendengar dan percakapan. setelah mendiskusikan ini dengan pihak sekolah, saya diberi kesempatan untuk ngrasain ikut di dua kelas berbeda, kelas pagi dan kelas siang. nantinya saya boleh pilih kelas yang saya rasa paling cocok untuk saya. setelah mengikuti pelajaran di kedua kelas tersebut, saya putuskan untuk ikut kelas siang, 13:15-17:00. kelas ini baru saja masuk modul ketiga. ada enam modul, masing2 modul @ 100 Stunde. saya hanya dikenakan € 1 pro eine Stunde. hanya tes kenaikan tingkat saja yang harus ngambil di Volkhochschule.

Integrationskurse – was ist das?

Wenn Sie in Deutschland leben möchten, sollten Sie Deutsch lernen. Das ist wichtig, wenn Sie Arbeit suchen, Anträge ausfüllen müssen, Ihre Kinder in der Schule unterstützen oder neue Menschen kennen lernen möchten. Außerdem sollten Sie einige Dinge über Deutschland wissen, zum Beispiel über die Geschichte, die Kultur und die Rechtsordnung. All das lernen Sie im Integrationskurs. Wichtige Informationen zum Kurs finden Sie auf den folgenden Seiten.

selengkapnya bisa diklik disini.

untuk mencari penyelenggara kursus integrasi terdekat dengan tempat tinggal anda, bisa diunduh disini.

13 tanggapan untuk “Integrationskurs

    1. hallo tami,

      wie geht’s dir? 🙂

      gak harus tam tapi tergantung dari modul berapa tami mulai ikutan kursusnya. setiap modul itu 100 Unterrichtstunde.

      hal lain kalo kita lulus B1, 400/600 Unterrichtsstunde-nya abis gak ada sisanya lagi. gak peduli startingnya dari mana. contohnya saya ikutan dari modul tiga, saya pikir berarti masih punya hal 200 Unterrichtsstunde dong. dan lebih oon-nya lagi malah sempet mikir jatah 200 Unterichtstunde ini bisa saya gunakan utk mengikuti kursus B2. salah kebet, yang diwajibkan hanya sampai level B1 saja. selanjutnya freiwilig.

      salam
      /kayka

  1. Sedikit capek krn selasa jadwal kerja sampai malam =)
    Ah begitu, baiklah terima kasih infonya mbak Kayka. Makin semangat =) tambah lagi setiap pertemuan di Goethe mulai pekan ini ada test. Lalu sekarang bayarnya berapa ya mbak untuk lanjut B2nya?

    Oh ya btw ini sdh masuk pekan ke-7 sejak aplikasi visa. Suami baru diundang ke imigrasi untuk tanggal 2 Mei. Mungkin saya akan jadi pemegang rekor di antara pengunjung di sini, baru jadi setelah 9 pekan atau malah lebih ^_^ Oh well, saya juga applynya utk Juli sih..

    Terima kasih =)

    1. hehhee jadi inget jaman2nya sering lembur dan pulang malam…

      btw gimana tam asyik2 kan temen2 brondongnya? oder 🙂 ok untuk B2/1 biayanya 280 Euro tam.

      hal lain menurut info teman disekolah kursus B2 ini bisa gratis kalau kita terdaftar di Agentur für Arbeit dengan catatan tempat kerja atau Ausbildung yg nantinya mau kita ambil menuntut ijazah B2/C1.

      yasut udah terlanjur. rencananya sebelum daftar ngelanjutin ke B2/2 mau ke Arbeitsamt dan mendaftarkan diri sebagai pencari kerja disana. kalau ditanya mau jadi apa terus terang saya gak bisa jawab krn balik2 lagi ditanyanya Ausbildung. contohnya teman dekat saya di sekolah untuk bisa kerja di teka harus ngambil tiga tahun Erzieherinausbildung. ah dengernya aja udah helep. lewat dari B2 jujur aja memori otak saya udah kepenuhan kalau bisa langsung kerja aja. betenya lagi infonya kalau cuma kepengen belajar B2 dengan alasan memperbesar chance di pasaran kerja gak bakalan dibayarin.

      heheh panjang banget nulisnya. maksudnya cuma mau bilang sebelum tami mulai B2, daftar di Arbeitsamt dulu, begitu…

      hehehe gapapa tam, juli masih jauh 🙂

      salam
      /kayka

          1. Ok mbak, tapi masih lama, hehe. Saya pernah register di jobboerse krn ada postingan minijobs di daerah dekat flat suami. Trus dikirimin nomor pin via pos yang entah buat apa, suami saya ga nemu itu utk apa. Belum saya lihat2 lagi karena ada perubahan rencana.

              1. Kalau tadinya ga peduli kerja apa aja yang penting dekat, skr saya mau usahakan dulu bisa dapet kerja di Fraunhofer Darmstadt/ Frankfurt di salah satu tim risetnya. Ada bbrp yang cocok topiknya. Beberapa pertimbangan di antaranya lab saya kerja dulu di salah satu uni di Singapur ada kerjasama dgn Fraunhofer. Intinya uni-nya dikenal, jd saya berharap bisa bypass proses-proses penyetaraan ijazah dst yang bikin pusing. Biasanya di websitenya diposting lowongan untuk HiWi, mudah-mudahan jadwalnya bisa cocok dgn kelas bahasa & mau terima saya ^_^.

                Lalu juga biar nambah pengalaman riset untuk bekal PhD nanti. Setelah menimbang-nimbang, rasanya kalau ga bisa dapat pekerjaan yang bisa bermanfaat untuk PhD nanti, saya lebih baik belajar aja di rumah, gitu mbak 🙂 maaf jadi kepanjangan ^_^

                1. kewl, setuju banget tam kalau bisa kerja yg bisa nambah pengalaman riset kenapa enggak 🙂

                  kalau dapet asyik banget tuh tam. pengalaman saya kalau orangnya udah sreg biasanya gak dipersulit alias bisa dibuat win-win situation begitu.

                  thanks tami 🙂

                  salam
                  /kayka

  2. Halo mbak Kayka,
    saya mau ikutan integrationkurs juga nih, sekarang masih nunggu info kelas. setelah placement test, saya ditawari mau ikut modul 5 atau modul 6. seneng sih, tapi takut juga, soalnya di waktu di goethe jakarta, blajarnya baru sampe A2.1.
    banyak info yg saya dpt dr blog mbak kayka ini, thanx for sharing ya mbak… dan sehat terus tentunya 🙂

    Salam,
    sya

    1. hallo sya,

      trims sdh meninggalkan jejaknya disini 🙂

      senang ternyata ada tulisan2 disini yang bermanfaat untuk sya juga.

      oiya soal hasil penempatan, biar gak nyesel diskusikan alternatifnya dgn sekolah. paling enak itu ya belajar dikelas yang bisa kita ikutin, jadi gak stress.

      btw terima kasih doanya ya 🙂

      salam
      /kayka

Please feel free to share your thoughts.

